Pengembangan Nissan X-Trail Terbaru di Inggris Dihentikan, Efek Brexit

Pengembangan Nissan X-Trail Terbaru di Inggris Dihentikan, Efek Brexit
0  komentar

AutonetMagz.com – Kabar mengenai akan hadirnya generasi terbaru dari Nissan X-Trail sejatinya bukanlah kabar yang sangat baru. Mengapa? Karena pihak Nissan sendiri sudah menyebutkan akan menghadirkan generasi keempat dari Nissan X-Trail sejak bulan Oktober tahun 2016 silam. Dan saat itu, pihak Nissan menunjuk Inggris sebagai pusat pengembangan dari Nissan X-Trail generasi keempat itu. Namun, kini seluruh pengembangan akan dialihkan ke Jepang pasca isu Brexit makin menguat.

Nissan X-Trail T32 Facelift

Mengutip dari laman Automotive News, pihak Nissan memutuskan bahwa Nissan X-Trail generasi terbaru hanya akan dikembangkan dan diproduksi di Jepang saja, lebih tepatnya di pabrik perakitan mereka di Kyushu. SUV paling laris Nissan saat ini itu awalnya akan diproduksi di dua lokasi, yaitu di Jepang dan di Inggris. Untuk Inggris sendiri, Nissan Sunderland-lah yang seharusnya akan bertanggung jawab pada produksi Nissan X-Trail. Namun dengan keputusan ini, Nissan X-Trail hanya akan made in Japan, sejauh ini. Namun pihak Nissan Sunderland menyebutkan bahwa tak ada karyawan yang menjadi korban PHK karena keputusan ini.

Nissan X-Trail X-Scape

Oiya, FYI, Nissan Sunderland sejatinya adalah pabrik otomotif terbesar yang ada di Inggris saat ini, dengan produksi yang mencapai 30% dari total produksi tahunan mobil di Inggris. Persentase tersebut merujuk pada angka 1,52 juta unit per tahunnya yang bisa dihasilkan oleh Nissan Sunderland. Dan cabang Nissan di Inggris ini juga menjadi ‘rumah’ bagi beberapa produk Nissan yang sudah mendunia, seperti Nissan Juke, dan Nissan Qashqai. Nah, walaupun produksi Nissan X-Trail generasi keempat telah dibatalkan di Inggris, namun Nissan Sunderland tetap akan bertanggung jawab pada sosok baru lainnya, yaitu Nissan Qashqai 2020.

Nissan X-Trail T32 Facelift Australia

Gianluca de Ficchy, bos dari Nissan Eropa menyebutkan bahwa pihaknya harus memutuskan hal yang berat ini dengan alasan bisnis. Pihaknya menyebutkan bahwa ketidak-jelasan situasi, termasuk isu Brexit akan membuat hubungan antara Inggris dan Uni Eropa makin tak terprediksi, dan tak akan membantu Nissan untuk merencanakan masa depan mereka. Singkatnya, ketidak jelasan ini memaksa Nissan untuk cari aman saja dengan memindah produksi Nissan X-Trail generasi terbaru ke Jepang. Nissan X-Trail generasi keempat sendiri kabarnya akan hadir di penghujung tahun 2019 ini.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Apakah kalian menantikan sosok terbaru dari SUV yang juga dijual di Indonesia ini?

Read Prev:
Read Next: