Porsche Mission E Cross Turismo : Panamera Listrik Jangkung Dikit

Porsche Mission E Cross Turismo : Panamera Listrik Jangkung Dikit
0  komentar

AutonetMagz.com – Kami merasa Porsche sudah cukup memiliki jajaran model crossover dengan adanya Cayenne dan Macan. Portfolio terkuat dan terbaik dari Porsche adalah mobil sport, namun mereka tetap harus menjaga kondisi finansial dengan menjual SUV yang pasarnya lebih luas, makanya ada Cayenne dan Macan. Panamera pun demikian, hadir untuk menjadi sedan mewah dengan cita rasa sporty yang khas Porsche plus level di atas trio full-size sedan Jerman lain. 

  

Untuk membuat Panamera lebih ramah buat penggunaan harian, maka muncul versi Sport Turismo yang bentuknya mirip estate atau malah shooting brake. Lalu, apa yang Porsche pikirkan saat merilis konsep Porsche Mission E Cross Turismo ini? Ia mirip dengan Panamera Sport Turismo, karena sama-sama berbentuk estate atau shootning brake, punya konfigurasi jok 4 buah, namun dengan ground clearance yang ditinggikan. Kami sih agak tidak sepakat, sebab apa Porsche mau meladeni Mercedes-Benz E400 4×4 squared? Cayenne dan Macan sudah cukup kok.

Jika tidak minat dengan konsepnya, kami rasa teknologinya akan menarik. Dibaptis sebagai shooting brake crossover sepanjang 4,95 meter, ia pakai penggerak AWD dan sistem kelistrikan 800V. Mobil ini juga dilengkapi headlight matrix LED ala Porsche dan fender guard layaknya crossover kekinian. Soal handling, ada Porsche Torque Vectoring dan Dynamic Chassis Control yang mengandalkan suspensi udara, diharapkan dapat membuat handling-nya tetap terjaga dengan baik. Semoga bisa mengakomodir posturnya yang meninggi dari Panamera Sport Turismo standar. 

Konsep soal masa depan nuansa kabin Porsche terpancar jelas di interiornya. Kesannya sangat futuristik dengan layar panjang dan teknologi tracking pergerakan mata, jadi ia bisa tahu mata pengemudi sedang melirik ke arah mana dan langsung memperjelas info panel instrumen yang ada di jangkauan pandang pengemudi. Sebagai Crossover Utility Vehicle (CUV), Porsche memastikan ia punya kabin luas dan bagasi yang fleksibel.

Karena ini adalah konsep mobil listrik, Porsche Mission E Cross Turismo ini pakai motor listrik dengan kekuatan gabungan setara 600 hp dan bisa lari dari 0-100 dalam 3,5 detik saja, bahkan bisa sampai 200 km/jam dalam waktu kurang dari 12 detik. Dengan pengisian daya hanya berkisar 15 menit saja, mobil konsep ini diklaim bisa menempuh 400 km jika baterainya penuh. Menurutmu, perlukah Porsche membuat mobil ini? Atau cukup dengan mereka buat Macan EV atau Cayenne EV saja? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: