Regulator Belanda Hukum Denda Volkswagen 7 Miliar Rupiah

Regulator Belanda Hukum Denda Volkswagen 7 Miliar Rupiah
0  komentar

AutonetMagz.com – Volkswagen nampaknya masih belum keluar dari bayang – bayang kesalahan mereka terkait mobil – mobil diesel mereka di masa lalu. Ya, dana yang sangat besar sudah digelontorkan oleh pabrikan asal Jerman ini untuk memperbaiki kesalahan mereka atas skandal dieselgate yang menyeruak beberapa tahun terakhir ini. Dan kini, pihak Volkswagen kembali berurusan dengan denda.

Regulator di Belanda, yaitu Otoritas Konsumen dan Pasar (ACM) menjatuhi hukuman berupa denda kepada pihak Volkswagen karena melakukan penyesatan kepada konsumen dalam hal membeli mobil diesel produksi mereka di rentang tahun 2009 hingga tahun 2015. Ya, masalah ini jelas terkait dengan skandal dieselgate yang menjangkiti Volkswagen secara global. Pihak ACM sendiri menyatakan bahwa penggunaan perangkat lunak khusus untuk mengakali hasil uji emisi dari mobil – mobil Volkswagen yang dijual di Belanda merupakan suatu tindak penipuan.

Oleh karena itu, pihak Volkswagen harus menerima denda yang dijatuhkan kepadanya, yaitu sebesar 450.000 Euro, atau jika diuangkan sebesar 7,2 miliar Rupiah. Angka ini sendiri merupakan angka maksimal yang dapat dikenakan, karena pihak ACM sendiri mengatakan pada hari Selasa, 28 November 2017 lalu bahwa pihak Volkswagen telah keliru mengiklankan produk mobil dieselnya sebagai produk yang ‘Ramah Lingkungan’, namun sejatinya tidak. Tentunya denda ini akan memperpanjang catatan buruk dari Volkswagen yang sebenarnya sudah insaf dari kesalahan mereka, dan mencoba bangkit lagi di tahun ini.

Sejauh ini Volkswagen sendiri telah mengakumulasikan dana sebesar 30 Milyar US Dollar untuk perkara dieselgate ini, tentunya bukanlah angka yang kecil, karena dari data Interbrand Best Global Brand 2017, merk VW sendiri hanya berharga sepertiga lebih sedikit dari total dana tersebut. Namun ada dana lain yang jumlahnya lebih besar, yaitu 22,8 Milyar Euro dan 50 Milyar Euro yang disiapkan oleh pihak Volkswagen untuk masa depan mereka, yaitu untuk pengembangan mobil masa depan dan juga pengembangan baterai untuk mobil listrik dan mobil hybrid.

Ya, kita tak tahu seberapa panjang buntut dari masalah dieselgate ini, toh buktinya sampai sekarang masih berlanjut. Namun dengan insafnya Volkswagen, dan juga penjualan yang sudah membaik di tahun ini, nampaknya Volkswagen sudah mulai bisa move on walau tantangan masih datang satu per satu seperti denda dari regulator Belanda ini. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: