Resmi Mengaspal, Triumph Tiger 1200 2022 Ramaikan Segmen Adventure!

by  in Berita&Triumph
Resmi Mengaspal, Triumph Tiger 1200 2022 Ramaikan Segmen Adventure!
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika berbicara mengenai segmen motor yang nyaman untuk di bawa touring atau roadtrip jauh, pastinya motor adventure tak akan luput dari opsi yang tersedia. Segmen tersebut kini berkembang seiring dengan tingginya minat akan berpetualang dengan sebuah sepeda motor baik di dunia maupun Indonesia. Tak ayal, hal tersebut menjadi alasan Triumph Motor Indonesia merilis motor adventure premium new Tiger 1200 pada Rabu (29/06).

Tersemat Mesin Triumph Triple T-Plane

Hadir secara resmi untuk pasar Indonesia lewat seremoni di dealer resmi Triumph, Kemang, Jakarta Selatan, new Triumph Tiger 1200 hadir dalam varian GT Pro dan Rally Pro yang keduanya memiliki mesin tiga silinder (Triple T-Plane) 1.160 cc 12-valve DOHC liquid cooled. Mesin overbore dengan kompresi 13,2:1 tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 150 ps (148 bhp) @ 9.000 rpm dan torsi hingga 130 Nm @ 7.000 rpm. Besaran tenaga tersebut disalurkan ke transmisi 6-percepatan dengan assist & slipper clutch, dan langsung dihantarkan ke roda belakang lewat gardan.

“Kedua produk ini telah dirancang untuk menjadi sepeda motor petualangan berkapasitas besar yang gesit, dan mampu bermanuver secara lincah. Transformasi yang dilakukan pada motor ini akan memiliki kemampuan dan kinerja di aspal dan offroad yang paling dinamis dan menarik.” jelas Sapta Hariaji, Direktur Penjualan dan Pemasaran Triumph Motor Indonesia. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, kini Triumph Tiger 1200 2022 memiliki bobot kosong 245 kg termasuk tangki bensin sebesar 20 L.

Pilih On-Road Atau Off-Road?

Kedua varian yang berbeda tentu memiliki ciri khas-nya masing-masing, seperti pada Triumph Tiger 1200 GT Pro yang masih menggunakan spesifikasi velg cast wheel berdiameter 19” di bagian depan dan 18” di belakang walau sudah memiliki suspensi semi-aktif dari Showa. Sementara pada varian tertingginya yaitu Tiger 1200 Rally Pro, Triumph menyematkan velg jari jari dengan diameter 21” di depan dan belakang 18” untuk pertama kalinya dengan jarak main (travel) semi-aktif shock depan yang lebih panjang.

Kombinasi kinerja suspensi semi-aktif, velg jari-jari diameter besar, dan mode berkendara yang lebih banyak (Offroad Pro), membuat Triumph Tiger 1200 Rally Pro menjadi motor dengan kapabilitas medan offroad yang lebih baik. “Hadirnya dua pilihan Tiger 1200 ini akan menjadi pengantar para bikers yang hobi berkendara jarak jauh sesuai dengan kondisi medan jalan di Indonesia. Bobot yang enteng, lebih ringan sekitar 25 kg dari generasi sebelumnya dan 17 kg dari motor lain sekelasnya dengan didukung handling mantap menjadi salah satu kelebihannya,” ucap Yudi Yulianto, Direktur Teknis Triumph Motor Indonesia.

Dirinya juga menambahkan bahwa hal tersebut membuat postur Triumph Tiger 1200 terbaru tidak mengintimidasi pengendaranya hingga dapat meningkatkan kenyamanan saat digeber. Tertarik meminangnya? Untuk Triumph Tiger 1200 varian GT Pro dibanderol Rp 757 juta (Off) sementara Rally Pro dibanderol Rp 778 juta (Off).

Read Prev:
Read Next: