Review Subaru XV 2014 and Test Drive by AutonetMagz

Review Subaru XV 2014 and Test Drive by AutonetMagz
0  komentar
2014-Subaru-XV-Driving-Impression-test-drive-630x337

AutonetMagz – belakangan ini, banyak pabrikan mobil yang mencoba menggabungkan dua jenis kendaraan untuk menghasilkan tampilan gagah, kabin lega, praktis, ground clearance tinggi dan kedinamisan berkendara dalam satu paket. Model hasil kawin silang ini biasa disebut crossover. Beberapa hari lalu, rekan kami dari PT. TC Subaru mengizinkan kami untuk mencicipi model crossover terbaru mereka, Subaru XV. Subaru XV merupakan hasil kawin silang dari sedan Subaru Impreza dan SUV Subaru Forester. Apa sajakah yang ditawarkan Subaru XV pada crossover ini? Ini dia review Subaru XV persembahan AutonetMagz .

Exterior

2014-Subaru-XV-Front-Fascia-design-630x482

Meskipun dikembangkan dari Impreza, hanya sedikit identitas Impreza yang tertinggal saat kita berhadapan dengan tampilan depan XV, seperti headlamp dan gril hexagonalnya. Sisanya telah dirancang ulang oleh engineer Subaru demi menghadirkan tampilan yang sporty dan tangguh layaknya crossover sejati. Bumper depan dilengkapi material berwarna hitam yang menyerupai karet untuk memberi proteksi sekaligus memperkuat kesan gagahnya.

Subaru-XV-2014-Side-view-630x420

Berlanjut ke bodi samping, kita akan segera menyadari bahwa XV adalah Impreza hatchback yang ditinggikan untuk menambah daya jelajahnya. Pada wheel arches dan side skirt, kita juga menemukan moulding hitam yang bahannya sama dengan yang kita temukan di bumper depan. Fungsinya, tak lain untuk melindungi bodi mobil dari goresan kerikil dari jalanan.

2014-Subaru-XV-Rear-design-630x420

Di bagian belakang, kita mendapatkan under body protector yang dicat sewarna bodi, dan di kiri dan kanannya masih ada material plastik hitam yang berasal dari samping mobil. Lampu belakangnya cenderung simpel dan mengotak, dan identitas crossover semakin kuat dengan hadirnya roof rail.

Subaru-XV-Tyres-OEM-rims-630x420

XV memakai pelek berukuran 17 inci dengan sentuhan two tone yang sangat cantik, dengan ban Continental MC5 berukuran 225/55 untuk mendampinginya. Dengan ground clearance 220 mm, XV lebih tinggi daripada crossover Jepang lainnya yang tidak mencapai 200 mm, bahkan lebih tinggi daripada Land Rover Freelander yang hanya 210 mm.

2014-Subaru-XV-Rear-Bumpers-reflector-light-630x420

Di sudut bumper belakang, kita akan menemukan sensor parkir yang membantu kita saat memarkirkan kendaraan.

Subaru-XV-Rear-Camera-Parking-630x384

Masih kurang puas dengan sensor parkir? Tidak masalah, sebab XV juga dilengkapi kamera parkir. Biasanya mobil sekelasnya hanya menawarkan salah satu diantara sensor atau kamera parkir, sementara XV menawarkan keduanya. Terbayang betapa mudahnya memantau kondisi sekitar saat memarkirkan XV.

Subaru-XV-Symmetrical-AWD-Emblem-630x420

Pada pintu bagasi, akan terbaca emblem Symmetrical AWD di pojok kiri bawah. Ini akan memberi kita imajinasi betapa mudahnya melintasi berbagai medan dengan XV, sekaligus membuatnya berbeda dengan crossover lain di pasaran.

Subaru-XV-Indonesia-2014-630x420

Overall, XV telah berhasil meyakinkan siapapun yang melihatnya kalau dia adalah crossover yang tangguh dan sporty. Ini berkat penggunaan aksen hitam pada bodi yang membuatnya lebih gahar dan styling dari Impreza hatchback yang sporty.

Interior

2014-Subaru-XV-Interior-630x420

Saat pertama kali memasuki kabin, kita akan terkejut dengan penampilan interiornya. Interiornya tak begitu spesial untuk segmentasi dan banderol harga mobil ini. Setiap tuas dan tombol XV didesain untuk mengutamakan fungsionalitas. Bukan hal yang buruk memang, tapi kami berharap interiornya tampil lebih atraktif agar seimbang dengan tampilan luarnya yang sudah berkarakter.

2014-Subaru-XV-Cabin-630x420

Namun, ada kabar gembira untuk kita semua. Dibalik desain interior yang standar, Subaru menggunakan material yang sangat berkualitas, contohnya dasbor yang menggunakan bahan soft touch. Setiap tuas dan tombolnya juga menggunakan plastik berkualitas bagus dengan finishing yang sangat rapi dan presisi.

2014-Subaru-XV-Dasjboard-630x420

Setirnya memiliki lapisan kulit dan dilengkapi sejumlah tombol di setiap sisi, yaitu tombol pengatur audio dan telepon di sisi kiri serta tombol pengatur cruise control. Setir yang dilengkapi pengaturan tilt dan telescopic ini juga menyediakan paddle shift untuk pengalaman berkendara yang lebih dinamis dan membuat mobil lebih responsif, namun paddle shift ini hanya aktif saat tuas transmisi ada di posisi M. Tangan kita tak akan terasa licin saat menggenggam setir berkat penggunaan bahan kulit yang gripnya bagus, namun desainnya terlalu konvensional, tanpa adanya bantalan ibu jari di kiri dan kanan setir yang tidak hanya berfungsi meningkatkan kenyamanan, namun membuat setir tampil lebih sporty.

2014-Subaru-XV-Instrument-Panel-630x420

Untuk panel instrumennya, XV menempatkan indikator putaran mesin di kiri dan speedometer di kanan, keduanya memiliki outline warna silver. Diantara kedua indikator, ada layar MID yang menampilkan banyak informasi seperti indikator bensin, odometer dan tripmeter. Di ujung kiri dan kanan ada tombol pengatur MID, baik untuk MID yang terletak di panel instrumen maupun di tengah dasbor.

2014-Subaru-XV-Light-Control-630x420

Berlanjut ke bagian kanan bawah area setir, ada beberapa tombol yang bisa mengatur pencahayaan panel instrumen dan mengatur ketinggian sorot lampu depan. Di samping kanannya, ada tombol untuk mengaktifkan atau mematikan VDC (Vehicle Dynamic Control) yang menjaga stabilitas berkendara.

2014-Subaru-XV-Door-trim-630x420

Sementara di door trim pintu pengemudi, ada tombol power window, pengatur dan pelipat spion elektris, pengunci pintu dan window lock. Untuk door trim, bahan yang digunakan sama dengan bahan kulit yang membungkus jok mobil.

2014-Subaru-XV-Rear-Door-630x420

Sayangnya, lagi-lagi desain door trimnya terkesan biasa saja. Mungkin Subaru harus belajar dari pabrikan lain dalam menghadirkan desain interior yang menarik dan dapat menghidupkan suasana.

2014-Subaru-XV-Fuel-Consumption-630x420

Bila kita memperhatikan dasbor tengah bagian atas, ada layar MID yang menampilkan suhu, jam, jarak yang sudah ditempuh, perkiraan jarak tempuh sebelum bensin habis, lama perjalanan, dan konsumsi BBM rata-rata. Dengan display yang terang dan font yang besar, MID ini bisa dilihat dengan mudah.

2014-Subaru-XV-Head-Unit-630x420

Tersedia tiga kenop pengatur AC otomatis yang melingkupi arah hembusan, kekuatan hembusan dan suhu AC. Head unitnya menggunakan double DIN dari Kenwood dengan pengoperasian layar sentuh. Head unit ini memiliki fitur yang canggih, dengan pemutar CD/DVD, MP3, navigasi GPS, koneksi bluetooth, USB dan AUX. Sayangnya, kualitas suara yang dihasilkan biasa saja. Saran kami, ada baiknya menambahkan subwoofer portabel untuk memperbaiki kualitas suara.

2014-Subaru-XV-ISOFIX-630x420

Untuk keamanan, Subaru XV dilengkapi jok ISOFIX di bagian belakang, lalu ada seatbelt 3-titik di setiap baris kursi. Khusus bagian depan, setabeltnya dilengkapi pengatur ketinggian. Tak ketinggalan, sistem rem ABS, EBD dan tiga airbag yang berlokasi di depan pengemudi, penumpang depan dan lutut pengendara hadir sebagai standar.

2014-Subaru-XV-Arm-Rest

Di konsol tengah, penutup konsol tengah dapat digeser maju dan difungsikan sebagai armrest pengemudi dan penumpang, sayang pergeserannya masih kurang maju sehingga lengan kita tidak terakomodasi dengan sempurna.

2014-Subaru-XV-Rear-Seat-entertainment-630x420

Khusus varian Premium, Subaru XV dilengkapi sepasang  headrest monitor sebagai media hiburan penumpang belakang ketika bosan saat perjalanan jauh atau terjebak kemacetan.

2014-Subaru-XV-Boot-630x445

Untuk bagasinya, karena ground clearance yang tinggi dan sistem AWD yang menyebabkan rear axle yang tinggi, kapasitas bagasinya cenderung biasa dan lantainya cukup tinggi. Untungnya, Subaru menyediakan tray cover yang fleksibel dan menempatkan ban serep di bawah bagasi sehingga lebih praktis dan fleksibel. Kursi belakang yang terpisah 60/40 juga dapat dilipat dengan mudah jika ingin memuat barang yang besar, seperti sepeda atau lemari.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Interior XV memiliki legroom dan headroom yang cukup untuk menampung penumpang dewasa tanpa harus merasa sempit. Sudut sandaran bangku belakang lebih rebah daripada rival sekelasnya. Meski tidak dilengkapi pengaturan reclining, kami menilai ruang belakangnya sudah lebih dari cukup.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Meski ground clearancenya tinggi, berkat basis Impreza, kabin mudah diakses oleh orang dengan tinggi badan dibawah 170 cm, khususnya wanita. Sangat mudah mendapatkan posisi mengemudi ideal berkat jok yang memiliki pengaturan ketinggian selain sliding dan reclining. Meski joknya telah dilapisi kulit, kami merasa joknya kurang menopang badan bagian atas saat bermanuver di kecepatan tinggi.

Performa dan Handling

Sejujurnya, awalnya kami meragukan handling XV, namun setelah melintasi jalan tol, kemacetan dan jalan bergelombang, kami dikejutkan dengan handling dan setelan suspensinya.

2014-Subaru-XV-Test-630x313

Berkat kombinasi suspensi depan MacPherson dan Rear Double Wishbone di belakang yang biasa dipakai di mobil premium, Subaru XV terasa kaku, namun travel suspensinya telah dirancang baik untuk meredam segala kondisi jalanan dengan mudah, dan memastikan kenyamanan maksimal untuk pengemudi dan penumpang.

2014-Subaru-XV-Speed-630x309

Setirnya memiliki feedback yang sangat baik, mampu mengomunikasikan kondisi jalanan ke pengemudi, tapi terasa sedikit enteng di jalanan lurus. Saat membahas handling dan pengendaraan, di sinilah Subaru memperlihatkan kehebatan yang dimilikinya. XV terasa sangat stabil dan lincah di kecepatan tinggi, saat berpindah lajur secara ekstrim di kecepatan tinggi pun body roll yang dihasilkan sangatlah minim, bahkan sulit dideteksi, atau saat melintasi jalanan becek dan bergelombang, kita akan merasakan daya cengkeram yang melimpah dari keempat rodanya, seakan-akan semua rodanya menempel dengan jalanan.

Kemampuan menakjubkan ini diperoleh dengan kombinasi mesin boxer yang memiliki pusat gravitasi rendah dan sistem Symmetrical AWD yang membuat XV mampu mengatasi setiap kondisi jalanan dengan mudah.

Subaru-XV-AWD-Challenge-630x420

Sasis XV juga sangat kaku, berkat ring-shaped reinforcement frames yang memberikan perlindungan total saat terjadi tabrakan. Demonstrasi tingkat rigiditas sasis XV bisa dilihat dari foto di atas, ketika XV melintasi rintangan dan salah satu rodanya menggantung, kita masih bisa membuka dan menutup pintu dengan sangat mudah, karena sasisnya tidak akan melintir seperti crossover lain.

2014-Subaru-XV-Boxer-Engine-630x420

Di sektor dapur pacu, XV dipersenjatai mesin boxer 2.000 cc terbaru dari Subaru, yang menghasilkan 150 PS di 6.200 RPM dan 196 Nm di 4.200 RPM. Sebagai penyalur daya, transmisi CVT Lineartronic juga bisa dikendalikan manual via paddle shift. Akselerasi pada kecepatan rendah tidak begitu responsif, namun saat berkendara di kecepatan tinggi dan hendak menyalip mobil lain, XV menuntaskannya dengan sangat mudah.

Mengenai konsumsi BBM, kebanyakan orang selalu menilai bahwa kendaraan yang menganut sistem 4WD atau AWD pasti konsumsi BBMnya tidak bisa dibilang irit. Kami tidak menyangkalnya, namun setelah menguji XV dan menghitung konsumsi BBMnya, kami memperoleh hasil yang di luar perkiraan kami. Setelah dikemudikan di kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan, terjebak lama di kemacetan Jakarta dan menyiksanya habis-habisan sebagai mobil tes, XV masih mampu menorehkan 8 km/liter. Menurut kami, ini merupakan hasil yang sangat bagus mengingat XV adalah mobil yang menganut sistem AWD.

Kesimpulan

2014-Subaru-XV-Picture-630x420

Kami terkejut dengan pengalaman berkendara Subaru XV. Suspensinya memadukan kombinasi pas dan sempurna antara kenyamanan dan handling mantap layaknya sedan meskipun ground clearancenya tinggi, ditambah fleksibiltas dan ketangguhan sebuah SUV. Desain interiornya tidak terlalu mengagumkan, tapi kami menghargai usaha Subaru dalam penggunaan material yang berkualitas di sekujur kabin dan fitur canggih yang ditawarkannya. Untuk eksteriornya, kami menilai XV benar-benar menegaskan bahwa ia adalah sebuah crossover sejati, dengan tampilan yang gagah dan sporty, namun tidak terlalu mencolok.

Pada akhirnya, Subaru XV tidak hanya mendefinisikan bagaimanakah harusnya sebuah crossover, namun juga menaikkan standar bagaimana crossover seharusnya dibuat, atau singkatnya, Subaru XV adalah crossover sejati yang menarik, terutama bagi mereka yang mencari kepuasan berkendara.

What we like :
-Eksterior yang gagah namun tidak mencolok
-Fitur lengkap seperti pemutar DVD, CD, MP3, GPS, Aux, USB dan koneksi Bluetooth
-Groud Clearance tinggi
-Sasis rigid
-Handling mantap
-Dilengkapi Symmetrical AWD
-Mesin Boxer dengan pusat gravitasi rendah
-Harga kompetitif
We don’t like :
– Desain interior biasa
-Jok kurang supportif
-Transmisi CVT tidak memaksimalkan potensi mesin
-Tak ada pengaturan jok belakang
-Kualitas suara biasa
-Bagasi tidak terlalu luas

Read Prev:
Read Next:
  • Gak ada videonya nih??

    • Karena keterbatasan waktu, jadi Subaru XV ini kami baru buat artikel tulisan saja.

      Tapi tenang, kami sudah berencana membuat review video untuk Subaru XV ini as soon as possible 😀

  • seogab

    bro review all new yaris dunk,ntar all new jazz juga hhe

  • Ntuk produk ckd malay, kmahalan harganya skarang

  • GTRr35

    koq autonetmagz tidak mereview kompartemen ruang mesin subaru yang tidak di cat seperti di review ruang mesin mobil2 honda???
    XV ini mobil 300jt an nih.

  • Aroel_

    Sorry mas bro mungkin pertanyaan ane terlalu newbie banget dan terlalu biasa / remeh.
    Tp sebenernya ane mewakilin semua orang yg tidak mengerti seperti apa dalamnya mobil yg menganut all wheel drive karena keterbatasan ilmu & belum pernah melihat dan mengendarai mobill all wheel drive secara langsung.

    Mungkin banyak org seperti ane yg belum tau apa sebenarnya mobil sperti ini apa sistem all wheel drive nya selalu nyala?
    Apa ada tuas / tombol elektrik yg bisa mengatur (alias mematikan) sistem all wheel drive nya menjadi hanya two wheel drive dan berpindah ke all wheel drive lagi seperti mobil2 4wd.

    Karena pasti ada pembaca artikel ini yg belum tau dan belum pernah mengendarai mobil ber tipe all wheel drive karena pasti ada para pengendara pemula / pengendara berusia muda seperti saya yg belum pernah melihat langsung mobil bertipe all wheel drive

    Di artikel ini juga tidak ada penjelasan seperti apa yg saya tanyakan di atas jd maklum kl saya menanyakan hal seperti ini

    • Hillarius Satrio

      makasih pertanyaannya.

      sistem all wheel drive (AWD) itu selalu nyala dan tidak bisa dimatikan, jadi keempat rodanya selalu digerakkan oleh mesin. beda dengan 4 wheel drive (4WD) yang dalam keadaan standar hanya 2 roda yang digerakkan mesin namun pada kasus tertentu, pengemudi bisa mengubahnya jadi gerak 4 roda melalui tuas/tombol transfer case dari kabin.

      kalau ada yang kurang jelas, silakan ditanyakan lagi

      • alfian

        Oh Berarti Kaya Fortuner 4×4 Dong ya