Rem Parkir Rentan Karat, Mazda Recall Ratusan Ribu Mobil

by  in International&Mazda
Rem Parkir Rentan Karat, Mazda Recall Ratusan Ribu Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Ada yang punya Mazda yang rem parkirnya masih mekanikal? Pernah ada gejala aneh di rem parkirnya? Ada baiknya untuk diperiksakan segera, sebab Mazda Amerika Utara sudah resmi melaksanakan recall terhadap 227.814 mobil Mazda yang rem parkirnya bermasalah. Cukup banyak bukan? Model yang terkenal recall ada 2, yakni Mazda 3 sedan/hatchback dan Mazda 6 sedan/estate.

Masalah yang menghantui adalah komponen aktuator yang rentan terhadap karat. Diperkirakan, karena masih adanya celah yang cukup untuk dimasuki air di sekitar kaliper rem belakang, aktuator tersebut jadi lebih mudah berkarat. Kalau sudah berkarat, kinerjanya tidak bisa maksimal, baik dalam mengunci rem ataupun melepas rem.

Kasus yang mungkin terjadi adalah rem parkir masih mengunci saat mobil jalan atau rem parkir malah longgar saat mobil dalam kondisi parkir. Kedua kasus tersebut tentu saja berbahaya, namun untungnya belum ada laporan kecelakaan yang disebabkan masalah rem parkir di Mazda 3 dan Mazda 6. Model Mazda 3 dan Mazda 6 yang kena recall adalah model yang dibuat di Jepang dan Meksiko.

Lebih tepatnya, Mazda 3 yang kena adalah yang dibuat selama 6 Januari 2014 hingga 2 September 2016. Untuk Mazda 6, adalah yang dibuat tahun 25 Oktober 2012 hingga 1 Desember 2014. Mazda sudah melayangkan surat untuk konsumennya, dan perbaikan siap dimulai pada pertengahan Agustus. Kalau komponen aktuatornya masih bagus, bagian pelindung aktuator itu akan diganti dengan yang lebih bagus dan rapat, sehingga air tidak mudah masuk.

Lain cerita kalau aktuatornya sudah berkarat. Nantinya, teknisi akan mengganti seluruh kaliper rem belakangnya dengan yang baru. Bagaimana dengan Mazda CX-5 yang masih satu basis dengan Mazda 6? Belum ada beritanya sih, tapi sejauh ini, model Mazda yang kena hanya yang model rem parkir biasa saja, yang model rem parkir elektrik belum terdeteksi kena masalah tersebut. Nah, tak ada salahnya mengecek Mazdamu ke bengkel untuk hal ini.

Read Prev:
Read Next: