Permintaan Naik Gaji Diacuhkan, Karyawan Porsche Ancam Mogok

by  in Porsche
Permintaan Naik Gaji Diacuhkan, Karyawan Porsche Ancam Mogok
0  komentar

AutonetMagz.com – Para pekerja di pabrik Porsche yang berada di Zuffenhausen sedang bersiap untuk segera meninggalkan pekerjaan minggu ini, karena belum diresponnya tuntutan kenaikan gaji dari serikat buruh besar Jerman, IG Metall. Serikat pekerja IG Metall mendorong staff untuk tidak bekerja dalam satu jam dalam minggu ini karena memerlukan kenaikan enam persen untuk sekitar 3,9 juta pekerja di sektor logam dan teknik, yang mencakup industri mobil Jerman.

Ini juga termasuk permintaan minggu kerja yang lebih pendek. Hal lainnya adalah, pekerja cenderung merespons saat IG Metall bertindak.”Sikap para pengusaha saat ini adalah sebuah provokasi untuk para pekerja,” kata kepala dewan pekerja Porsche, Uwe Hueck dalam sebuah pernyataan. “Industri logam dan teknik belum pernah menghasilkan begitu banyak keuntungan. Makanya hanya ada satu respon yang tepat: Peringatan mogok kerja.”

Aksi mogok kerja belum dipenuhi dengan dukungan universal. Pengusaha merasa bahwa tuntutan kenaikan gaji yang ditagih cukup berlebihan, dan telah menawarkan kenaikan sebesar 2% bersamaan dengan pembayaran satu kali di bawah £200 (3,6 juta Rupiah) sebagai kompromi. Suedwestmetall, sebuah lobi pengusaha yang berbasis di Baden-Wuerttemberg bersama Porsche, Daimler dan pemasok komponen Robert Bosch mengumumkan rencana mogok tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka akan menambahkan tekanan yang tidak perlu untuk perundingan mendatang.

Fakta bahwa karyawan telah meletakkan pekerjaan mereka sebelum peringatan aksi mogok yang direncanakan pada tanggal 8 Januari kemarin tidak bertanggung jawab dan memberi beban yang tidak perlu untuk perundingan lebih lanjut,” kata Managing Director Suedwestmetall, Peer-Michael Dick. Negosiasi gaji berikutnya telah diajukan untuk hari Kamis ini, namun aksi mogok akan dilakukan pada hari-hari menjelang pemberlakuan.

Bukan hanya Porsche saja kok yang kena. Pekan lalu, ada sekitar ratusan pekerja di Lower Saxony keluar dari sejumlah pabrik, termasuk Bosch, untuk mendukung tuntutan kenaikan gaji mereka. FYI, dengan mogoknya para karyawan Porsche, produksi mobil seperti 718 Boxster dan 911 terancam mengalami penundaan. Rupanya masalah buruh bisa menyerang produsen Jerman ini juga ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: