Rem Blong? Ini Kiat-Kiat Menghadapinya Menurut Yamaha STSJ

by  in  Berita & Merek Motor & Mobil Baru
Rem Blong? Ini Kiat-Kiat Menghadapinya Menurut Yamaha STSJ
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebenarnya, setiap pengendara diharuskan untuk melakukan pengecekan kondisi kendaraan sebelum bepergian. Hal ini penting agar dapat mengurangi resiko yang tidak diinginkan selama perjalanan. Salah satunya adalah melakukan pengecekan pada sistem pengereman. Pastikan agar kondisi dan fungsi rem dalam keadaan optimal agar tidak terjadi hambatan karena pengereman merupakan salah satu pusat pengendali pada kendaraan.

Penyebab dan Langkah Awal

Namun, bagaimana jika kita dihadapkan dalam kondisi rem blong? Apa yang perlu di lakukan ketika berhadapan pada situasi tersebut? Pada umumnya, penyebab dari rem blong adalah kondisi kampas rem yang sudah aus atau suhu rem yang terlalu panas. Hal tersebut memicu terjadinya pengereman yang tidak optimal. Maka dari itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pengendara yang menghadapi situasi dan kondisi tersebut.

Langkah pertama, jauhkan kendaraan dalam kondisi yang ramai. Segera cari tempat yang sepi dan luas serta menurunkan kecepatan guna menghindari kecelakaan. Alternatif lain, carilah jalanan yang menanjak agar laju kendaraan bisa semakin pelan dan bisa berhenti dengan sendirinya. Pada kondisi ini, berikan tanda pada pengendara lain agar dapat mengatur jarak dan meminimalisir kecelakaan yang bisa terjadi. Pertanda dapat diberikan melalui suara klakson atau lampu hazard.

Jangan Kosongkan Gas!

Jangan mengosongkan gas, terlebih pada motor dengan sistem persneling otomatis (matic). Jika gas dikosongkan, maka motor akan cenderung melaju dan tak terkendali. Maka dari itu, pastikan agar kendaraan anda tetap di gas walaupun dengan tarikan yang kecil. Penggunaan engine brake yaitu dengan menarik sedikit tuas gas dapat membuat RPM meninggi dan engine brake akan menahan laju kendaraan. Ketika gas ditahan, motor akan mendapatkan engine brake seperti motor sport atau bebek.   

Segera ganti kampas rem atau cakram jika dihadapkan pada sudah dihadapkan pada kondisi seperti ini. Bawalah kendaraan ke bengkel untuk melakukan perawatan dan penggantian komponen agar kendaraan anda tetap dalam kondisi prima. Jangan lupa mengecek kondisi rem kendaaraan anda ya! segera lakukan pengecekan bila dirasa ada yang kurang beres.

Read Prev:
Read Next: