Hah, Produksi VW New Beetle Akan Di Stop Pada Tahun 2018?

by  in International&VW
Hah, Produksi VW New Beetle Akan Di Stop Pada Tahun 2018?
0  komentar
VW-Beetle

AutonetMagz.com – Terpikirkah anda bahwa sebuah produk retro yang dengan sejarah panjang dan membawa nama besar pada mereknya terpaksa dihentikan. Yup hal ini sepertinya akan dilakukan Volkswagen pada model legendarisnya VW New Beetle, dikatakan model ini akan berakhir pada akhir tahun 2018 dan segera digantikan oleh crossover yang pasarnya sedang berkembang baik.

Pernyataan yang menuai kekecewaan banyak pihak ini disampaikan oleh media Autoline melalui akun Twitternya. Penyampaiannya cukup simpel : “Good bye Beetle, VW berniat untuk menghentikan produksi mobil ikonik ini pada akhir tahun 2018. Penjualannya lambat dan begitu kecil selain itu VW lebih membutuhkan CUV.” Pesan ini cukup singkat namun sempat menjadi bahan perbincangan pengguna VW khususnya penggemar mobil kepik ini.

Volkswagen iBeetle

Info ini sendiri belum dikonfirmasi oleh pihak VW, namun dengan kata kunci penjualan New Beetle yang sempat tertatih-tatih menjadi pertanyaan. Padahal VW sendiri sudah berupaya keras meningkatkan variasi dan tampilan New Beetle dengan meluncurkan versi Dune dan versi Denim. Namun melihat persaingan ketat dari mobil retro lain dan perbandingan populasinya, memang sedikit masuk akal jika VW mengambil keputusan tersebut.

Masih dari info yang sama, nantinya pada akhir 2018, unit terakhir yang akan menutup line produksi New Beetle akan menyematkan edisi khusus 21st anniversary sejak namanya direvisi. Namun bukan hanya New Beetle saja yang akan merasakan langkah discontinue ini, Polo 3-pintu pun juga akan segera menutup line produksi juga.

VW-Beetle-Denim-2016-rear

Setelah model ini diperkenalkan pada tahun 2011 yang lalu, Generasi kedua Beetle ini tidak mendapat popularitas yang serupa dengan New Beetle yang diluncurkan tahun 1998. Tentu saja penjualannya bagai langit dan bumi jika dibandingkan dengan VW Type 1 Original atau yang biasa kita sebut VW Kodok. Sayang sekali ya padahal desain generasi ini tidak jelek menurut kami, selain itu desain ini juga melibatkan tangan dingin anak bangsa Indonesia, Chris Lesmana. Bagaimana menurut anda? Sampaikan komentar anda di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    sori, ya, Chris Lesmana, rancangan beetle ente memang bagus, cuma zaman sekarang bentuk beetle udah kurang relevan, sih, mana SUV sedang meraja lela lagi. mending ambil 911 atau merawat beetle antik aja sekalian.

    • nusantara nusantara

      iconic sih, mobil sekarang dituntut selain aman, praktis tapi banyak fitur, hemat tapi biasa diajak kenceng, lapang tapi dimensi gak klewat besar, klo di Indonesia ditambah 7 seater

      • Aryo Wicaksono

        oh, iya, untung aja volkswagen up di Eropa sana masih laku keras sampai toyota passo tiru muka volkswagen up habis-habisan.

    • Indra

      Namanya ikonik, yg beli itu biasanya orang2 yg fanatis sama model semacam MINI, VW Beetle, dll, atau yg pingin tampil beda, seakan mirip model yg lama tapi kyk sekarang sudah lebih besar bodinya. Mungkin VW anggap penjualannya dibawah target, sehingga model seperti Beetle mesti discontinue, dan fokus pada tren global saat ini, contohnya ada VW Tiguan, SUV VW ukuran XL utk pasar Amrik, Compact SUV berbasis Polo, dll.

      • Aryo Wicaksono

        padahal daripada susah bawa mobil segede gaban mending nyetir beetle yang relatif lebih kecil ini.

        • haikal fahmi almaidani

          Yup. Betul. Bawa Beetle itu enak, walaupun secara dimensi sebenarnya tdk terlalu kecil2 amat. Saya juga pernah nyoba yg versi jadulnya, alias VW Kodok punya paman saya. Sampe sekarang mobilnya masih ada kok. Rasa klasiknya ada. Retro abis.

    • yah lebih ke arah VW lagi saving duit karena kasus dieselgate. bentuknya masih bisa dibangun lebih cantik lagi kok.

      Cuma memang aliran new beetle ini agak lain dari mobil retro umumnya yang eye catchy. ini lebih ke arah simpel ibarat sebuah iphone. mungkin itu yang membuat orang kurang tertarik dengan mobil ini karena tidak terlalu menarik perhatian di jalan.

      • Aryo Wicaksono

        oh iya yah ada dieselgate, terus terakhir masih tegang antara direksi dengan Serikat pekerja volkswagen sampai dulu pesawat operasional volkswagen airbus a380 dijual.

        • haikal fahmi almaidani

          Oh iya. Dieselgate itu, prahara yg akan terus diderita oleh VW seumur hidupnya.

          • Aryo Wicaksono

            nggak juga sih. toyota bisa keluar dari masalah “throttle by wire” nyangkut di putaran mesin tinggi. sekarang siapa yang ingat coba, padahal nggak sampai gonta-ganti direksi, tuh. di dalam volkswagen tuh terlalu banyak masalah politik. sekarang kasus dieselgate udah kelamaan, udah nggak lucu lagi. ayolah, volkswagen bersatu, biar masalah cepat beres.

          • haikal fahmi almaidani

            Toyota pernah kena kasus throttle by wire?
            Kapan itu, mas?
            Saya baru tau tentang hal ini.

          • Aryo Wicaksono

            mobil toyota dan lexus dari tahun 1999 sampai 2010 beberapa tipe punya masalah itu, Bang, tapi kan udah beres, jadi banyak orang udah lupa. toh bos toyota tetap Akio Toyoda, nggak kayak volkswagen sekarang ganti dari Ferdinand Piech, ke Martin Winterkorn, sampai sekarang Mathias Mueller nggak beres-beres malah tambah berantem.

          • haikal fahmi almaidani

            Oooo… begitu rupanya.
            Hmmm…. sungguh sangat disayangkan ya melihat VW sekarang ini.
            Padahal VW ini brand mobil Eropa favorit saya. Dibandingkan Mercy, BMW, Ferarri, dan mobil2 Eropa lain, saya lebih suka VW (meskipun tdk sampai dalam kadar level FANBOY). Karna VW itu simpel.

    • Rockmeo

      Coba beetle nya dibuat versi CUV mungkin laku deh

      • Aryo Wicaksono

        wah, ide bagus tuh. dune beetle atau baja beetle, ya.

        • Rockmeo

          Nama konsep ny beetle up
          Hahaha

  • 4×4

    selamat jalan sang iconic seharusnya yg punya sejarah panjang bisa d pertahankan..

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Setelah lancer, skrg VW kodok. Ya emang pada butuh SUV sih skrg

  • ekkyfir

    Mobil2 iconic dr beberapa merk skrg udh mulai ilang, skrg beetle ikut2an, karena arus pasar jg harus di stop
    Good bye beetle

  • Ronny Rasdyantoro

    cakep padahal, imut

  • haikal fahmi almaidani

    VW Beetle mau discontinue? Oh no!!! ABSOLUTELY NO!!! Sayang sekali.
    Itu kendaraan ikonik yang desainnya tak lekang dimakan zaman, seperti halnya Vespa, Jeep, dan MINI Cooper.

  • T_Boggard

    justru menurut saya untuk generasi ini desainnya kurang ikonik

  • gaps

    Karna kasus dieselgate yg berkepanjangan sepertinya bikin VW harus bener2 cutcost ya..termasuk ngorbanin line-up iconicnya mereka..
    Tp rasanya,pabrikan kalo terlalu ngikutin tren jd ga asik..ga punya keunikan yg bs dijual selain bersaing satu sm lain..

  • Iwan Haniyoto

    New VW Beetle gak murah menurut saya, barunya 500-600 jt kalo gak salah.
    Bekasnya sekarang yg tahun 2000-an sekitar 200 jt.
    Memang mobil iconik ini keren, tapi harga segitu jelas pangsa pasarnya kecil,
    apalagi jaringan sales servicenya di Indo sulit didapat, saya beberapa
    tahun terakhir ini jarang sekali melihat New VW Beetle meluncur di
    jalanan ibukota, malah lebih sering melihat versi lawasnya di jalanan.