Pemerintah Prancis Tawarkan Bekas Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Jadi Pabrik Baru Tesla

Pemerintah Prancis Tawarkan Bekas Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Jadi Pabrik Baru Tesla
0  komentar
tesla model s

AutonetMagz.com – Pasca pengenalan Tesla Model 3, Elon Musk mendapatkan tawaran menarik dari pemerintah Prancis. Di acara yang diadakan untuk para pemilik Tesla di Prancis, Ségolène Royal selaku Menteri Lingkungan dan Energi menawarkan area bekas pembangkit listrik tenaga nuklir di sekitar timur laut Alsace, Prancis untuk menjadi basis produksi Tesla di Eropa, demikian menurut LCP via Electrek. Oh ya, nama bekas PLTN itu adalah Fessenheim.

Elon Musk sendiri mengomentari soal lokasinya setelah ia mencari tahu bahwa tempat yang punya fasilitas bertenaga nuklir itu berbatasan dengan Swiss dan Jerman, serta dekat dengan sungai Rhine. Menurutnya, lokasi geografisnya cocok untuk dijadikan pabrik baru Tesla, dan sekarang pemerintah Prancis serta penduduk Alsace sedang harap-harap cemas, berdoa supaya Elon Musk mau bikin pabrik Tesla di sana.

elon-musk-tesla

Jelas saja mereka berharap Tesla berminat, soalnya PLTN Fessenheim akan mulai menutup kegiatannya di tahun ini, dan pemerintah berharap bahwa kesepakatan dengan Tesla – meskipun mereka tahu kalau ini cukup menantang – akan memungkinkan para pekerja yang tadinya bekerja di sana untuk tetap bekerja dan membawa pertumbuhan ekonomi ke wilayah tersebut . Singkatnya, mencegah angka pengangguran di sana akibat PHK.

Sang Menteri pun berkata  “Ini akan menjadi hebat, karena kami mengumumkan penutupan Fessenheim, dan ada sesuatu yang dibangun, mengganti lembaran halaman lama dan kemudian melihat masa depan,” katanya, sekaligus menekankan bahwa,”Selain itu, mobil listrik adalah industri masa depan.”

pabrik-tesla

Para pejabat setempat akan bertemu dengan perwakilan dari Tesla akhir bulan ini di mana mereka berharap untuk menghasilkan kesepakatan kompensasi untuk penutupan PLTN dengan EDF Energy sekaligus memberikan tawaran menarik untuk Tesla. Baguslah, asal waktu alih fungsi PLTN menjadi pabrik, jangan ada kebocoran di reaktor nuklir nomor 4 ya. Kami tidak mau Alsace bernasib sama seperti Chernobyl.

Apa opinimu mengenai kesempatan pendirian pabrik baru Tesla ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Erik

    Disana bahkan udah mau ditutup pltn-nya, disini baru mau dibangun aja ga jadi jadi.

    Tapi ngeliat alasan ditutupnya pltn fessenheim ini, yg karena ada resiko gempa yg melebihi daya tahan racang bangunnya. Emang ada baiknya jg pembangunan pltn disini (kalo beneran jadi) harus diperhatikan betul safetynya hingga puluhan tahun kedepan.

    Agak dilema jg krn meskipun berbahaya tapi kayanya buat menuju era kendaraan listrik, mau ga mau emg harusnya pake listrik nuklir. Krn beban supercharger daya tinggi yg lumayan gede, dan tersedia dimana2 masih jauh di angan2 buat Indo. Berhubung masih banyak daerah yg defisit listrik.

  • farid

    bekas PLTN harus steril tuh dari kontaminasi nuklir kalau bangun pabrik perakitan,juga harus ada pembangkit listrik yg cukup juga bersih agar mendukung penjualan mobil listrik mengingat fasilitas supercharge memakan banyak listrik.jadi kalau pembangkit listriknya aja adalah energi terbarukan dan bersih dari emisi maka mobil listrik tersebut bisa dibilang “zero emission”

  • Aryo Wicaksono

    asal nggak terkontaminasi zat radioaktif aja. masih mending ntar yang beli tesla dari pabrik di perancis dapat bonus mutasi kemaluan jadi dua, gitu.

    • Ismail Fikri

      jadi Hulk paling….. atogak jadi Deadpool

      • Levi

        Takutnya malah jd kayak cewek Thailand bro ?