Porsche Siap Meramaikan Kembali Formula 1 di 2021

by  in Berita&Motorsports&Porsche
Porsche Siap Meramaikan Kembali Formula 1 di 2021
0  komentar

AutonetMagz.com – Gemerlap dan panasnya persaingan balapan Formula 1 nampaknya berhasil menarik minat Porsche untuk kembali ke ajang balap jet darat tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh kepala keuangan Porsche bahwa mereka telah mengkonfirmasi akan probabiltas untuk kembali ke Formula 1 sebagai pemasok mesin di tahun 2021. Baru-baru ini wakil ketua dewan eksekutif Porsche, Lutz Meschke, serta anggota dewan keuangan Porsche sudah bertemu secara langsung dengan Ross Brawn dan para pimpinan Formula 1 di Italian Grand Prix beberapa waktu yang lalu.

Peluang bergabungnya kembali Porsche ke Formula 1 memang terbuka cukup lebar, hal ini dikarenakan Porsche baru saja menghentikan proyek LMP1 mereka di akhir musim ini. Hal tersebut mereka lakukan karena disebabkan oleh tidak sebandingnya pendapatan yang mereka terima dengan pengeluaran yang mereka keluarkan yang sebenarnya setara dengan pengeluaran biaya di Formula 1.

Porsche sendiri sebenarnya sudah membuat kepastian bahwa mereka akan turun di Formula E di musim 2019/2020, hanya saja nampaknya Porsche tidak cukup puas jika hanya berpartisipasi di satu perhelatan saja, keseriusan mereka untuk kembali ke Formula 1 mereka tunjukkan dengan mengirimkan perwakilannya untuk menghadiri pembahasan peraturan dan regulasi mesin F1 untuk musim 2021.

F1 bisa menjadi salah satu tempat yang tepat,” ujar Meschke dikutip dari Motorsport.com. “Seperti yang Anda tahu Formula E sangat penting bagi kami sekarang, namun F1 selalu menjadi topik yang tepat untuk dipikirkan. Dan saya pikir kami cukup banyak berdiskusi mengenai mesin baru ini” tambah Meschke. Menurutnya, sejauh ini mereka hanya berdiskusi seputar menjadi pemasok mesin, dan tidak ada rencana untuk membentuk sebuah tim sendiri.

Jika memang Porsche sudah memastikan minatnya untuk bergabung dengan Formula 1 sebagai pemasok mesin, lalu tim manakah yang akan dipasok mesin oleh Porsche? Di antara beberapa pilihan mitra tim yang mungkin ada adalah Williams, yang memiliki hubungan teknis dengan Porsche sebelum menjual divisi Hybrid Power. Red Bull pun bisa jadi, sebab mereka punya hubungan spesial dengan VW Group.

McLaren pun sebenarnya memiliki sejarah yang kuat dengan Porsche melalui kolaborasi turbo TAG mereka di tahun 1983-87, namun sayangnya kini McLaren dan Porsche sudah bersaing di jalanan. Bos komersial F1 Sean Bratches mengatakan bahwa bos baru dari Formula 1 akan senang dengan kehadiran Porsche di tahun 2021. “Pada akhirnya kami mencoba menciptakan platform dan lingkungan di mana lebih banyak produsen dan merek mesin dan tim masuk ke dalam olahraga ini dan menjadikannya proposisi bisnis yang menarik untuk melakukannya,” ucap Bratches.

“Sebagai individu yang menjalankan pemasaran dan pencitraan merek di F1, masuknya Porsche, yang merupakan merek balap warisan dalam olahraga kami, akan sangat dihargai” tutup Bratches. Semoga saja dengan kehadiran Porsche di Formula 1, tidak hanya akan sekedar meramaikan saja namun bisa membuat peta persaingan balapan Formula 1 menjadi semakin kompetitif dan menghibur. So, kita tunggu saja kiprah dari Porsche di Formula 1.

Read Prev:
Read Next: