Resmi IPO, Saham Porsche Akan Tersedia di Bursa Efek Jerman Pada Awal Oktober

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Resmi IPO, Saham Porsche Akan Tersedia di Bursa Efek Jerman Pada Awal Oktober
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat ini Anda mungkin belum memiliki dana untuk memiliki sebuah Porsche. Tapi, sebentar lagi anda bisa membeli “sebagian kecil dari hasil keuntungan dalam penjualan Porsche”. Produsen mobil asal Jerman tersebut resmi mengumumkan initial public offering untuk mendaftarkan 25 persen saham preferen di perusahaan di Bursa Efek Frankfurt. IPO seharusnya terjadi pada akhir September atau awal Oktober, sesuai rencana Porsche.

Harapan Porsche

Porsche percaya IPO bisa memberikan peningkatan kemandirian kewirausahaan menurut pengumuman itu. Porsche terus bekerja dengan Grup Volkswagen tetapi mengakhiri perjanjian transfer untung-rugi dengan perusahaan induk. “Ini adalah momen bersejarah bagi Porsche. Kami percaya IPO akan membuka babak baru bagi kami dengan peningkatan kemandirian sebagai salah satu produsen mobil sport paling sukses di dunia,” kata Ketua Porsche, Oliver Blume dalam pengumuman IPO.

Saham yang tersedia akan menjadi saham preferen non-voting. Ini berarti bahwa pemegang saham tidak akan dapat melakukan hal-hal seperti memilih dewan direksi. Akan ada penawaran umum kepada investor ritel di Jerman, Austria, Prancis, Italia, Spanyol, dan Swiss. Porsche berencana memiliki rasio pembayaran dividen 50% berdasarkan laba konsolidasi setelah pajak. Angka ini berasal dari dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham dalam kaitannya dengan laba bersih perusahaan.

Kondisi Keuangan

Secara finansial, Porsche memperkirakan laba atas penjualan 17 hingga 18 persen untuk tahun 2022. Tujuan jangka panjangnya adalah agar angka ini bisa melampaui 20 persen. Return on sales (ROA) yang didapatkan adalah rasio laba operasi dibagi dengan penjualan bersih (net sales). Angka yang dihasilkan akan menawarkan wawasan tentang seberapa efisien perusahaan berjalan dengan angka yang lebih tinggi sehingga bisa menjadi lebih baik.

Target Porsche saat ini adalah 80% dari penjualan mobilnya menjadi EV pada tahun 2030. Model-model yang sedang dikembangkan termasuk Porsche Macan EV, SUV 7-seater baru diatas Porsche Cayene, dan Porsche Taycan generasi kedua. Menurut rumor baru-baru ini, Porsche sedang mengembangkan Porsche Panamera EV yang bahkan akan lebih besar dari Taycan. Model ini diduga masih sangat awal dalam pengembangan dan mungkin tidak akan tiba hingga akhir tahun ini.

Read Prev:
Read Next: