Segera Discontinue, Lotus Rela Jual Platform Elise

by  in Berita&International&Lotus
Segera Discontinue, Lotus Rela Jual Platform Elise
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun ini menjadi tahun yang kurang menyenangkan bagi kalian yang mencintai sosok Lotus Elise. Eksistensi Lotus Elise yang sudah dibangun sejak pertengahan tahun 90 harus berakhir di tahun ini. Walaupun produk ini akan segera discontinue, namun bukan berarti tidak ada komponen produk ini yang bisa dimanfaatkan untuk produk lain. Salah satunya adalah platform Lotus Elise. Dan beredar informasi bahwa pihak Lotus rela untuk menjual platform Lotus Elise untuk perusahaan lain yang memang tertarik. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Lotus Siap Jual Platform Elise

Sedikit flashback, di bulan Februari 2021 kemarin, pihak Lotus sudah memperkenalkan versi final dari Lotus Elise dengan nama Lotus Elise Final Edition. Model ini muncul bersamaan dengan Lotus Exige Final Edition. Kedua mobil ini bisa dikatakan sebagai ‘korban’ pasca kepemilikan Lotus diambil alih oleh Geely. Tentunya, dengan nama Final Edition, maka masa bakti dari kedua model itu akan berakhir di tahun 2021 ini. Kedua mobil tersebut akan memiliki suksesor yang bernama Lotus Emira. Lotus Emira sendiri akan melakukan debut perdananya pada 6 Juli 2021 mendatang. Oke, kembali ke masalah platform milik Lotus Elise. Bisa dikatakan bahwa platform yang digunakan oleh Lotus Elise adalah salah satu komponen terpenting yang membuat nama Elise bisa berjaya. Nah, Lotus sendiri bersedia untuk menjual platform ini kepada pabrikan atau perusahaan lain yang berminat.

Mengutip informasi via AutoNews, Matt Windle, Managing Director Lotus menyatakan, “Jika ada proyek yang tepat dan juga mitra yang tepat, mengapa tidak (menjual platform Elise). Elise adalah mobil yang luar biasa”. Sebenarnya, kalau melihat sejarah, Lotus juga pernah melakukan kebijakan serupa. Masih ingat dengan Lotus Seven? Mobil yang dijual sejak pertengahan 50-an hingga tahun 70-an ini juga dijual platform-nya oleh Lotus kepada Caterham. Itulah alasan mengapa Lotus Seven dan Caterham 7 memiliki bentuk yang mirip. Malahan, Caterham masih terus memproduksi Caterham 7 hingga detik ini. Walaupun isu ini sudah berkembang, namun Windle masih belum menjabarkan apakah ada perusahaan yang berminat untuk membeli platform milik Lotus Elise. Namun ada 2 perusahaan yang berpeluang. Pertama, tentu Caterham yang memiliki pengalaman serupa. Sedangkan kedua adalah Radford yang menyatakan akan membuat mobil dengan basis Lotus.

Perjalanan 25 Tahun Lotus Elise

Lotus Elise sendiri harus mengakhiri masa baktinya sebagai salah satu produk paling lama yang dijual Lotus di muka bumi ini. Lotus Elise sendiri pertama kali muncul di tahun 1994, lalu dirilis perdana ke publik di tahun 1996. Lotus Elisi hadir sebagai sebuah mobil roadster 2 penumpang dengan mesin di tengah dan sistem gerak RWD. Lotus Elise sendiri sangat dikenal berkat bobot mobil yang ringan dan juga keasyikan berkendaranya. FYI, pemilihan nama Lotus Elise sendiri berdasarkan pada nama cucu petinggi Lotus kala itu, Romano Artioli. Artioli memiliki cucu bernama Elisa Artioli, dan nama Elisa pun disulap untuk menjadi nama mobil mungil Lotus ini. Selain Lotus Elise, tahun 2021 ini juga menjadi tahun terakhir dari Lotus Exige dan Lotus Evora. Ketiganya telah menuntaskan masa baktinya, dan akan digantikan oleh model baru lain.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: