GIIAS 2022 : Mengenal KIA EV6, Saudara Satu Sasis IONIQ 5

GIIAS 2022 : Mengenal KIA EV6, Saudara Satu Sasis IONIQ 5
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam ajang GIIAS 2022 yang dilaksanakan di ICE BSD, Tangerang mulai 11 – 21 Agustus, PT Kreta Indo Artha (KIA) turut membawa 3 lini model elektrifikasi-nya termasuk KIA EV6 GT-Line terbaru. Mengusung platform yang sama dengan Hyundai IONIQ 5 yaitu E-GMP (Electric Global Modular Platform), EV6 hadir dengan membawa nuansa tema desain yang berbeda khas KIA. Buat alternatif lain selain IONIQ 5 nih!

Desain Eksterior Dan Interior Ala KIA

Desain KIA EV6 menggunakan filosofi desain ‘Opposites United‘ yang terlihat dari ‘Digital Tiger Nose’, lampu DRL modern dengan pola cahaya sekuensial, dan air intake rendah yang secara visual membuat desain EV6 lebih terkesan dinamis dan sporti dibandingkan IONIQ 5 yang bertema retro-futuristik. Profil bodi sampingnya pun turut mendukung hal tersebut lewat siluet desain dari sebuah crossover yang terlihat memanjang. Berkat hal tersebut, nilai drag coefficient (Cd) KIA EV6 bisa menjadi lebih optimal. Keunikan desain dari EV6 GT-Line juga berlanjut pada bagian lampu belakang yang minimalis namun seakan mengelilingi pintu bagasi.

Masuk ke dalam kabin, kita disuguhkan dengan holstery hitam dan putih serta ruang kabin yang lega berkat platform E-GMP yang memiliki wheelbase hingga 2.900 mm. Layaknya IONIQ 5, EV6 GT-Line juga menyuguhkan dua layar sebesar 12,3-inci di bagian dasbor yang masing-masing bertugas sebagai panel instrumen dan juga entertaintment display. Sudah bisa terkoneksi dengan Android Auto dan Apple Carplay, EV6 dilengkapi speaker Meridian sebanyak 14 buah. Kompartemen penyimpanan pada KIA EV6 ini juga lega loh, ruang bagasi bisa memuat 520 – 1.300 L ditambah frunk atau bagasi depan sebesar 20 L untuk model AWD.

Performa Gahar, Andal Jadi Powerbank Rumah

Tentunya karena ini adalah sebuah battery electric vehicle (BEV), EV6 GT-Line menggunakan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang terpasang di roda depan dan belakang (AWD). Motor listrik tersebut mendapat sumber energi dari baterai berkapasitas 77,4 kWh, yang menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS (320 hp) dan torsi hingga 605 Nm. Diklaim mampu menempuh jarak total 506 km (WLTP) catatan 0 – 100 km/jam ditempuh hanya dalam 5.2 detik saja. Lalu untuk tambahan info, layaknya IONIQ 5 KIA EV6 ini juga memiliki fitur Vehicle-2-Load (V2L) hingga 3,6 kW (240 V).

Tentu soal fitur advanced driver assistance system (ADAS), KIA EV6 GT-Line tidak mau kalah dong dengan saudaranya. Sebut saja Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Manual Speed Limit Assist (MSLA), hingga Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) semua ada di EV6. Terlebih, fitur FCA bisa mendeteksi mobil, pesepeda, pejalan kaki, hingga persimpangan.

Sayang karena KIA EV6 GT-Line masih belum berstatus CKD alias belum dirakit di Indonesia, harga yang dibanderol masih berada di kisaran Rp 1,2 M dengan spesifikasi yang telah disebutkan sebelumnya. Namun hal tersebut tidak menghalangi animo masyarakat, terbukti hingga Senin (15/08) lalu, Ario Soerjo selaku Marketing & Development Division Head PT KIA mengungkap bahwa EV6 dan KIA Niro EV sudah dipesan lebih dari 60 unit hingga inden sampai kuartal pertama 2023. Lalu menariknya, KIA EV6 ini bisa melakukan servis di dealer naungan Indomobil lain loh.

Jadi pilih KIA EV6 GT-Line atau Hyundai IONIQ 5 Signature Long Range nih? Berikan komentarmu mengenai BEV dengan sasis E-GMP dari KIA yang baru rilis ini di bawah.

Read Prev:
Read Next: