Toyota, BMW, Mazda, dan Subaru Setujui US$553 Juta Untuk Selesaikan Kasus Takata

by  in Berita&BMW&Ford
Toyota, BMW, Mazda, dan Subaru Setujui US$553 Juta Untuk Selesaikan Kasus Takata
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah beberapa tahun terakhir ini kita cukup sering mendengar berita tentang recall yang menimpa banyak mobil – mobil yang terkait dengan maslaah di bagian airbag. Dan jika sudah membaca program recall terkait airbag, maka kita biasanya menyimpulkan bahwa hal tersebut terkait dengan komponen produksi Takata.

Anda tak salah jika memiliki pemikiran tersebut, karena tak dapat dipungkiri,  jumlah kendaraan yang masuk program recall terkait aribag Takata jumlahnya sangat banyak, dan kampanyae recall tak hanya menimpa satu merk kendaraan saja. Dan kasus ini sepertinya akan mulai memasuki babak final di Amerika serikat setelah cukup lama membuat para pabrikan mobil juga mengadakan gelombang recall yang tak berkesudahan.

Toyota, BMW, Mazda, dan Subaru yang mana juga tercatut produknya akibat penggunaan komponen Takata telah menyetujui sebuah penyelesaian sebesar 553 Juta Dollar Amerika. Uang tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan klaim kerugian akibat airbag inflactor Takata yang berpotensi cacat. Dan dengan dana sebesar itu, akan dialokasikan untuk 16 juta unit kendaraan di Amerika Serikat saja.

Toyota memegang bagian terbesar dari keempat merk ini dengan biaya penyelesaian sebesar 278,5 Juta Dollar Amerika, sedangkan BMW diposisi kedua dengan 131 Juta Dollar Amerika. Mazda sendiri memiliki bagian sebesar  76 Juta Dollar Amerika dan Subaru dengan 68 Juta Dollar Amerika. Masih ada Honda, Ford, dan Nissan yang juga bernasib sama, namun belum mengajukan tuntutan hukum mereka.

Dalam pernyataan bersama keempat pabrikan ini, jika mengingat ukuran, cakupan, dan juga tingkat keparahan dari recall terkait Airbag Takata, maka keempat pabrikan ini menyetujui sebuah penyelesaian. Dimana penyelesaian ini akan mendanai semua kegiatan terkait recall, seperti program penjangkauan pengguna kendaraan, kompensasi kerugian terkait kendaraan, program untuk menyewa kendaraan pengganti, dan juga program dukungan pada pengguna untuk perbaikan, penyesuaian dan perpanjangan garansi.

Para pabrikan ini juga akan mengalokasikan 50 Juta Dollar Amerika dari dana yang kami sebut diatas untuk menyewa mobil untuk pengguna yang masuk ke dalam program recall. Pabrikan juga akan memberikan kompensasi pada semua kerugian terkait masalah airbag Takata. Takata sendiri pada januari lalu sudah mengungkapkan bahwa pihaknya bersalah dengan kelalaian mereka, dan setuju membayar 1 Miliar Dollar Amerika untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Rincian dana tersebut adalah 25 Juta Dollar Amerika untuk denda, 125 Juta Dollar Amerika untuk dana kompensasi korban, dan 850 Juta Dollar Amerika untuk mengimbangi biaya recall besar – besaran tersebut. Jumlah biaya yang tak sedikit tentunya untuk menyelesaikan masalah ini. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: