PSA dan FCA Resmi Umumkan Kemungkinan Merger

by  in Berita&Fiat&International
PSA dan FCA Resmi Umumkan Kemungkinan Merger
0  komentar

AutonetMagz.com – Perkembangan dunia otomotif jaman now memang cukup cepat, dan persaingan antar merk pun menjadi makin ketat sembari bertumbuhnya tren pasar baru. Nah, kondisi ini memang suka atau tidak, memaksa beberapa pabrikan otomotif untuk mencari rekan ‘join’ sehingga mereka bisa bekerja sama untuk keep up dengan perkembangan pasar. FCA dan PSA sendiri adalah dua grup otomotif yang berisikan beberapa merk ternama. Dan menariknya, keduanya membuka diri untuk melakukan merger.

Jadi, sebenarnya rumor merger antara pihak Peugeot S.A (Groupe PSA) dengan Fiat Chrysler Automobiles N.V. (FCA) sudah beredar sejak beberapa bulan silam. Malahan, sempat juga beredar rumor bahwa pihak Renault juga tertarik untuk merger dengan pihak FCA. Nah, kali ini kedua kubu, yaitu FCA dan PSA telah memberikan official statement mereka terkait rumor yang berkembang. Dalam rilis resminya, PSA menyebutkan bahwa mengikuti perkembangan yang ada dalam kemungkinan kombinasi bisnis antara pihaknya dan FCA, mapa pihak PSA mengkonfirmasi bahwa mereka sedang melakukan diskusi terkait hal tersebut.

Tujuannya jelas, yaitu untuk membangun sebuah aliansi baru yang akan memimpin pasar otomotif. Beberapa jam setelah statement resmi dari PSA, pihak FCA pun mengkonfirmasi hal yang sama. Sejak awal tahun 2019 ini, pihak PSA memang yang berinisiatif untuk mendekatkan diri kepada FCA, namun kabarnya pihak FCA awalnya menolak tawaran awal dari PSA. Lantas, setelah itu berkembanglah rumor merger antara pihak FCA dengan Renault, yang akhirnya juga gagal karena tidak mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Perancis yang masih memegang 15% saham di Renault.

Jika diskusi antara FCA dan PSA menemui titik temu, dan akhirnya keduanya melakukan merger, maka keduanya akan menjelma menjadi sebuah entitas yang sangat layak dipertimbangkan di dunia otomotif. Gabungan antara FCA dan PSA sendiri tahun 2018 kemarin mampu menghasilkan penjualan sebanyak 8,7 juta Unit mobil yang terjual. Angka tersebut sudah mengalahkan GM yang ada di angka 8,4 juta unit di tahun yang sama, tetapi belum mampu melewati Toyota dan Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, dan VW Group.

Namun secara tak langsung, gabungan keduanya membuat aliansi baru yang berada di 4 besar penjualan mobil paling laris di dunia. Jadi, kalau menurut kalian bagaimana? Apakah sepantasnya FCA dan PSA bersatu?

Read Prev:
Read Next: