Penjualan Honda Sonic 150 Jauh Ungguli Suzuki Satria F150 FI

by  in Berita&Honda&Merek Motor
Penjualan Honda Sonic 150 Jauh Ungguli Suzuki Satria F150 FI
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kalian adalah anak muda, mungkin seumuran SMA dan ingin membeli motor sporty dengan dana di angka 20 jutaan lebih sedikit, maka memiliki motor ayago alias model ayam jago adalah salah satu pilihannya. Walaupun begitu, nyatanya memang tak banyak motor dengan model ayago yang dijual di Indonesia. Praktis hanya ada Suzuki Satria F150 Injeksi, dan Honda Sonic 150, karena Kawasaki Athlete Pro sendiri sudah hilang dari daftar produk Kawasaki di website resmi mereka.

Lalu bagaimana peforma penjualan kedua ayago tersebut? Nampaknya nasib baik yang mengiringi perjalanan Suzuki Satria F150 sejak lebih dari sedekade yang lalu mulai memudar. Bagaimana tidak, dari data penjualan kedua produk ini, Honda Sonic yang nampak lesu di awal kemunculannya kini berubah menjadi pemimpin pasar. Honda Sonic memiliki rata – rata penjualan d kisaran 1.300 unit hingga 3.000 unit per bulannya. Angka tersebut jelas meninggalkan Suzuki Satria F150 FI yang secara umum hanya laku sekitar 800 unit hingga 2.100 unit per bulannya.

Secara total, sejak awal tahun 2017 ini, Honda Sonic mampu meraih total penjualan di angka 20.400-an unit, sedangkan rival abadinya hanya meraih penjualan sebanyak 9.838 unit saja. Angka yang cukup mengejutkan untuk kami, karena seharusnya nama besar Suzuki Satria F150 FI sudah cukup mengakar sebagai salah satu motor Ayago yang digemari oleh publik Indonesia. Namun, data penjualan berbicara lain, Honda Sonic yang mengusung mesin DOHC near square dengan karakternya torsi padatnya mampu mengasapi Suzuki Satria F150 FI dalam hal penjualan.

Tentunya ini bukan kabar baik bagi PT Suzuki Indomobil Sales, khususnya divisi roda dua. Karena kehadiran Suzuki Satria F150 FI pada tahun lalu adalah tonggak awal kebangkitan merk berlogo S ini di pasar roda dua Indonesia. Tentunya PT SIS harus memikirkan lagi strategi pasar mereka sehingga bisa mengejar ketertinggalan dari rivalnya, ataupun bahkan merebut posisi puncak. Suzuki Satria F150 FI sendiri baru saja mendapatkan update terkini dengan penambahan dua pilihan grafis baru yang lebih simpel, sisanya masih sama saja secara spesifikasi teknis.

Terlepas capaian penjualan Suzuki Satria F150 FI dan Honda Sonic 150 di tahun ini, pasar Ayago memang bukanlah pasar yang besar yang bisa memberikan kontribusi yang signifikan pada pabrikan, namun pasar ini tetap memiliki konsumen loyal yang mencari motor yang ringan dan bertenaga. Bagaimana kalau menurut kalian? Yuk sampaikan pedapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: