Mercedes-AMG Akan Perkenalkan ’53 Models’, Penengah 43 dan 63

Mercedes-AMG Akan Perkenalkan ’53 Models’, Penengah 43 dan 63
0  komentar

AutonetMagz.com – Untuk maniak muscle car Jerman buatan Mercedes Benz dan AMG, di mata mereka AMG sejati adalah AMG yang punya 2 angka. Jadi, buat yang punya C250 AMG Line atau E300 AMG Line, jangan ngaku-ngaku kalau itu AMG sejati. Itu hanyalah dandanan ala AMG atau kasarnya, AMG looks only. Mobil seperti C63, E63, S63 dan G63 itu baru AMG sejati, tipikal muscle car monster buatan Mercedes-AMG.

Di samping model-model berangka 63, Mercedes-AMG masih ingin memperluas barisan model performa tinggi mereka. Maka dari itu, hadirlah Mercedes-AMG 43 Models yang saat ini terdiri dari C43, E43, GLC43 dan lain-lain. Mercedes-AMG 43 Models memakai mesin V6 twin turbo dan penggerak AWD 4MATIC, sementara 63 Models lebih liar dengan mesin V8 twin turbo (V12 buat Mercedes-AMG S65), sementara penggeraknya ada yang RWD atau AWD.

Namun baik Mercedes maupun AMG cukup pintar melihat celah. Setelah membuat ricuh dengan rumor hypercar hybrid bermesin F1 yang makin dekat ke waktu peluncurannya, seorang sumber dari Mercedes-AMG berbicara kepada Wheels kalau akan ada model baru bernama “53 Models”, alias Mercedes-AMG dengan angka 53. Secara nomenklatur, jelas ia akan menjembatani antara 43 Models dan 63 Models. Cerdas, sangat cerdas.

Untuk Mercedes-AMG 53 Models, orientasinya tetap performa tinggi, namun disokong dengan mesin yang amat beda dibanding 43 dan 63. Buat 53, mesin yang dipakai adalah mesin 3.000 cc inline 6 twin turbo yang dibantu oleh sistem mild hybrid. Ya, mild hybrid, yang berarti mobil ini tidak dirancang untuk berjalan dengan tenaga listrik saja. Lalu, apa tugas sistem hybrid di Mercedes-AMG 53 nanti?

Tugasnya sama seperti sistem KERS di F1, yakni menyimpan energi yang biasanya terbuang saat deselerasi dan pengereman, lalu dimuntahkan untuk memberi dorongan instan saat dibutuhkan. Total tenaga Mercedes-AMG 53 Models diperkirakan sekitar 430 hp, di mana sekitar 70 hp disumbang oleh mesin listrik. Lumayan kontras dibanding Mercedes-AMG 43 models yang “hanya” 396 hp.

Model pertama yang akan memperoleh kehormatan menyandang angka 53 adalah Mercedes Benz CLS generasi ketiga nanti, yang pastinya akan dinamai Mercedes-AMG CLS53. Setelah CLS, model lain macam E-Class, GLE dan GLE Coupe diperkirakan akan mengikuti jejak yang sama. Hm, padat sekali ya kelas performance dari Mercedes Benz, dari hatchback sampai hypercar penuh semua. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: