Kepolisian Amerika Serikat Tunjukkan Pentingnya Pemakaian Sabuk Pengaman Kepada Mahasiswa

Kepolisian Amerika Serikat Tunjukkan Pentingnya Pemakaian Sabuk Pengaman Kepada Mahasiswa
0  komentar
simulasi-sabuk-pengaman

AutonetMagz.com – Akui saja, pasti kadang kita malas kan berkendara dengan sabuk pengaman, terutama kalau disuruh duduk di belakang? Alasannya ribet lah, membatasi gerak lah, risih lah, ini lah, itu lah, dan sejuta alasan lainnya lagi. Tidak usah dijawab secara gamblang, cukup jawab dalam hati masing-masing saja. Tak hanya di sini, di Amerika Serikat kadang orang juga suka lalai, dan itu menarik perhatian kepolisian di Connecticut.

Mereka bekerja sama dengan Departemen Keselamatan Publik dari Universitas Hartford, mereka merancang alat simulasi benturan bernama The Convincer. Mahasiswa disuruh duduk di situ, memakai sabuk pengaman dan dijalankan untuk merasakan benturan di kecepatan 8 km/jam. Iya, cukup 8 km/jam saja, tidak usah kencang-kencang.

simulasi-kecelakaan-mobil-terguling

Dilihat di video, mungkin mereka masih bisa aman berkat sabuk pengaman. Kalau tidak ada sabuk pengaman, mungkin mereka sudah terlempar dari kursinya. Alat lainnya lagi adalah simulasi yang menunjukkan bagaimana mobil saat kecelakaan hingga terguling-guling. Terlihat kalau dummy yang ada di dalam mobil terbentur ke sana sini dan keluar mobil. Bayangkan kalau itu anda. Mau? Kami sih tidak.

Sayangnya, seraya video ini beredar, ada komentar-komentar yang menyanggah. Ada yang bilang “Ah, cuma 8 km/jam, nanti kan dilindungi sama bumper dan rangka dulu.” Baiklah, soal apa dan bagaimana nanti kondisi dan maksud berkendara anda, yang penting selalu utamakan keselamatan dengan memakai sabuk pengaman. Better safe than sorry, right?

Terlebih lagi, mobil-mobil modern jaman sekarang biasanya sudah punya airbag. Jika anda tak pakai sabuk pengaman saat kecelakaan, airbag malah bisa membuat luka anda tambah parah. Penasaran? Simak video simulasi ini dan sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Fajar Sidik

    di kita mah alasan pake sabuk krn takut ditilang, bukan takut modar hehe