Mari Simak Honda Clarity Fuel Cell, Rival Toyota Mirai Yang Bisa Menjadi Gardu Listrik Berjalan!

Mari Simak Honda Clarity Fuel Cell, Rival Toyota Mirai Yang Bisa Menjadi Gardu Listrik Berjalan!
0  komentar
honda clarity fuel cell black

AutonetMagz.com – Kata-kata gardu listrik berjalan pada judul di atas bukan main-main, melainkan sungguhan. Honda Clarity Fuel Cell yang baru diluncurkan di Tokyo Motor Show yang sedang berlangsung ini memang memiliki kelebihan tersebut. Pada dasarnya, mobil ini adalah penerus mobil hidrogen lama milik Honda, yakni FCX Clarity dan kini menargetkan Toyota Mirai sebagai rival utamanya. Pas, karena keduanya sama-sama berbahan bakar hidrogen.

honda power exporter 9000

Sayangnya, fungsi unik Honda Clarity Fuel Cell sebagai gardu listrik berjalan hanya bisa dilakukan jika dibantu dengan Power Exporter 9000. Hubungkan keduanya, maka Honda FCX sudah bisa dipakai untuk memberi asupan tenaga listrik bagi sejumlah peralatan elektronik untuk beberapa waktu saja. Mungkin inilah genset paling rumit sekaligus ramah lingkungan yang pernah kami kenal.

honda clarity fuel cell hydrogen fuel cell

Saat tidak ingin dipakai sebagai genset, spesifikasinya sebagai mobil hidrogen sangat menggiurkan dibandingkan dengan Toyota Mirai. Pertama, jika Toyota Mirai hanya mampu menempuh 502 kilometer dari saat tangki penuh hingga harus diisi lagi, Honda Clarity Fuel Cell bisa lebih dari 700 kilometer. Pengisian tangki berkapasitas 70MPa-nya dari nyaris kosong hingga penuh pun tidak memakan waktu yang kelewat lama, cukup 3 menit.

honda clarity fuel cell kabin

Honda Clarity Fuel Cell punya dua sumber tenaga, yakni dari sistem hydrogen fuel cell yang bisa menghasilkan 134 hp dan motor listrik bertenaga 174 hp yang mendapat tenaga dari baterai Lithium-ion. Karena desain powertrain-nya ringkas, Honda mengklaim kabin Clarity Fuel Cell bisa memuat 5 orang dewasa dengan ruang terlega di kelasnya.

honda clarity fuel cell white

Secara bentuk, mungkin ia punya tipikal yang sama dengan Toyota Mirai. Sedikit kurang proporsioanl, mungkin bukan mobil yang bisa dinikmati dengan cara duduk dan menatapnya tanpa berkedip sampai mata kering. Akan tetapi, kami lihat Clarity Fuel Cell ini masih lebih mendingan daripada Mirai. Oh ya, desain lampu LED garis yang menjulur ke bawah mengingatkan kami akan Renault Megane baru.

honda clarity fuel cell

Honda Clarity Fuel Cell ini baru akan dijual pada Maret 2016 di Jepang. Untuk setahun pertama, Honda akan menjual mobil ini secara terbatas untuk kalangan pemerintahan dan konsumen yang bakal menggunakannya untuk bisnis. Kebetulan mirip dengan Toyota tidak sih? Mengingat pemerintah Jepang kemarin juga baru memakai Toyota Mirai sebagai mobil dinasnya.

honda clarity fuel cell interior

Penjualan bagi penggunaan pribadi bakal dilakukan setelah feedback dari konsumen awal sudah muncul, tentunya untuk menyempurnakan mobil ini sebelum dipakai lebih luas lagi. Selain Jepang, mobil ini juga bakal merambah Eropa dan Amerika Serikat. Harga jual Honda Clarity Fuel Cell di Jepang ada di kisaran 7,66 juta Yen, alias sekitar 867,78 juta Rupiah. Mahal juga ya?

Yang pasti sih mobil ini tidak bakal sampai di Indonesia dalam waktu dekat, karena mengutip dari perkataan seseorang,”Mobil listrik tidak lulus uji emisi, merugikan negara!”. Nah, mobil listrik saja dinilai seperti itu, apalagi mobil hydrogen fuel cell ini. Bagaimana menurutmu gardu listrik berjalan alias Honda Clarity Fuel Cell ini? Seklias, lebih pilih ini atau Toyota Mirai? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: