Porsche 718 Boxster Spyder dan Cayman GT4 : Sweet Spot!

Porsche 718 Boxster Spyder dan Cayman GT4 : Sweet Spot!
0  komentar

AutonetMagz.com – Porsche selalu identik dengan mobil sport, dan mereka bukan mendapat citra itu dengan mudah. Merek asal Stuttgart ini selalu bisa menemukan formula pas untuk menjadikan sebuah mobil pantas disebut mobil sport dari segala aspek : Penampilan, mesin, performa, handling dan driving experience. Peluncuran dari model Porsche 718 Cayman GT4 dan 718 Boxster Spyder makin meyakinkan kami akan hal itu.

Keduanya sebenarnya mobil yang sama, yakni mobil sport bermesin tengah yang dibuat lebih pedas dan menantang. Selamat tinggal mesin flat 4 turbo, halo mesin 4.000 cc flat 6 non turbo yang identik dengan 911 GT3. Mesin itu punya kekuatan sebesar 414 hp dan torsi 420 Nm, jauh meningkat dari Cayman GT4 dan Boxster Spyder lama yang pakai mesin 3.800 cc. Untuk kedua model, transmisinya hanya ada manual di saat ini.

Ingatlah jika meski tanpa girboks PDK, Porsche 718 Cayman GT4 dan 718 Boxster Spyder bisa menyelesaikan 0-100 km/jam dalam 4,4 detik saja. Kecepatan puncak kedua model dibedakan, yakni 301 km/jam buat 718 Boxster Spyder dan 304 km/jam buat 718 Cayman GT4. Porsche juga sudah membawa 718 Cayman GT4 di Nurburgring, dan ia menorehkan waktu 10 detik lebih cepat daripada Cayman GT4 yang lama.

Untuk Porsche 718 Cayman GT4, Porsche menghilangkan spoiler belakang elektronik di 718 Cayman standar dan menggantinya dengan spoiler fixed biasa dengan ukuran yang membesar. Saat spoiler ini dibantu diffuser belakang besar, downforce 718 Cayman GT4 bisa naik 50% daripada yang lama. Porsche juga menyematkan front splitter plus ventilasi untuk membentuk tirai udara, yang konon diilhami oleh Cayman GT4 Clubsport.

Lain kisahnya untuk Porsche 718 Boxster Spyder. Spoiler belakang elektronik yang bisa naik-turun tetap ada, tapi atap kanvas yang bisa dibuka-tutup secara elektronik sudah hilang dan diganti mekanisme manual. Dek belakangnya punya desain double bubble plus diffuser di bumper belakang yang identik dengan saudaranya yang beratap normal. Kemudian, apa kabar bagian kabinnya?

Seperti yang bisa diperkirakan, Porsche membuang handle pintu standar dan menggantinya dengan loop melingkar untuk memberikan kesan enteng. Dominasi bahan alcantara bisa disimak jelas di sini, plus jahitan kontras yang bisa dipesan sesuai selera. Sport seat plus sudah jadi standar, plus setirnya kini sudah pakai racikan Porsche GT dan ada persneling short shift.

Porsche menyematkan sistem PASM pada keduanya sebagaistandar sehingga mereka lebih ceper 30 mm, dan stability control bawaannya sudah diutak-atik sedikit. Differensialbelakang dengan sistem torque vectoringjuga sudah ada, dan jika ingin merogoh kocek lebih dalam, bisa mempertimbangkanrem PCCB dengan kaliper putih. Aksesoris ekstra Clubsport Package yang mencakuproll bar, pemadam api dan sabukpengaman 6 titik rasanya sayang kalau tak dipilih. Apa opinimu? Sampaikan dikolom komentar!

Read Prev:
Read Next: