Pangsa Pasar Honda Naik, Luar Jawa Mendominasi

by  in Berita&Honda&Merek Mobil
Pangsa Pasar Honda Naik, Luar Jawa Mendominasi
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun 2020 ini menjadi tahun dengan harapan baru bagi para pegiat otomotif di seluruh dunia. Pasalnya, tahun 2019 silam segmen otomotif bisa dikatakan lesu, bukan hanya di Indonesia saja namun secara global. Nah, sebelumnya kami sudah mengabarkan bahwa Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda di Indonesia mengalami pertumbuhan positif di bulan Januari 2020 kemarin. Kali ini, data penjualan selama 2 bulan sudah muncul, dan hasilnya kembali positif.

Dalam rilis resmi yang kami terima, pihak Honda menyebutkan bahwa selama dua bulan pertama di tahun 2020, penjualan retail mobil Honda di luar pulau Jawa terus mengalami pertumbuhan. Dengan angka penjualan yang terus meningkat, pasar di luar pulau Jawa kini menyumbangkan kontribusi tertinggi, yaitu sebesar 34% atau sebanyak 8.290 unit dari total 24.518 unit penjualan mobil Honda di Indonesia pada periode Januari – Februari 2020. Tentunya ini kabar baik, karena selama ini yang kita ketahui pasar di pulau Jawa-lah yang biasanya memberikan sumbangsih dominan dalam hal penjualan total.

Angka penjualan mobil Honda di luar Pulau Jawa tercatat meningkat sebesar 16% pada periode Januari – Februari 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan terbesar datang dari wilayah Sumatera yang penjualannya meningkat hingga 20% dibanding tahun 2019. Selain di Sumatera, penjualan mobil Honda di wilayah Kalimantan pada dua bulan pertama tahun ini juga meningkat sebesar 17% dibanding tahun lalu. Sementara pasar di Sulawesi dan Maluku serta Papua juga meningkat masing-masing 13% dan 14% pada awal tahun 2020. Kontribusi terbesar untuk penjualan Honda masih datang dari Honda Brio Satya yang sebanyak 9.049 unit.

Setelah Honda Brio Satya, ada sosok Honda HR-V 1.5L yang membukukan penjualan 4.223 unit, Honda Mobilio 2.886 unit dan Honda Brio RS 2.681 unit. Honda Jazz turut menopang penjualan setelah mencatat penjualan 2.051 unit, disusul oleh Honda CR-V sebanyak 2.041 unit, Honda BR-V sebanyak 828 unit, Honda HR-V 1.8L sebanyak 348 unit dan Honda Civic Hatchback 209 unit. Sementara itu, Honda Civic Sedan terjual 100 unit, Honda City 61 unit, Honda Accord 34 unit serta Honda Odyssey 9 unit dan Honda Civic Type R 1 unit.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Penjualan Honda di bulan Januari dan Februari masih dipengaruhi beberapa faktor, terutama banjir di beberapa kota di Pulau Jawa. Meskipun demikian pembangunan infrastruktur yang terus berkembang di luar Pulau Jawa memberikan kontribusi signifikan sehingga penjualan Honda masih tetap stabil di awal tahun 2020 ini”. Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah ada diantara kalian yang turut menjadi penyumbang peningkatan penjualan Honda di luar Jawa? Ayo absen di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: