Produksi Honda Brio di India Dihentikan, Kurang Laku!

by  in Berita&Honda&International
Produksi Honda Brio di India Dihentikan, Kurang Laku!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa hari lalu kami sudah sempat membahas mengenai perbedaan yang cukup kentara antara New Honda Brio yang ada di Indonesia, dan juga New Honda Brio Amaze di India sana. Lho? Kok bandingin-nya hatchback dengan sedan? Kan nggak apple-to-apple? Memang, namun kami membandingkan keduanya dari sisi ubahan, karena keduanya sejatinya adalah produk yang kurang lebih sama di generasi sebelumnya, dan faktanya di India belum ada wajah baru dari Honda Brio, setidaknya hingga hari ini.

Yap, ada sebuah harapan mengenai kemunculan Honda Brio terbaru di Negeri Bollywood tersebut dengan dihentikannya produksi dari mobil kecil Honda ini. Mengutip laporan dariET Auto, Pihak Honda di India telah menghentikan seluruh produksi dari Honda Brio di India sana, dan sangat sayang sekali, sementara ini pihak Honda India menyebutkan bahwa mereka tak tertarik untuk memperkenalkan generasi kedua dari small hatchback mereka ini. Lalu mengapa pihak Honda tak tertarik untuk menjual generasi kedua dari Honda Brio? Padahal mereka rela memasarkan New Honda Brio Amaze untuk pertama kali di dunia. Jawabannya ada pada penjualan. Yap, lain ladang lain juga belalangnya, dan lain negara, maka lain juga produk yang laku.

Pasar yang dihuni oleh Honda Brio sejatinya adalah pasar yang subur di India. Terbukti dengan moncernya penjualan Suzuki Ignis dan Hyundai Grand i10 di negeri tersebut. Namun berbeda dengan di Indonesia yang menempatkan Honda Brio di posisi dua besar penjualan terlaris, di India penjualan dari Honda Brio bisa dikatakan miris, bukan laris. Bahkan, dari rata – rata data penjualan bulanan di tahun ini, Honda Brio hanya mampu mencatatkan penjualan sebanyak 124 unit saja. Bahkan, bulan Oktober kemarin Honda Brio hanya mencatatkan 27 unit saja sepanjang bulan, jauh dari capaian di bulan yang sama untuk New Honda Brio di Indonesia yang mencapai 200% lebih banyak dari di India.

Padahal, di awal perkenalannya di tahun 2011 silam Honda Brio sempat mendapatkan respon yang positif dari publik India. Kala itu, Honda Brio mampu membukukan 5.000 unit pemesanan hanya dalam beberapa minggu saja. Namun gempuran dari duet Maruti Suzuki Swift dan Maruti Suzuki Ignis, serta produk dari Hyundai akhirnya memaksa pihak Honda untuk angkat tangan dengan penjualan dari Honda Brio. Nasib serupa sebenarnya sudah dialami oleh saudara terdekat Honda Brio, yaitu Honda Mobilio yang dihentikan produksinya pada bulan Maret 2017 silam karena masalah yang sama. Jadi, bisa dipastikan bahwa kemungkinan besar Honda Brio tak akan memiliki penerus di India setelah produksinya berhenti.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Memang benar ya, beda negara sangat beda seleranya satu sama lain. Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: