Komparasi Perbandingan Toyota Yaris TRD Sportivo vs Honda Jazz RS

by  in Berita&Honda&Komparasi
Komparasi Perbandingan Toyota Yaris TRD Sportivo vs Honda Jazz RS
0  komentar
Komparasi-Jazz-VS-Yaris

Jakarta, AutonetMagz – Toyota Yaris yang baru saja mendapatkan model baru dengan tampang yang jauh lebih agresif nampaknya tidak bisa terlalu lama menikmati kue di pasar sub-compact ini, pasalnya Honda Jazz 2014 diluncurkan tidak lama setelah Toyota Yaris mendapatkan generasi terbaru dengan tampilan yang tidak kalah agressif bila dibandingkan dengan Toyota Yaris model terkini. Nah, bagaiman komparasi antara kedua mobil ini? AutonetMagz akan membahas secara komprehensif berdasarkan first impression review Honda Jazz RS dan Toyota Yaris TRD Sportivo yang kami bahas sebelumnya.

Eksterior

Toyota memberikan effort lebih untuk membuat Toyota Yaris terbaru, karena mobil ini diciptakan khusus untuk pasar Asia. Berbeda dengan Honda Jazz generasi terbaru yang dibuat seragam di seluruh dunia meskipun memiliki spesifikasi yang berbeda-beda untuk setiap negara.

Kedua mobil ini memiliki tampilan yang lebih agresif dibandingkan dengan pendahulunya yang terlihat lebih manis, sayangnya tidak semua orang akan menyukai tampilan yang terlalu agresif kedua mobil ini, sehingga unsur selera individu sangat menentukan dalam menilai desain eksterior mobil ini.

Toyota Yaris 2014 TRD Sportivo

Mari kita mulai dengan Toyota Yaris TRD Sportivo, di varian TRD Sportivo, mobil ini memiliki body kit tambahan dibandingkan dengan tipe yang berada di bawahnya. Unsur-unsur modern diberikan lewat lampu utama dengan projection headlamp dan LED DRL di bagian bumper depan mobil ini, namun sayangnya LED DRL yang disematkan seperti lampu LED aftermarket yang mudah ditempel sebagai aksesori tambahan.

Toyota Yaris 2014 rear

Body kitnya yang landai membuatnya seperti menyapu jalan, bentuk belakang yang di desain ciamik membuat kami merasa tampilan belakangnya lebih cantik dibandingkan dengan model sebelumnya. Secara keseluruhan, Toyota Yaris TRD Sportivo ini terlihat lebih original seperti layaknya hatchback pada umumnya, tidak membulat-bulat seperti Yaris versi lawas, Toyota mencoba kembali mengingatkan kita akan Toyota Starlet yang pernah melegenda pada era 90-an di Indonesia.

Mari kita melihat bagaimana Honda meracik Honda Jazz RS. Honda mencoba memberikan rona solid wing face pada wajah Honda Jazz terbaru, sehingga dari depan mengingatkan kita akan Honda Civic Hatchback yang identik dengan Civic Type R.

Wallpaper-Honda-Jazz-Terbaru-Indonesia

Honda mencoba memberikan sesuatu yang lebih dibandingkan dengan Toyota Yaris pada wajah depan mobil ini, karena kita tidak hanya akan menemukan LED DRL stripe yang terletak disamping foglamp, karena Honda sudah membekali Honda Jazz terbaru dengan lampu utama LED lengkap dengan auto leveling, canggih!

Honda Jazz 2014 tipe S matik

Namun melihat sisi belakang Honda Jazz, kami melihat ada sesuatu yang janggal disini. Entah kenapa bentuk barunya membuat Honda Jazz tampak sedikit cingkrang seperti Mitsubishi Mirage yang kurang landai pada bagian belakangnya. Berbeda dengan Toyota Yaris yang justru terlihat lebih porposional.

Toyota Yaris 2014 rear disc brake

Baik Jazz dan Yaris terbaru sudah dilengkapi dengan ban dengan ukurang 16 inchi yang tampil sporty, sedikit nilai tambah untuk Honda Jazz RS karena sudah mengaplikasikan model velg two tone.

Pelek-Honda-Jazz-RS-16-inchi

Dari sisi eksterior, kami merasa hal ini kembali ke selera masing-masing. Baik Honda Jazz dan Yaris TRD Sportivo menurut AutonetMagz keduanya berusaha untuk tampil se-agressif mungkin untuk menampilkan kesan sporty dan dinamis. Namun jika menurut anda Honda Jazz terbaru kurang greget dari sisi eksterior, Honda juga menyediakan paket body kit Mugen dan Modulo yang membuatnya tampil lebih sporty.

Interior

Masuk ke dalam interior Yaris TRD Sportivo tidak ubahnya masuk ke dalam interior Toyota Vios generasi terbaru. Desain interiornya tidak jelek, namun sayangnya karena memiliki warna hitam kelam, interiornya menjadi sama persis dengan Toyota Limo yang dijadikan armada Taxi. Padahal bisa saja dibuat sama persis dengan Toyota Vios yang mengaplikasikan two tone colour antara black and beige.

Toyota Yaris 2014 driver seat

Di varian TRD Sportivo, kita akan mendapatkan unsur-unsur kemewahan mulai dari setir dan shift knob berlapis kulit, AC digital dengan climate control, piano black finish, audio dengan multimedia canggih dan semi bucket seat dengan bahan yang nyaman disentuh. Uniknya mobil ini memiliki plastik interior dengan rona jahitan seperti layaknya kulit yang membuatnya terasa mewah.

Toyota Yaris 2014 storage

Kelemahan dari Toyota Yaris terbaru ini ada pada desain dashboardnya yang kurang praktis bila dibandingkan dengan Toyota Yaris generasi terdahulu yang memiliki banyak kompartemen penyimpanan, dan pada door trimnya kita akan menemukan door trim full plastik meskipun sudah dibekali dengan motif seperti layaknya bahan fabric.

Dashboard-Honda-Jazz-RS-Indonesia

Masuk ke dalam interior Honda Jazz RS, kita akan menemukan desain dashboard yang sangat driver oriented dibandingkan dengan Toyota Yaris. Desain ini sebenarnya sama dengan varian Honda City yang lebih dulu meluncur, namun kita tidak akan menemukan material soft touch seperti layaknya Honda City, dan kita tidak akan menemukan desain interior layaknya Taxi pada interior Honda Jazz RS.

Dashboard-Honda-Jazz-RS-2015

Interior Honda Jazz terbaru lebih memiliki banyak gimmick dibandingkan dengan Toyota Yaris TRD Sportivo. Duduk di bangku kemudi, kita akan disuguhi desain speedometer futuristik dengan MID besar serta paddle shift dibalik kemudinya. Tidak hanya itu, Honda Jazz juga memiliki telescopic steering dan seatbelt height adjuster yang tidak dimiliki oleh Yaris.

Honda-Jazz-Seating-Position

Posisi duduk di kursi Honda Jazz RS juga tidak ubahnya duduk di kursi Honda Jazz model terdahulu, sangat nyaman dan sportif jika dibandingkan dengan Toyota Yaris. Pada doortrimnya kita akan menemukan bahan fabric yang memberikan kesan mewah dan kini Honda Jazz RS sudah dibekali dengan keyless entry dan start/stop engine seperti layaknya Toyota Yaris tipe S generasi sebelumnya.

Kualitas-Interior-Honda-Jazz-Baru

Sayangnya desain interior Honda Jazz terbaru yang cantik tidak didukung dengan penggunaan bahan material dan finishing yang rapi. Plastik interiornya sama persis dengan Honda Mobilio, begitupula finishingnya masih terasa kasar dan tidak presisi antara celah-celah plastiknya, padahal Honda Jazz generasi sebelumnya cukup baik. Head unit Honda Jazz juga belum memiliki fasilitas seperti Bluetooth dan internet seperti Toyota Yaris.

Akomodasi

Toyota Yaris 2014 backseat

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Toyota Yaris sudah semakin baik dari segi akomodasi, legroom dan headroom penumpang baris kedua jauh lebih lega, begitupula dengan bagasinya. Yang paling menyenangkan ada pada kursi kedua Toyota Yaris TRD Sportivo yang kini dibuat senyaman sedan.

Toyota Yaris 2014 bagasi belakang

Namun jika membandingkan akomodasi Toyota Yaris terbaru dengan Honda Jazz terbaru tentunya Honda Jazz jauh lebih unggul baik dari akomodasi penumpang baris kedua hingga bagasinya. Yang paling AutonetMagz sukai dari Honda Jazz ini ada pada metode ultra seatnya yang cerdas dan mampu melipat kursi dengan berbagai mode mulai dari melipatnya rata lantai, melipat kursi keatas untuk membawa barang bawaan yang tinggi hingga relax mode yang mampu membuat kursi depan terhubung dengan kursi belakang seperti layaknya sebuah tempat tidur. Great!

Kursi-Belakang-Honda-Jazz
Honda-Jazz-Indonesia-2014

Fitur

Baik dari Toyota Yaris TRD Sportivo dan Honda Jazz RS, masing-masing sudah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti audio touch screen, leather steering, steering switch control, keyless entry dengan start/stop engine, projection headlamp, LED DRL, retractable mirror, tilt steering, immobilizer, dual airbags dan pengereman ABS, EBD + BA. Uniknya kedua mobil ini sepertinya ingin tampil berbeda dengan memberikan kelengkapan yang tidak ada di kubu pesaingnya.

Toyota Yaris 2014 dashboard

Di Toyota Yaris TRD Sportivo ada beberapa fitur yang tidak dilengkapi di Honda Jazz RS, sebut saja seperti Head unit canggih dengan koneksi bluetooth, GPS navigasi, internet, air gesture serta aplikasi My Toyota. Fitur lainnya yang tidak terdapat pada Honda Jazz terbaru ada pada AC digital dengan auto climate control dan leather shift knob.

Di Honda Jazz RS, mungkin kita akan menemukan head unit konvensional bawaan after market yang sama dengan yang digunakan Honda Mobilio RS. Kita tidak akan menemukan Bluetooth, GPS Navigasi serta koneksi internet di head unit ini, begitupula dengan tombol-tombol AC yang dibuat konvensional seperti model sebelumnya.

Setir-Honda-Jazz-Baru

Namun Honda Jazz terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi seperti headlight LED Projection dengan auto leveling, paddle shift, cruise control, telescopic steerng dan kursi belakang ISOFIX. Fitur-fitur yang ada di Honda Jazz RS ini juga tidak akan anda temukan pada Toyota Yaris TRD Sportivo. Cukup imbang sepertinya!

Mesin

Sulit untuk menilai kedua mesin mobil ini, karena kami belum mencoba performa kedua mobil ini secara langsung. Mungkin kita bisa berbicara mulai dari Toyota Yaris TRD Sportivo yang sejak tahun 2002 memiliki mesin yang sama dengan Toyota Vios tanpa ubahan signifikan. Mesin ini tidak perlu diragukan lagi soal performanya yang kencang dan konsumsi bahan bakarnya yang irit serta daya tahan yang terkenal sangat bandel sejak tahun 2002. Mesin yang sudah melenggang 12 tahun di Indonesia ini juga memiliki spare part yang sangat mudah di dapatkan.

Toyota Yaris 2014 engine

Lain lagi jika kita menengok mesin Honda Jazz RS terbaru, mesinnya masih menggunakan platform L15, hanya saja kode buntutnya kini berubah dari L15A menjadi L15Z1. Tenaga dan torsinya tetap jika dibandingkan dengan model sebelumnya, namun Honda melakukan penyempurnaan yang membuat mesin ini lebih ringan, ramah lingkungan serta irit bahan bakar. Honda mengatakan bahwa mesin generasi terbaru yang dilengkapi dengan transmisi Earth Dream CVT lebih hemat % dibandingkan dengan mesin generasi sebelumnya.

Konsumsi Bahan Bakar BBM Honda Jazz 2014

Well, sepertinya kami harus mencoba mobil ini secara langsung untuk menentukan mana yang lebih baik secara performa dan bahan bakar. Namun dari kualitas pengerjaan engine bay kedua mobil ini, sangat disayangkan Honda menurunkan kualitas pengerjaan bodi dibalik kap mesin dari Honda Jazz terbaru seperti Honda Mobilio dan Honda Brio.

Konsumsi-BBM-Mesin-Honda-Jazz-2014

Kenyamanan

Interior Yaris 2014

Terlalu dini menilai kenyamanan berkendara dengan Honda Jazz karena kami belum merasakannya secara langsung. Lalu bagaimana dengan Yaris? Kami pernah mencoba Toyota Yaris TRD Sportivo di jarak pendek, kini suspensi Toyota Yaris TRD Sportivo terasa lebih kaku dibandingkan dengan model Yaris model sebelumnya, namun masih lebih empuk dibandingkan dengan Honda Jazz generasi sebelumnya. Oh iya, Toyota Yaris TRD Sportivo sudah dilengkapi dengan rem belakang cakram, sedangkan Honda Jazz RS masih menggunakan rem tromol.

Legroom-Honda-Jazz-2014

Kesimpulan

Sedikit sulit menyimpulkan keduanya karena kami belum melakukan pengetesan mendalam terhadap kedua mobil ini. Namun dengan harga banderol Toyota Yaris TRD Sportivo di angka 256 juta dan Honda Jazz RS di angka 248 juta, menurut kami untuk sementara ini Honda Jazz lebih value for money. Apalagi fitur-fitur yang ada di Honda Jazz RS lebih sulit untuk dipasang manual di Toyota Yaris TRD Sportivo, sedangkan Head Unit masih bisa kita upgrade agar tidak kalah canggih dengan Yaris. Bagaimana? Sampaikan opini di kolom komentar dibawah ini.

Read Prev:
Read Next:
  • Lawan honda jazs rs aja yaris trd sportivo udah imbang . apalagi nanti lawan jazz rsz ?

  • bejo

    ill go for kondim fiesta ecobost, sangat value for money, pengerjaan rapih, engine mantap, fitur oke punya, meski tidak ada lcd warna warni, who care? ford menciptakan mobil untuk dinikmati driver 😀
    sori menurutku kedua mobil ini sangat tidak value for money alias over price, dg kualitas yang sori juga, masih rendah detailnya, apalagi pengerjaan jazz baru ini, jelek rakitannya, tidak presisi, mirip mobilio, apa ikutan kena virus mobilio, fitur sih okeh punya, tapi kalau kualitasnya jelek, fitur tsb seakan gak guna
    250jeti, mending nambah 50an jeti lagi sudah dapet focus hb, ato buat fiesta eco, dapet kembalian 25jeti buat modif, cuma saran buat ford, after salesnya itu mbok ya dibenerin, mobil sudah bagus, after salesnya jelek

  • Fitur2 yaris seperti auto ac , full body kit asli trd dan dimensinya yang besar seperti “real hatchback” menjadi keunggulan yang tidak dimiliki honda jazz. Fitur2 jazz seperti paddle shift cruise control menarik tetapi sptnya untk dalam kota tidak begitu berarti. Dan sebetulnya jika kita meng upgrade jazz dengan audio lebih bagus atau membeli bodi kit asli modulo akan melebihi harga toyota yaris trd pada akhirnya. Mungkin yaris trd aja …

  • Oh iya mohon infonya apakah jazz RSZ dipastikan keluar di indonesia? Thanks

    • bejo

      yes bakalan keluar, katanya bersamaan dg meluncurnya vezel, sekitar agust sept

  • sultan

    Wah masa All New Jazz RS Rear brake kembali pake Drum system? padahal kan edisi sebelumnya Rear Disc Brake.
    tren kalimat “Penurunan Kualitas Honda Mobil” menjangkit dimana-mana, Kalau Honda Motor Sudah dikenal ancur kualitasnya di banding kompetitor.

  • Jehol

    Skarang Honda Jazz 60% Lokal Indonesia, Wajar Jadinya Klo Pengerjaan Kurang Rapih. Kurang Kontrol dari Bagian Finishingnya

  • edi

    desain yaris ini kurang bagus di banding eropa punya.
    kalau bisa hadir disini.. pasti jazz kalah bersaing dari segi designnya.

  • dewayudhi093

    Kalo urusan fit&finish sebenernya masih ada yg kualitasnya lbh baik dari kedua mobil diatas, misal fiesta, rio/GA(they might be korean, tapi kualitasnya emang tdk mengecewakan) & mazda2. Tapi berhubung yg dibicarakan disini jazz&yaris, overall emang jazz lebih unggul. Tapi yaris tampilannya jg cantik, cuma design velg nya kurang menggugah

    • Suzuki swift jga jauh lebih bagus dibanding yaris…

      • arman

        aku pernah pake all new swift gx matix, handling plus fitur plus kualitas material dan rakitan plus harga oke banget, namun sayang suzuki indonesia kurang agresif jualan swift ini, diluar negri pilihan tipe swift lebih oke

  • heruman

    If you ride jazz you wont stop pushing the pedal, its fun to drive car. Yaris not totally bad, its just toyota, they never totally improve their design, specially interior.

  • DM

    Honda Jazz 2014 ada arm rest nya engga ya?

    • alvin

      gaada mas DM. mungkin menurut honda itu gaperlu makanya dibuang

  • liviana gumay

    Kebetulan aku sudah memakai Yarris terbarunya walau pakai yang type G A/T. Sangat nyaman dipakai dalam kota dan luar kota. Saya tidak mengerti mesin tapi saya merasakan kenyamanannya saat mengendarai Yarris terbaru ini.

    • Tara Diska

      menurut kk irit atau boros yaris terbaru ini?

    • Tara Diska

      apakah hemat bahan bakarnya kak?

  • Sya ingin share ttg pengalaman sya dgn toyota yaris 2014 tipe trd A/T
    Suspensiny emng keras klo di jalanan brlubang, tp untuk belok dgn kcptn tnggi enk bgt dan gk limbung. Mesinny juga hemat bahan bakar, 500km cuma ngabisin 3/4 tangki (shell super). Peredaman kabin juga sgt bagus, suara dr luar sgt minim. Kualitas suara audionya sgt baik. Untuk yg sering menggunakan tablet, ada tempat penyimpanan tablet di samping handbrake. Bagasi juga sgt luas.
    Tp sayangny mesinny agk ngeden klo mnrut sya (100kmpj @2500rpm) (sya krng tahu kalau tipe M/T). Kpla saya hampir mentok saat duduk di baris kdua (tinggi saya krng lebih 173cm). Lalu penerangan di dalam kabin hanya berada di depan (tidak ada lampu penerangan di tengah). Blindspot juga cukup byk.
    Sekian sharing pnglaman dr sya. Thx

    • waduh gimana gw gan tinggi 181 cm klo duduk di belakang mobil yaris hehee..

      gw lebih pilih jazz more than yaris…yaris kyk starlet bener bgt neh review. hrg nya too high.
      *sambil nunggu jazz rsz

  • dwi

    keduanya ok,slera sy lbh ke yaris,body jaz agk kaku blkgnya kayak angkot

    • Toyo pasaran

      Yasir kalau gak TRD kayak mobil ga jadi, udah gitu stoplampnya konvensional -_- selalu toyot ngeluarin produk hanya atas dasar meraup keuntungan aja. Pokoknya bodynya nekuk2 tajam wanna be lancer evo X, untung ga dituntut mitsubis.

  • waow

    Kemaren ane tanya ke salah 1 delaer Honda kok katanya ud ditanyakan ke HPM pusat klo seri RSZ cuma keluar di Jepang yak, dalam artian gak masuk Indonesia.
    om mimin autonetmagz..bisa kasih pencerahan gak ya?

  • ab33

    Yariz dimensi makin gede, makin panjang, makin berat, dengan mesin yg sama, coba kalian bayangin tenaganya gmn yg torsinya jauh dibawah jazz. Masalah material mesin, jazz udh pake teknologi dream techlogi, jadi penggantian material mesin, agar lebih ramah lingkungan, minim gesekan, ssehingga tarikannya lebih joss dan lebih bandel

  • dev

    ini tentang Jazz-Yaris. kalo design, aku suka Jazz. kalo entertainment udah pasti Yaris. cuma sayang dalemnya yaris mirip taxi (toyota limo) walopun udah dikasih audio modern dll. tapi Jazz rada gajelas, mau naikin/turunin fitur? disc brake belakang ilang, tapi dia punya cruise control. soal akomodasi pasti Jazz. tapi kalo buat dimodif aku suka Yaris.

  • adril

    eksterior & interior imbang lah, ada +/-, tinggal selera aja, cuma soal engine & kaki2 kalo mau teknologi honda unggul, tapi soal ketahanan/ketangguhan toyota unggul

  • dhimas

    lihat desain yaris dari depan kayak lihat lele.. ada kumisnya….

  • joko

    mobil kok merek honda,suzuki.nanti lama2 mobil merek yamaha

    • Waduh

      Waduh pak kan yamaha = toyota. Mereka kan alliance :s sedih pak joko

  • YS

    Suka bgt jazz dgn design, mesin, posisi nyetir sama suspensinya. Cuman build qualitynya jelek bgt pas liat di dealer. Kaya ngasal bikinnya. Kerasa bgt pas duduk dan liat interiornya. Gw mikir “designnya bagus sih, tp kok plastiknya kaya murahan bgt ya”. Apalagi pas liat di bwh kap cetnya ga brs, trus liat ke bwh (wheel arches) si anti karantnya di semprotnya ga merata dan tipis bgt. Si mas salesnya aja blg memang honda ngirit di anti karatnya. Terus, klo cvt buat apa ya tuas pemindah gigi di RS matic? Konon menurut majalah sebelah, malah makin lambat akselerasi ke 100 klo pake si tuas pemindah gigi.

    Klo yaris build qualitynya bagus bgt. Rapih interiornya. Entah kenapa plastik2nya terasa lebih mahal. Dlm hati gw mikir “ini br cocok buat mbl 250jt”. Tp dr design exterior, mesin berasa jadul dan transmisi at yg masih 4 speed berasa bgt si yaris ketinggalan klo dr segi kemodern-an teknologinya. Tp dgn luas bagasi dan legroom yg lebih luas memang jd penawaran yg menarik buat keluarga kecil gw.

    Dua2nya meragukan sih. Malah kepikiran buat beli jazz lama (2013). Mesin bagus, transmisi 5 speed auto yg klo rusak lebih murah diperbaiki dibanding cvt, posisi nyetir yg enak bgt, interior yg lumayan, tp konon katanya suspensinnya keras, dan design exterior yg biasa aja.

  • Oki Syauqi

    Yaris memang pelit fitur dan harga mahal, tapi percayalah untuk soal durabilitas yaris punya lebih sip ketimbang jazz… kita liat beberapa tahun kedepan

  • Robert

    klo toyota mah emg dr dlu unggul karena udah ada peredamnya, tp skg bru ad di jazz. tp prefer like jazz than yaris. msalah model klah sm ford,mazda, dll? model jepang emg sllu kalah sm eropa, eropa menang d model udahan.

  • meny

    “Namun Honda Jazz terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi seperti headlight LED Projection dengan auto leveling, paddle shift, cruise control, telescopic steerng dan kursi belakang ISOFIX. Fitur-fitur yang ada di Honda Jazz RS ini juga tidak akan anda temukan pada Toyota Yaris TRD Sportivo. Cukup imbang sepertinya!”

    koreksi: kursi belakang yaris sudah isofix gan

  • dian

    saya mau ambil COP antara yaris atau jazz dan semakin kesini makin bingung mau ambilnya apa. kayaknya cukup berimbang lihat review nya ya.. mohon pencerahannya agan-agan..

    • Nih pak faktanya

      Yaris harga jual dijamin 100000% lebih murah dari jazz, beli mahal, jual murah, kalau jazz sudah punya nama sejak 2003. Ga usah ditanya lagi. Penghargaannya ga keitung. Opsi modif gak monotone bisa tema mugen / modulo. Kalau toyota dari dulu gitu2 aja tambah bodykit kualitas abal2 gampang pecah kena polisi tidur. Mesinnya biasa aja tampang plagiat evo x. Saya juga pernah punya yaris kok

      • Honda HRV

        honda jazz tuh mobil cabe” an gan, kalo di kampung nih yang paling laku, abg nya kalo gak pake minibus avanza, kelas hatchback nya ya jazz, taunya jazz klo di kampung.. rata” yang beli jazz di jakarta orang perantauan kok.. orang kota nya lebih prefer pilih beli swift, yaris, ford fiesta, nissan march, livina..

        Honda aja sampe skrg baru yang namanya punya sensitiv alarm, thats why banyak mobil honda yang kacanya di pecahin maling, barang nya di ambil, klo ambil mobilnya udah gak mungkin ya.

        sensor parking? mana ada honda jazz di lengkapi sensor parking? pelit atau minim feature?

        feature” di honda rata” feature ketinggalan jaman yg di gembor” kan yg di rival nya seperti nissan technology tersebut sudah di gunakan, sehingga di penjualannya tidak lagi di gembar gemborkan.

        • Airfan maniak depok

          Sorry pak honda harganya ribet vanget, tp honda udh bikin pesawat turbojet

    • tim

      Mending mazda 2 R aja gan, cakep bener interior sama exteriornya, cuma emg kalo udh berkeluarga kurang cocok karena agak sempit, tapi justru suspensi mazda 2 dibanding jazz atau yaris trd msh empukan mazda 2… tapi ya terserah agan, ini pendapat ane doang..

      • Jdm

        Mending mazda 2 GT gan . Ada head up display nya

  • joni

    udah test new yaris & jazz, jujur kualitas bahan & desain interior masih bagusan yaris dibanding jazz, handling juga lebih oke yaris, kalo dari segi tenaga gak terlalu signifikan beda rasanya, gak tau kalo di tol, kalo perpindahan gigi halusan jazz pastinya. yah tinggal selera aja ada plus minus, kalo mau tangguh ambil yaris kalo mau teknologi ambil jazz

  • Japan dark market

    Mending mazda 2 skyactiv GT , fitur , body nya mantep abis . Yang bikin keren head up display nya

  • capcin wow

    prefer jazz ,bagasi luas kursi bisa rebah,cruise control,padle shift,head unit tinggal upgrade,speedo modern..yaris gtu2 aja..,mgkn tahun dpn spa tau jazz pake ac auto dan head unit canggih..

  • djietoe

    Great buat keduanya,.. Tapi secara pribadi saya lebih Tertarik All New Yaris

  • good job toyota

    Jelas yaris menang. Plastiknya lebih bagus, gaada cat tumpah, audio lebih bagus, ac digital, model lebih keren, mesin yang tahan lama dan sangat irit, lebih gampang belok, sudah ada drl, matic 4 percepatan, ngebut banget, dan harga yang sangat terjangkau dibanding yang lain

  • Yudi

    Terus terang saya baru saja beli All NewHonda Jazz RS Matic , sangat di sayangkan kualitas material dan finishing jelek banget dibanding jazz sebelumnya , saya heran kenapa bisa demikian , dari mulai rem belakang masih terimol , banyak pemadangan part yang tidak presisi , pengecatan yang tidak sempurna , apakah ini semua karena dirakit di Indonesia , berbeda dengan perakitan di Thailand seperti Yaris ,

    • Orang indonesia emang asal2an kalo kerja

    • katrok

      Yaris juga udah dikerjain di karawang cuy.. secara fit n finish mungkin di indonesia TMMIN juaranya..

  • Yudi

    Terus terang saya baru saja beli All NewHonda Jazz RS Matic , sangat di sayangkan kualitas material dan finishing jelek banget dibanding jazz sebelumnya , saya heran kenapa bisa demikian , dari mulai rem belakang masih terimol , banyak pemasangan part yang tidak presisi , pengecatan yang tidak sempurna , AC masih manual, body tipis banget apakah ini semua karena dirakit di Indonesia , berbeda dengan perakitan di Thailand seperti Yaris ,

  • Arie

    Sepertinya saya pilih yaris TRD… Lebih gagah modelnya,gak bengkak2 seperti honda jazz……kok bisa ya jazz terbaru tapi bodynya kalah sama jazz lama

  • alfa

    Kalo saya mendin beli New Yaris TRD dibanding Jazz RS soalnya kalo yaris lebih enak dipake ngebut+sentakan pada saat ganti gigi halus.

  • Sblmnya gw pemakai rush 2007 dan gw smpt galau antara jazz, yaris, fiesta, sama mazda 2. Tapi akhirnya gua milih yaris, dan ini sebabnya :
    1. Jazz : bagasinya sih emang paling gede, kursi paling fleksibel, lipat kursi juga rata lantai. Cuma ya kualitas interiornya kok ya murahan luar biasa ya (dibandingin agya, mobil saya satunya lagi), apalagi harga udah 260 juta lebih. Ditambah pintu yang kalo ditutup juga sama aja kayak datsun go+. Apalagi sunatan fitur yang banyak banget gila. Dan ketebalan plat bodi pun masih tebelan agya saya. Kualitas audio pun masih jauh kalah dibandingin agya. Kenob ac pun sangat murahan jika dibandingkan agya. Jadi jazz gua coret gaada ampun. Pokoknya jangan paksa gua beli jazz murahan itu. Mau dikasih gratis pun jangan harap gua terima.
    2. Mazda 2 : fitur sama kualitas pembuatan termasuk kelas bahan materialnya emang top banget. Tapi percuma dengan fitur seabrek tapi kontrol ac nya masih kenob kompor gas. Akhirnya mazda 2 dicoret.
    3. Fiesta : fitur sama kualitas emang 11:12 sama mazda 2. Apalagi jok udah semi kulit + ac digital. Tapi sayang banget headrest belakang cuma 2 dan bagasi agak sempit. Yaudah gajadi.

    Dan akhirnya gua pilih yaris. Fitur dan kualitas emang masih kalah sama mobil nomer 2 sama nomer 3, tapi udah jelas diatas mobil yang nomer 1 tadi. bagasi engga segede jazz, so what? Cuma emang bagasi mazda 2 sama fiesta kecil banget. Interior taksi? Parahan mana sama yang kualitasnya jauh dibawah lcgc? Boros? Ya gapapalah, itu hanya kekurangan kecil dari matic konvensional. Daripada yang make CVT itu? Percuma tenaga gede pake CVT. lagian masih kencengan dan iritan yaris daripada jazz. HU yaris pun tidak separah yang dibilang test driver dari autonetmagz kok. Malah bagus banget. Dan untuk berbelok pun paling enak. Dibandingin jazz coba.
    Demikian yang saya sampaikan. Semoga menjadi pemikiran anda untuk beli mobil.

  • Honda HRV

    Menurut saya, relatif sih gan kalo masalah mobil. Masing masing lebih punya karaternya.

  • farhanmasyara

    Kalo tombol ac Honda jazz bisa diganti sama tombol ac digital nya gak? kaya hr-v prestige gitu

  • Michael de santa

    I am michael de santa from grand theft auto v

  • Maddog

    Gw lg galau nih, pengen beli jazz ato mazda 2 ya? Cuma mazda masalahnya
    Jaringan dealer nya dikit, kalo honda finishing nya kurang mantep

  • talekota

    makasih ulasannya mas. ulasan yang buat kami orang awam mudah untuk di mengerti. sekali lagi makasih mas