Pertarungan Mitsubishi Xpander Dalam Segmen MPV Indonesia

by  in Berita&Mitsubishi
Pertarungan Mitsubishi Xpander Dalam Segmen MPV Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu, skema multi-purpose vehicle (MPV) di Indonesia dikagetkan oleh kedatangan sosok kontender baru dari sisi Mitsubishi. Dengan berbasis desain Mitsubishi XM Concept, hadirlah Mitsubishi Xpander yang surprisingly hampir menyerupai bentuk konsepnya. Alhasil kemunculan perdananya secara global membuat banyak kalangan masyarakat penasaran dengan Xpander yang memiliki Dynamic Shield trademark khas Mitsubishi ini.

Mitsubishi Xpander Dan Takhta Segmen MPV

Sudah genap empat tahun Mitsubishi Xpander bertarung dalam segmen MPV yang terkenal cukup panas. Baru empat bulan sejak kemunculan perdananya, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatatkan total penjualan Mitsubishi Xpander sebanyak 13.070 unit (September – Desember 2017). Angka itu terus melesat hingga pada akhir 2018 lalu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil mencatatkan penjualan Xpander hingga menyentuh 75.075 unit untuk pasar Indonesia.

Pencapaian tersebut cukup membuat sang raja MPV Indonesia, Toyota Avanza, sempat harus merelakan takhta-nya pada Mitsubishi Xpander. Terlebih Xpander sering mendapatkan penghargaan dari beberapa media otomotif seperti Car of the Year 2018, Best of the Best MPV 2018, dan Best of Small MPV 2018 membuat masyarakat semakin yakin untuk meminang Xpander. Walau sayang dikarenakan pandemi COVID-19 yang membuat penjulannya turun drastis dari 62.666 unit (2019) menjadi hanya 26.362 unit (2020) yang akhirnya membuat takhta MPV kembali kepada Toyota Avanza.

Penjualan Berangsur Pulih Berkat Insentif PPnBM

Walaupun terpuruk pada 2020 lalu, penjualan Mitsubishi Xpander berangsur pulih tahun ini berkat implementasi diskon PPnBM yang membuat angkanya kembali naik hingga 38.096 unit. Hingga saat ini berdasarkan data Gaikindo, PT MMKSI berhasil menyebarkan total 215.269 unit Xpander di seluruh Indonesia. Eits, tapi itu belum ditambahkan dengan jumlah ekspornya per Januari – September 2021 sebanyak 37.222 unit. Yup, Mitsubishi Xpander kini dinikmati oleh masyarakat di 32 negara lainnya loh.

Tetsuhiro Tsuchida selaku Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI menyebutkan bahwa awalnya Xpander khusus di-desain sesuai permintaan pasar Indonesia dan di-ekspor ke 30 negara saja. “Kita selalu meminta Indonesia jadi pasar yang utama untuk Xpander. Kalau Pajero Sport kan global model, Indonesia permintaan Pajero Sport memang tinggi tapi hal itu tidak akan terjadi di Xpander karena sudah konsensus dari MMKSI dan pabrik di sana juga bahwa Indonesia yang utama,” ujarnya Agustus 2021 lalu seraya mengucapkan bahwa pengembangan Xpander ke depannya untuk Indonesia tetap di-prioritaskan. Uhuk Mitsubishi Xpander facelift uhuk.

Seperti yang diketahui, gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 sebentar lagi akan dihelat. Segmen MPV akan kembali memanas dikarenakan hadirnya ‘senjata andalan’ Toyota Daihatsu dengan Avanza – Xenia generasi terbaru serta Hyundai yang digadang-gadang merilis Stargazer pada gelaran GIIAS 2021. Beredarnya foto spyshot Mitsubishi Xpander facelift di jagat medsos serta dunia maya membuat kami dan mungkin saja anda bertanya-tanya. Apakah Mitsubishi Xpander facelift akan tetap memberikan persaingan sengit dalam segmen MPV di Indonesia? Berikan komentar terbaikmu pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: