Citroen Bungkus 221 SPK di GIIAS 2023, Mobil Listriknya Laris!

by  in  Berita & Citroen & Nasional
Citroen Bungkus 221 SPK di GIIAS 2023, Mobil Listriknya Laris!
0  komentar

AutonetMagz.com – Mobil asal Prancis sekarang sedang dalam fase kenalan ulang dengan masyarakat Indonesia. Meski dulu merek Prancis sempat masuk ke kelas mainstream melalui Citroen, Peugeot dan Renault – khususnya Pug 206 yang sudah CKD – namun kita hidup di masa yang berbeda. Merek-merek Prancis masih ada di Indonesia, meski dengan keadaan yang agak lain dibandingkan dengan 20 tahun yang lalu.

Salah satunya Citroen, kini kembali lagi ke Indonesia dan sudah ikut pameran GIIAS 2023 untuk pertama kalinya. Sempat ikut IIMS 2023 juga, namun waktu itu booth-nya digabung dengan Nissan, VW, Audi dan KIA, namun untunglah Citroen punya booth sendiri di ICE BSD. Citroen menamani booth mereka sebagai “La Maison” yang jika diterjemahkan menjadi “Rumah”, dan ada banyak display mobil jagoan mereka. Bagaimana performa Citroen di GIIAS 2023?

Bawa 6 Mobil Sekaligus, Ada Mobil Listrik!

Citroen sendiri sejatinya punya jajaran model yang sangat banyak, dan beberapa bisa terlihat di GIIAS 2023 kemarin. Ada Citroen C3 hatchback dan Citroen C5 Aircross yang sudah diperkenalkan sebelumnya, bahkan di GIIAS 2023 mereka memperkenalkan Citroen C3 Aircross sebagai versi crossover dari C3. Kalau di Indonesia, Citroen C3 Aircross bisa disandingkan dengan Low SUV 7 seater seperti Hyundai Stargazer X, Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V, Suzuki XL7, Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Mereka pun tak ketinggalan soal mobil listrik, bahkan mereka memperkenalkan mobil listrik Citroen e-C3 sebagai hatchback bertenaga listrik di Indonesia. Ada juga Citroen e-C4 dan Citroen Ami Buggy yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Oh ya, mengingat Citroen belum punya pabrik di Indonesia, maka semua mobilnya masuk melalui jalur CBU. Citroen C3 adalah CBU India, Citroen e-C4 CBU Spanyol, sementara Citroen C5 Aircross merupakan mobil CBU Prancis. Ya, langsung dari kampung halamannya.

Raih 221 SPK, Mobil Listrik Citroen e-C3 Paling Laris!

Jujur saja, ekspektasi kami terhadap Citroen bisa dibilang rendah. Faktor brand awareness Citroen memang masih ada di benak penyuka otomotif dan orang-orang senior, namun untuk Gen-Z dan konsumen sepantarannya, mungkin malah belum tahu asal negara Citroen. Apa pun kondisinya, Citroen cukup berhasil dengan membungkus 221 SPK selama GIIAS 2023. Lebih mengejutkan lagi, ternyata model Citroen yang paling laku di GIIAS adalah mobil listrik Citroen e-C3. Wow!

Padahal tadinya kami kira Citroen C3 Aircross-lah yang akan mendulang banyak pesanan, sebab sudah rahasia umum kalau orang Indonesia suka mobil yang muat banyak kan? Namun ternyata Citroen e-C3 lah yang paling memikat, kami pun mencari tahu alasannya kenapa. Faktor harga bisa jadi penentu kuat, sebab Citroen e-C3 dijual dengan harga 395 jutaan Rupiah di GIIAS 2023, di mana itu sangat terjangkau untuk sebuah mobil listrik murni yang bentuknya benar-benar sebuah mobil proper, bukan rautan pensil beroda empat macam Wuling Air EV atau Seres E1.

Kedua, speknya sendiri cukup. Memakai 1 motor listrik bertenaga 57 tenaga kuda dan torsi 143 Nm, jarak tempuh Citroen e-C3 diklaim mencapai 320 km. Masih cukup, meski tidak sebagus jarak tempuh mobil listrik populer lainnya di Indonesia. Selain itu, karena Citroen C3 biasa hanya tersedia dalam transmisi manual, konsumen yang mau transmisi otomatis di segmen ini otomatis harus memilih Citroen e-C3. Meski bahan interior dan instrumennya bukan yang paling wah, setidaknya desainnya nyentrik.

Kembali ke soal SPK, detail raihan SPK Citroen adalah sebagai berikut : Citroen C3 manual 6 unit, Citroen C3 Aircross 48 unit dan Citroen e-C3 167 unit. Bedanya jauh sekali bukan? Bahkan berkat hasil yang di luar ekspektasi ini, Citroen berencana melakukan pameran di beberapa kota besar di Indonesia. Apa ekspektasimu terhadap Citroen di Indonesia? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: