Sebarapa Mahal Biaya Kepemilikan Lamborghini Huracan? Ini Detailnya!

Sebarapa Mahal Biaya Kepemilikan Lamborghini Huracan? Ini Detailnya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Biarpun titel Lamborghini Huracan adalah supercar termurah Lamborghini saat ini, tetap saja statusnya supercar. Penerus Lamborghini Gallardo ini mungkin punya biaya perawatan yang tidak kalah mahal dibanding Gallardo, seperti yang pernah kami jabarkan dalam biaya pemeliharaan Lamborghini Gallardo. Tapi seberapa mahal sih biaya kepemilikan Huracan? Vehicle Virgins bersedia menceritakannya kepada kita.

lamborghini huracan lp580-2 rear

Pertama, soal maintenance dulu. Pemilik Lamborghini Huracan berwarna Verde Mantis tersebut bilang ia sudah menghabiskan $320 (4,16 juta Rupiah), dan perawatan itu karena selang rem belakang Huracan tersebut sempat terlepas dan membuat minyak remnya bocor. Kok bisa copot? Yah, terlepas soal reputasi “mobil buatan Italia”, ia sendiri tak tahu persis kenapa selang remnya bisa copot. Oh ya, Huracan itu baru berjalan sejauh 8.000 km.

lamborghini-huracan-spyder-interior

Jadi, dia membenarkan selang rem Huracan itu di dealer Audi terdekat dan mengahbiskan 4,16 juta Rupiah itu. Ya, kalau di luar sana mungkin bisa membetulkan Lamborghini Huracan di dealer Audi, selain karena Lamborghini sekarang dimiliki Audi, mungkin ada sejumlah komponen Audi R8 dan Lamborghini Huracan yang sama persis. Itu kalau di luar negeri ya, kalau di sini sih, belum tentu bengkel Audi mau terima servis Lamborghini.

lamborghini-huracan-spyder-side

Soal konsumsi BBM, ia menyampaikan bahwa konsumsi BBM Huracan bila sering digeber adalah 12,5 mil per galon atau sekitar 5,3 km/liter. Untuk biaya isi bensin full tank, dia tak menyebut angka pasti, tapi mari kita kira-kira saja. Tangki Huracan berkapasitas 90 liter, dan jika misal kita isi Pertamx Turbo yang harganya 8.700 Rupiah, maka butuh 783.000 Rupiah untuk memenuhi tangkinya. Disampaikan pula mengenai garansi 3 tahun tanpa batas kilometer bagi pembeli Huracan, jadi kalau ada apa-apa dengan mobilnya, masih dicover garansi selama mobilnya masih standar.

lamborghini-huracan-putih

Lamborghini juga menjamin garansi yang berkaitan dengan karat selama 12 tahun pada Huracan, jadi kalau sebelum 12 tahun mobil sudah berkarat duluan, telepon saja ke Lamborghini, biar mereka yang urus. Mengenai biaya servis tahunan semisal ganti oli, biayanya berkisar $1000 (13 juta Rupiah), tergantung dealer mana yang didatangi, karena rentang biaya perawatan tahunannya adalah $800 hingga $1.500 (10,4 juta hingga 19,5 juta Rupiah).

Dashboard Lamborghini Huracan 2014

Kalau garansinya sudah habis, penggantian oli yang dilakukan sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan biaya hanya kisaran 4 juta Rupiah. Penggantian oli yang dilakukan sendiri saat garansi masih berlaku tidak dianjurkan karena bisa menggugurkan garansi. Soal ban, ban standar Huracan adalah Pirelli PZero yang harganya 16 jutaan, namun ada yang menggantinya dengan Michelin Pilot Sport yang berharga 19 jutaan namun lebih tahan lama.

Lamborghini Huracan di Geneva Motor Show 2014

Selama 3 tahun kepemilikan Huracan, ia mengklaim sudah menghabiskan biaya hingga $4.300 (56 juta Rupiah) untuk merawat banteng V10 ini, jadi jika dihitung biaya kepemilikan per tahun, sekitar 18-19 juta per tahun. Itu baru soal teknis, belum soal asuransi dan lain-lain. Masih penasaran? Simak video di bawah ini dan sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: