Penyebab Ford Everest Terbakar di Australia Terungkap, Gara-Gara Salah Pasang Aki!

by  in Berita&Ford&International
Penyebab Ford Everest Terbakar di Australia Terungkap, Gara-Gara Salah Pasang Aki!
0  komentar
Ford Everest Kebakar

AutonetMagz.com – Apa masih ada yang ingat dengan kasus terbakarnya sebuah Ford Everest baru di Australia saat sedang diuji oleh jurnalis otomotif lokal? Singkat cerita, waktu sang jurnalis sedang test drive SUV Ford itu, mendadak muncul warning light dari panel instrumen, lalu mesin mati dan mobil tiba-tiba terbakar oleh api yang muncul dari ruang mesin. Untungnya, tidak ada korban jiwa di insiden ini.

Ford Everest berwarna orange yang sudah habis terpanggang itu lanjut dibawa ke markas Ford Australia untuk diselidiki penyebab sebenarnya. Memang banyak spekulasi yang muncul sebelum Ford memberi pernyataan resmi, utamanya yang langsung takut dengan adanya recall besar-besaran secara global. Untungnya, Ford sudah memberikan pernyataan resmi yang cukup menjelaskan penyebabnya, ini dia :

“Terjadinya insiden ini karena aki baru yang pemasangannya salah pasca mobil selesai diproduksi, dan investigasi kami tidak menemukan mobil lain yang memiliki problem serupa dengan mobil tes kami. Desain sekering Everest dan Ranger varian termahal tidak sama dengan varian lain dari Ranger dan Everest. Semua data yang dikumpulkan selama investigasi mendalam sampai saat ini menunjukkan ini adalah situasi yang tidak sistemik ke Everest atau Ranger.”

Singkat kata, Ford Australia menjamin kesalahan ini bukan dari proses selama Everest diproduksi, tapi pasca seseorang mengurus Ford Everest itu dan melakukan keteledoran saat mengganti aki lama dengan aki yang baru. Meski mereka jamin tidak ada mobil lain yang kena, karena mobil itu adalah unit test drive media yang disediakan Ford Australia, pasti yang mengganti aki juga orang Ford Australia. Pertanyaannya, siapakah orang itu?

ford everest terbakar api

Ini sekaligus menjadi sedikit pengingat buat semua merek mobil lain di manapun berada, khususnya di Indonesia. Baik untuk merek yang pelayanan purna jualnya terjamin atau yang masih memperluas jangkauan, inspeksi final pasca perbaikan dan perawatan jadi penting. Bukan apa-apa, mobil baru sekarang banyak sistem elektornikal yang sensitif, salah pasang aki saja bisa berujung pada kebakaran. Ngeri kan?

Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: