Honda : Kami Targetkan Durasi Charging Mobil Listrik 15 Menit

by  in Honda&International
Honda : Kami Targetkan Durasi Charging Mobil Listrik 15 Menit
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat hadir di Frankfurt Motor Show, Honda membawa konsep Urban EV dan berlanjut ke Tokyo Motor Show untuk merilis Honda Sports EV. Itu adalah dua mobil konsep yang memberi petunjuk bahwa Honda melihat masa depan mobil adalah mesin listrik, bahkan mereka sendiri sudah bilang kalau Honda Urban EV siap untuk diproduksi massal dan dijual di Eropa sekitar tahun 2019.

Berarti tinggal setahun lagi, mengingat sekarang juga sudah bulan November. Biar bisa menepati janjinya, Honda harus melakukan percepatan riset dan pengembangan mobil listrik mereka sendiri. Menurut koran Nikkei Asian Review, Honda akan merilis mobil listrik yang bisa berjalan sejauh 240 km hanya dengan mengisi dayanya selama 15 menit saja. Sebagai perbandingan, Mitsubishi i-MIEV butuh 30 menit untuk pengisian daya cepat hingga baterainya 80% penuh.

Untuk mencapai tujuan ini, Honda akan berhenti menggunakan baterai buatan Panasonic dan hendak mengembangkan baterai jenis baru berkapasitas tinggi, namun belum tahu siapa yang akan digandeng Honda demi mencapai tujuan ini. Mereka ingin baterai yang bisa diisi dayanya secara ultra cepat, dan baterai ini akan dilengkapi dengan sistem kontrol daya yang efisien dan bodi kendaraan yang lebih ringan untuk memastikan jarak tempuh yang jauh.

Seperti halnya mobil listrik lain yang punya fitur quick charging, semua upaya Honda bakal sia-sia jika tidak ada jaringan pengisian daya mobil listrik yang mendukung kecepatan pengisian tersebut. Untungnya, Eropa diperkirakan akan memiliki ribuan stasiun pengisian daya 350 kW pada tahun 2020 dan Jepang dapat mengikuti langkah yang sama. Saat ini, stasiun pengisian daya di Jepang berdaya 150 kW, namun nanti akan ditingkatkan jadi 350 kW.

Sementara itu, Honda sendiri sudah mempersiapkan jagoan mereka saat ini : Honda Clarity. Mobil ini punya 3 jenis tenaga yang ketiganya punya citra ramah lingkungan. Ada yang plug-in hybrid, ada yang fuel cell hidrogen dan ada yang full elektrik. Tinggal menunggu kapan Honda Urban EV dan Sports EV bisa muncul dan meyakinkan kita kalau mobil listrik benar-benar jawaban masa depan bagi industri otomotif. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: