Perjalanan Nissan Livina Dari Masa Ke Masa Menuju 2019

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Perjalanan Nissan Livina Dari Masa Ke Masa Menuju 2019
0  komentar

AutonetMagz.com – Bocoran mengenai sosok yang kuat diduga sebagai All New Nissan Livina 2019 sedang hangat diperbincangkan mulai kemarin. Dan hal serupa memang menjadi hal yang wajar jikalau sang mobil memang mendekati waktu peluncuran. Nah, kali ini kami akan membahas khusus mengenai bagaimana perjalanan dari LMPV milik Nissan ini dari masa ke masa. Format semacam ini sudah sempat kami angkat saat kami membahas sosok Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Jadi, kini gilirannya Nissan Grand Livina, atau ke depannya akan kita kenal sebagai Nissan Livina, Cekidot.

Awal Mula Hadirnya Nissan Livina

Nah, kalau kalian pernah mendengar nama Nissan Note, atau melihat sosoknya, sejatinya mobil tersebut punya hubungan dekat dengan Nissan Livina ataupun Nissan Grand Livina. Nissan Livina pertama kali diperkenalkan di China, dan merupakan buah tangan dari Dongfeng Nissan. Sosoknya muncul pertama kali di Guangzhou Motor Show 2006 silam dengan basis dari Nissan Note generasi pertama. Jika kita mengenal bahwa Nissan Livina adalah versi pendek (5 seater) dan Nissan Grand Livina adalah versi panjang (7 Seater), maka agak sedikit berbeda di negara – negara lainnya.

Nissan Livina hatchback dikenal dengan nama Nissan Livina Urban ataupun Nissan Livina Sport, sedangkan versi panjangnya dikenal dengan nama Nissan Livina Geniss ataupun Grand Livina. Nah, di Indonesia sendiri Nissan Livina dan Grand Livina diperkenalkan pada tanggal 5 April 2007. Ada 2 opsi mesin kala itu, yaitu mesin 1.500cc dan mesin 1.800cc yang dicomot dari Nissan Latio. Untuk trim, kala itu trim mobil ini ada SV, XV, dan Ultimate, dimana nantinya ada trim lain seperti trim S sebagai versi termurah, dan trim HWS sebagai versi termahal. Selain Indonesia, dan China, Nissan Livina dan Grand Livina juga diproduksi di beberapa negara lain seperti Malaysia, Filipina, Brazil, Taiwan, dan Thailand.

Perjalanan Generasi L10

Nah, Nissan Livina dan Grand Livina generasi pertama memiliki kode body L10, dan kehadirannya sukses menjadikannya sebagai opsi ‘lain’ bagi konsumen yang ingin memiliki LMPV namun punya rasa berkendara yang lebih nyaman khas sebuah sedan. Pada tahun 2008, pasar otomotif di Indonesia sedang diramaikan dengan segmen baru yaitu crossover, salah satunya ditandai dengan kehadiran Suzuki SX-4. Dan NMI selaku APM dari Nissan di Indonesia pun berkreasi dengan Nissan Livina, lalu muncullan Nissan Livina X-Gear sebagai versi crossover, walau ala – ala saja. Sedangkan di 2009, sempat ada varian terbatas yaitu 1.5 Ultimate yang akhirnya dijadikan varian tetap di 2010.

Varian tertinggi yaitu varian Highway Star alias HWS pun diperkenalkan di pertengahan 2010, dan menjadi awal digunakannya velg dual tone di mobil ini. Namun opsi HWS hanya ada di versi 1.8 saja, sedangkan tipe 1.5 HWS baru muncul di penghujung 2010. Di 2011, pihak NMI memberikan penyegaran pada Nissan Livina dan Grand Livina, dan ada satu tipe yang dihapus yaitu 1.8 XV. Sedangkan tipe tertinggi digeser menjadi tipe HWS Autech. Dan di tahun 2012, tipe 1.8 Ultimate yang makin terdesak oleh tipe HWS dan HWS Autech pun harus rela dikampakkan.

Suksesor Berikutnya, Generasi L11

Setelah hampir 7 tahun tak mendapatkan generasi terbaru, akhirnya pihak Nissan pun memberikan versi terbaru dari Nissan Livina dan Grand Livina. Dan sekali lagi, Nissan China-lah yang memperkenalkan sosok Nissan Livina dan Grand Livina yang dikenal dengan kode body L11 di Shanghai Industry Exhibition 2013 pada bulan April 2013. Nissan Livina dan Grand Livina L11 pun diperkenalkan di Indonesia sebulan setelahnya, dengan mengusung wajah baru, buritan baru, transmisi CVT, dan juga mesin yang lebih advance dengan dual CVTC. Nah, sayangnya, di generasi L11 ini jugalah sosok Nissan Livina versi pendek menemui akhir masa baktinya di Indonesia.

Sempat dijual sebentar, Nissan Livina baik tipe biasa maupun X-Gear pun akhirnya harus dihentikan penjualannya. Sejak saat itulah, hanya Nissan Grand Livina yang dipasarkan di Indonesia, termasuk tipe X-Gearnya. Di 2014, pihak NMI kembali memperkenalkan Nissan Grand Livina HWS Autech sebagai versi tertinggi, Dan di tahun 2018 kemarin pihak Nissan kembali memperkenalkan tipe SV dan XV Special Version yang mendapatkan aero kit dan LED DRL. Sedangkan di bulan pertama tahun 2019 kemarin, pihak NMW telah resmi menghentikan peroduksi dari Nissan Grand Livina L11, dan bersiap berganti Model.

Era Baru Bersama Mitsubishi

Yap, sampai disinilah posisi kita saat ini, yaitu menantikan sosok Nissan Livina Generasi terbaru alias All New Nissan Livina. Jika mengacu pada bocoran yang viral kemarin, Ubahan masif diberikan Nissan pada wajah depan All New Nissan Livina 2019. Memang, kesan Mitsubishi Xpander masih kuat di mobil tersebut, namun kami justru merasa bahwa tampilan depan All New Nissan Livina 2019 terlihat lebih luwes, cocok untuk mereka yang suka dengan desain mobil yang ‘aman’ dan ‘timeless’. Nah, kabarnya, All New Nissan Livina 2019 akan segera diperkenalkan, dan masuknya LMPV baru Nissan ini jelas menjadi tantangan tersendiri bagi para rival.

Akankah All New Nissan Livina 2019 mampu menyamai kesuksesan dari Mitsubishi Xpander? Bisa iya, bisa tidak. Tergantung bagaimana pihak NMI nantinya menggodok strategi pemasaran mobil ini, plus bagaimana penerimaan masyarakat. Kalau prediksi kalian, dari nol sampai 100, berapa besar peluang All New Nissan Livina 2019 untuk bisa menggebrak pasar? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: