Ford Focus RS 2016 Memiliki 345 HP, Penggerak AWD dan Mode Drift, Ken Block Wannabe!

by  in Berita&Ford&International
Ford Focus RS 2016 Memiliki 345 HP, Penggerak AWD dan Mode Drift, Ken Block Wannabe!
0  komentar
ford-focus-rs

AutonetMagz.com – Setelah Ford Focus ST menjadi pemegang kasta tertinggi dari jajaran Ford Focus, sekarang ia harus jadi yang kedua. Kini Ford Focus RS hadir untuk menjadi Focus yang terbaik, tertinggi dan termahal yang ada sekarang ini. Jika anda kenal dan kagum dengan Ken Block, maka ada kemungkinan anda juga akan kagum dengan Ford Focus RS baru, karena ia merupakan konsultan Ford saat membangun Ford Focus RS ini. Wow!

Eskteriornya dibenahi dengan pemakaian body kit yang lebih garang daripada versi ST, termasuk pemakaian roof spoiler besar, knalpot ganda di belakang serta pelek gunmetal berdiameter besar. Untuk menjelaskan lagi kalau ini bukan Focus biasa, ada emblem RS di depan-belakang mobil serta di spoiler atapnya.

ford-focus-rs-belakang

Mobil ini sekelas dengan Renault Megane RS dan Audi RS3, tapi jangan disamakan dengan Honda Jazz RS hanya karena sama-sama bernama RS ya. Kalau RS-nya Ford artinya Rallye Sport, RS-nya Renaut itu artinya Renault Sport, kalau RS-nya Audi maksudnya Renn Sport. Kalau Honda Jazz? Emm… Rada Sporty? Ah sudahlah, positive thinking saja, Honda Jade RS juga sporty beneran kok.

Interiornya sporty dan dinamis, sudah layak dan sepantasnya bagi hot hatch sekelas Ford Focus. Karena mobil-mobil seperti ini memang driver oriented, pengendaralah yang paling dimanjakan. Kita dapat setir sport, jok bucket, pedal set yang sporty serta panel instrumen yang spidometernya mencapai 300 km/jam. Ingat, itu hanya angka terbesarnya saja ya, belum tentu Ford Focus RS bisa lari sampai angka tersebut.

interior-ford-focus-rs

Tapi sebenarnya yang paling menarik dari Focus RS baru adalah mesin dan pilihan mode berkendaranya. Mesin 2.300 cc 4 silinder turbo EcoBoost milik Mustang dijejalkan ke ruang mesin Ford Focus. Dengan turbo twin scroll baru, dalam kondisi standar ia mampu menghasilkan 345 hp, itu menurut Ford.

Sementara torsinya bisa mencapai 439 Nm, tapi jika tak cukup, aktifkan saja mode overboost. Saat diaktifkan, torsinya naik jadi 470 Nm tapi hanya bertahan 15 detik. Seperti anti-lag di mobil reli saja ya? Dengan menggunakan transmisi manual 6 percepatan, 0-100 km/jam dapat dituntaskan oleh Focus RS dalam waktu 4,5 detik saja.

sistem-AWD-ford-focus-rs

Nah, ini yang unik lagi. Rata-rata mode berkendara mobil hanya normal, sport, track dan eco yang fungsinya masing-masing mungkin anda sudah tahu. Kalau di Focus RS, ada normal, sport, track dan drift mode. Jarang-jarang kan ada mode seperti ini? Sepertinya inilah hasil keisengan Ken Block selaku peserta Gymkhana dan World Rallycross saat merancang Focus RS.

Saat drift mode diaktifkan, sistem AWD Focus RS akan mengkalibrasikan distribusi torsi agar pengendaranya bisa merasakan sensasi oversteer yang menyenangkan bersama mobilnya namun tetap terkontrol. Bisa dibilang, kalau ingin coba-coba aksi Ken Block seperti di Youtube, cari lapangan yang luas, aktifkan drift mode dan beraksilah. Jadi deh Ken Block wannabe, urusan nanti anda mau disebut Konblok atau Ken Belok itu belakangan saja ya.

wallpaper-ford-focus-rs

Di pasaran, ia akan bersaing dengan rival-rivalnya yang sudah muncul duluan seperti BMW M135i, Mercedes Benz A45 AMG, VW Golf R400 dan lain-lain. Untuk anda yang mau beraksi seperti Ken Block, boleh juga nih Ford Focus RS yang satu ini. Eh, tapi kira-kira Ford Indonesia mau memasukkannya tidak ya? Fiesta ST saja tidak masuk. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: