Motor Jawa 350 Bakal Menyapa India Dibantu Mahindra

Motor Jawa 350 Bakal Menyapa India Dibantu Mahindra
0  komentar

AutonetMagz.com – Meski nama mereknya Jawa, bukan berarti motor ini motor dari Indonesia ya. Ini bukan motor dari Tanah Air Beta, bukan pula motor dari pulau Jawa. Jawa adalah merek motor dari Republik Ceko yang rencananya akan melebarkan sayapnya ke India. Mereka punya produk motor-motor klasik dengan sedikit bumbu kearifan modern, mirip-mirip dengan Kawasaki Estrella atau W175 kalau di Indonesia.

Kembali ke Jawa, Jawa akan mendapat bantuan dari Mahindra untuk meluncurkan motor pertama mereka pada Maret 2019 di India. Pawan Goenka selaku Managing Director Mahindra & Mahindra berbicara kepada MoneyControl kalau,” Bisnis dua roda telah bergabung ke Mahindra & Mahindra dan bisnis berlanjut dengan rangkaian produk yang ada sekarang. Kami telah mengurangi kerugian kami secara signifikan.

Soal bisnis Peugeot, saat ini kita telah menunda rencana untuk membawa skuter itu ke India karena kita tidak dapat memenuhi titik harga tersebut sesuai dengan ekspektasi harga di India. Kami akan meluncurkan produk pertama di bawah merek Jawa sebelum akhir tahun buku berikutnya,” tutup Goenka. FYI, Mahindra punya 60% saham di salah satu anak perusahaan Mahindra & Mahindra, Classic Legends Private Limited (CLPL). Mereka sudah punya lisensi untuk motor Jawa.

Nah, motor Jawa pertama yang akan menyapa India diklaim adalah Jawa 350, motor klasik retro yang sudah diluncurkan di Republik Ceko pada bulan Mei 2017. Kelengkapan standar Jawa 350 sebenarnya lumayan juga buat motor baru. Sebut saja starter elektrik, rem cakram dengan ABS di depan, tangki BBM 12 liter dan lain-lain. Tapi tolong, meski namanya Jawa 350, ia tidak bermesin 350 cc, melainkan bermesin 397 cc, alias 400 cc kalau dibulatkan.

Mesin motor Jawa 350 punya tenaga maksimal 27,73 PS di 6.500 rpm dan torsi maksimal 30,6 Nm di 5.000 rpm. Dibantu transmisi 5 percepatan, Jawa 350 mematok kecepatan puncaknya di 130 km/jam saja. Saat meluncur di India, ia akan langsung berhadapan dengan Royal Enfield Bullet 350, Classic 350, dan Benelli Imperiale 400. Wah, jadi penasaran mau lihat motor Jawa ini, apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: