Sah, Hyundai Indonesia Resmi Jual Mobil Listrik Terjangkau di Tanah Air!

by  in Berita&Hyundai&Mobil Baru
Sah, Hyundai Indonesia Resmi Jual Mobil Listrik Terjangkau di Tanah Air!
0  komentar

AutonetMagz.com – Perlahan tapi pasti, mobil listrik nampaknya akan jadi new normal di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Meskipun fasilitas pendukung mobil listrik di Indonesia masih berada di tahap awal, itu tak menghentikan minat konsumen dan produsen akan mobil listrik. Hyundai Motor Indonesia memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan dua mobil listrik mereka, yakni Hyundai Kona EV dan Hyundai Ioniq EV.

Keduanya resmi menjadi mobil listrik murni termurah di Indonesia, dan rentang harganya masih dalam bilangan ratusan juga. Persisnya, Hyundai Indonesia mematok Hyundai Ioniq EV seharga 624,8 juta (tipe Signature) dan 664,8 juta (tipe Prime), sementara harga Hyundai Kona EV dijual adalah 674,8 juta Rupiah. Terbilang murah untuk mobil listrik baru, karena mobil listrik murni lain seperti Tesla atau BMW harganya sudah di ranah miliaran rupiah.

Memulai dengan Hyundai Ioniq, mobil ini sebenarnya telah bertugas sebagai armada andalan Grab Indonesia, namun kini konsumen biasa bisa memilikinya dengan spek yang lebih tinggi. Hal terpenting dari mobil listrik adalah baterai, tenaga, torsi dan jarak tempuh. Hyundai Ioniq memiliki baterai 38,3 kWh untuk memberi aliran listrik ke motor listrik di roda depannya yang bisa menghasilkan 136 PS dan 295 Nm, sementara jarak tempuh maksimal diklaim 373 km.

Akselerasi 0-100 km/jam Hyundai Ioniq EV kira-kira 9,9 detik, dan pengisian daya secara cepat alias fast charging mampu mengisi baterai Hyundai Ioniq dari 0 ke 80 persen dalam waktu 54 menit jika menggunakan charging station 100 kW. Kebetulan, kami pernah mengisi daya Hyundai Ioniq di rumah berdaya 2.000 VA lebih, dan menggunakan kabel berarus 10A, kami mengisi daya dari 36 persen ke 69 persen dalam waktu 11 jam 20 menit. Perlu diingat, lama pengisian daya bisa berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi.

Berlanjut ke Hyundai Kona EV, ia memiliki spek baterai yang sedikit lebih besar dari Hyundai Ioniq, yakni 39,2 kWh. Tenaganya juga 136 PS, tapi torsinya lebih besar di angka 395 Nm. Jarak tempuhnya diklaim 345 km menurut standar NEDC atau 289 km menurut standar WLTP. Jika memakai fasilitas fast charging, Hyundai Kona EV hanya perlu 54 menit untuk mengisi daya baterai dari 0 ke 80 persen. Baik Hyundai Kona dan Hyundai Ioniq mendapatkan free maintenance selama 5 tahun atau 75.000 km dan garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: