Sedan Misterius Terjepret di Thailand, All New Toyota Vios Pakai DNGA?

Sedan Misterius Terjepret di Thailand, All New Toyota Vios Pakai DNGA?
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu terakhir beredar sejumlah foto yang memperlihatkan sesosok sedan dengan kamuflase lengkap sedang diuji jalan di jalanan Thailand. Praktis foto – foto ini langsung menimbulkan spekulasi terkait produk apa yang sedang diuji jalan di Negeri Gajah Putih tersebut. Dan spekulasi paling kuat merujuk pada generasi terbaru dari Toyota Vios, yang kabarnya akan dibangun menggunakan basis Daihatsu New Global Architecture alias DNGA. Benarkah itu? Yuk kita bahas.

D92A : All New Toyota Vios?

Mengutip gambar via Headlightmag, sumber berspekulasi bahwa sedan yang diuji jalan ini adalah Toyota Yaris Ativ (sedan) generasi terbaru. FYI, Toyota Yaris Ativ dan Toyota Vios adalah 2 entitas yang berbeda di Thailand, namun bisa kita anggap sama di Indonesia. Kok bisa? Karena di Thailand, Toyota masih menjual Toyota Vios dengan bentuk yang mirip seperti Toyota Vios prefacelift di Indonesia, sedangkan Toyota Yaris Ativ yang serupa dengan Toyota Vios di Indonesia dipasarkan di segmen yang berbeda. Oke, kembali ke masalah spyshot, ada sedikit informasi yang bisa kami dapatkan dari gambar yang beredar. Pertama, kalau kita perhatikan, sedan berkamuflase ini menggunakan lampu utama yang cukup sipit, ada LED DRL mengotak, dan bumper yang agak mengotak dengan sudut yang tegas.

Selain itu, grille yang digunakan oleh sedan ini nampak cukup besar dengan bentuk trapezoidal. Hmmm, khas Toyota banget kan? Nampaknya bagian inilah yang membuat spekulasi mengenai All New Toyota Vios beredar. Di gambar berikutnya, nampak bahwa mobil ini menggunakan velg palang 6 dual spoke, lalu shark fin antenna, dan aksen ala duck tail di pintu bagasinya. Bumper belakangnya nampak flat saja, tak banyak lekukan yang neko – neko. Nah, ada 2 hal yang kami soroti yang merujuk pada sebuah mobil konsep yang pernah muncul di Indonesia, yaitu Daihatsu DN-F Sedan. Kedua hal tersebut adalah tarikan garis di sisi samping body yang melewati handle pintu, dan bentuk window line sisi sampingnya. Tarikan garis tersebut mirip dengan Daihatsu DN-F Sedan, sedangkan bentuk kaca sampingnya juga. Apalagi kalai kalian soroti kaca kecil setelah pintu belakang dan pilar C-nya.

Pakai DNGA, Rilis Antara Juli – September

Kalau kalian ingat, baik Toyota Vios maupun Toyota Yaris Ativ (Toyota Vios Indonesia) tidak memiliki desain serupa. Malahan, Daihatsu DN-F Sedan-lah yang memilikinya. Artinya apa? Berhubung Daihatsu DN-F Sedan dibangun dengan basis DNGA, maka rumor mengenai Toyota Vios berbasis DNGA pun makin mendekati realita. Yap, Toyota Vios atau Toyota Yaris Ativ berpeluang besar menggunakan DNGA seperti halnya Toyota Raize dan Toyota Veloz. Pertanyaannya, pakai DNGA A atau B? Bisa jadi DNGA B karena wheelbase dari Toyota Vios yang ada sekarang berada di angka 2,55 meter (Toyota Raize 2,52 meter, Toyota Veloz 2.75 meter). Nah, mobil ini kemungkinan adalah proyek D92A yang merujuk pada All New Toyota Yaris Ativ untuk pasar Asia Tenggara. Kabarnya, mobil ini akan dirilis di kuartal ketiga tahun ini, jadi antara Juli hingga September.

Bagaimana dengan Toyota Yaris versi hatchback? Tak ada tanda – tanda ke sana sejauh ini. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: