Pandemi Tak Halangi Toyota Dream Car Art Contest Tahun Ini!

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Pandemi Tak Halangi Toyota Dream Car Art Contest Tahun Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua tahu bahwa pandemi COVID-19 telah berhasil membuat sejumlah kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang menjadi sebuah hal yang sangat dihindari. Padahal, ada cukup banyak kegiatan selain yang berkaitan dengan urusan bisnis yang terdampak. Salah satunya adalah perlombaan seperti Toyota Dream Car Art Contest. Walaupun begitu, ajang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2020 masih tetap berlangsung dengan sejumlah modernisasi.

Setelah melalui tahap penyeleksian dan penjurian, acara puncak pengumuman para pemenang TDCAC untuk pertama kalinya akan dilakukan secara virtual. President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, menyebutkan bahwa Toyota secara global telah konsisten menyelenggarakan TDCAC sejak tahun 2004 atau 16 tahun yang lalu. kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap pengembangan kreativitas anak-anak. Walau di tengah berbagai keterbatasan akibat COVID-19, namun animo yang anak-anak terhadap TDCAC tidak berkurang sama sekali, dan justru semakin besar.

Nampaknya, banyaknya waktu yang harus dihabiskan anak – anak di dalam rumah menambah tinggi animo pada TDCAC 2020. Lebih dari 8.300 karya masuk ke komite TDCAC 2020, naik lebih dari 10% dibandingkan dengan jumlah karya pada kontes tahun lalu. “Kami merasa bangga karena mimpi anak-anak ini juga menjadi salah satu inspirasi kami dalam mengembangkan kebutuhan mobilitas. Bahkan Toyota juga banyak belajar dari karya mereka semua, untuk mengetahui harapan mobililitas di masa depan, termasuk dalam menghadirkan kendaraan yang eco-friendly,” ujar Matsuda, hari ini.

Sama dengan tahun sebelumnya, TDCAC kali ini terbagi menjadi 3 kategori usia, yaitu kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk usia 8—11 tahun, dan kategori 3 untuk usia antara 12—15 tahun. Para juri kontes antara lain terdiri dari public figure seperti Syahnaz Haque, lalu Anto Motulz yang merupakan praktisi di bidang gambar dan social media, perwakilan dari Majalah Bobo, serta perwakilan dari TAM. Para juri tersebut memilih 3 pemenang tingkat nasional untuk masing-masing kategorinya. Ke-9 karya pemenang tersebut dikirim ke Jepang pada Februari 2021 untuk mewakili Indonesia mengikuti kompetisi di tingkat global.

Sebagai catatan, dalam 2 tahun berturut-turut pada 2017 dan 2018, karya anak Indonesia bahkan berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi di tingkat global yaitu Best Engineering Award dan karya gambarnya dibuatkan mock-up (miniatur diorama) kendaraan oleh Toyota Motor Corporation. So, kita lihat bagaimana kiprah dari anak – anak Indonesia tahun ini. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: