Selain Supra, Kolaborasi Toyota-BMW Berpotensi Lahirkan Supercar Baru?

by  in Berita&BMW&International
Selain Supra, Kolaborasi Toyota-BMW Berpotensi Lahirkan Supercar Baru?
0  komentar
Toyota-FT1

AutonetMagz.com – Ingat kan kalau Toyota dan BMW sedang bekerja sama supaya bisa memproduksi mobil sport baru yang bakal dijual oleh keduanya? Bagi BMW, mobil sport baru itu mungkin hadir sebagai BMW Z4 baru, tapi dari Toyota, ia akan menjadi mobil yang sudah lama kita nanti-nantikan, yakni Toyota Supra baru. Dengan mesin 6 silinder turbo, hybrid dan AWD, Supra akan melawan musuh bebuyutannya, Honda NSX dan Nissan GT-R.

Tapi rupanya kerjasama ini berlangsung cukup baik. Laporan dari Motoring mengatakan bahwa BMW sangat senang mengenai permitraannya dengan Toyota, sehingga proyek mereka bisa merambah ke segmen yang lebih serius lagi. Yang mereka maksud adalah sebuah supercar dengan bentuk lebih liar, mesin lebih sangar dan karakter lebih galak. Wow!

toyota-ts040

Menurut sumber, supercar ini akan mengusung format mid-engine alias bermesin tengah, dan dipasangkan dengan penggerak AWD. Mesinnya akan disodorkan dalam 2 pilihan, yang pertama mungkin mesin 6 silinder twin turbo buatan BMW M Division yang akan dipasangkan dengan sistem hybrid buatan Toyota.

Mesin keduanya masih misterius, tapi Toyota dilaporkan sedang menguji lagi mesin 3.700 cc V8 520 hp milik mobil balap Toyota TS040 Le Mans. Saat dipasangkan dengan sistem hybrid, mesin ini bisa memproduksi tenaga hingga 800 hp, bahkan 1.000 hp. Pengetesan ini bertujuan untuk menyesuaikan spek mesin saat dipakai untuk mobil road legal, khususnya soal konsumsi BBM, emisi dan biaya produksi.

lexus-lfa

Supercar tersebut gosipnya akan dijual Toyota menggunakan logo Lexus, jadi tak salah kalau banyak yang menganggap ini suksesornya Lexus LFA. Kalau jadi diproduksi – dan kemungkinannya cukup besar – supercar baru ini dijadwalkan akan tampil perdana di Tokyo Olympics tahun 2020 mendatang. Wah, calon-calon supercar hebat nih. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    coba bayangin kerjasama toyota dan BMW juga bikin penerus duo kembar alias avanza xenia,terus pake teknologi yg ada dikedua pabrikan tersebut,pasti akan ada mpv BMW yg pake platform avanza,wkwkwkwkwkwkwk…..

    • zul ari

      mungkin beberapa puluh tahun lagi akan terwujud gan ?

  • Airlangga Vitradi

    coba toyota altis pake mesin bmw yang 320 d diesel mantap tuh pasti. secara altis yg sudah mengusung dual vvti masih boros malah irit yang generasi yg tahun 2004 masinh single vvti

    • Hillarius Satrio

      moso? pantesan banyak orang bilang “enakan altis lama”

      • AE86

        Biasalah bro, klau keluar yg baru = cakepan yang lama, iritan yg lama n` bla-bla,,,, kalau suatu model gak ganti dlm jangka waktu tertentu dibilang model zaman batu…hehehe..

      • Airlangga Vitradi

        altis ga ada matinya mas bro apalagi yg keluaran 2004 1800 cc ga seperti mobil 1800 cc kaya 1500 cc iritnya ampun

      • Airlangga Vitradi

        iya bro hilsat, altis gen 9 kalo ga salah yg keluaran 2004 yg sudah VVTI pernah make yg manual iritnya ga ketulungan apanja kalah iritnya padahl kan 1800 cc, nah ane juga pernah nyobain yg ke gen 11 kl ga salah type V 2000 cc, pernah juga make yg type G 1800 cc entah knp irit yg 2000 cc, yg 2000 cc dpet 1:12 tp yg 1800 dapetnya 1:9??? but so far yg 2004 modelnya ganteng kl yg 2012an modelnya anggun ekslusif lbh kliatan bos2 kalo kata om mobi. ga tau knp yg altis sekarang ga ada perpaduannya keduanya. yg ada seperti mobil tanggung. ini sih opini pribadi aja.