Toyota Akan Bangun Kota Masa Depan di Jepang, Total 70 Hektar!

0  komentar

AutonetMagz.com – Saat ini di Amerika Serikat tengah berlangsung CES 2020 alias Consumer Electronic Show 2020, yang mana menjadi sebuah ajang pamer teknologi bagi beberapa perusahaan besar termasuk otomotif. Biasanya, jikalau pabrikan otomotif ikut serta di CES, maka kendaraan konsep/produksi massal bertenaga listrik-lah yang menjadi highlight mereka. Namun, Toyota ikut serta di CES 2020 dengan membawa sebuah konsep yang berbeda dari pabrikan lainnya.

Alih – alih memamerkan teknologi masa depannya, Toyota malah mempromosikan proyek terbaru mereka yaitu membangun kota masa depan di Jepang, wadaw. Nah, konsep yang diberikan Toyota ini sendiri agaknya cukup out of the box dan susah ditandingi oleh rival mereka di CES 2020. FYI, kota masa depan Toyota ini sendiri akan dibangun dengan lahan mencapai 70,82 Hektar yang berlokasi di sekitar Gunung Fuji. Pihak Toyota sendiri memberi nama proyek ini sebagai ‘Woven City’. Di Woven City, pihak Toyota akan menerapkan ekosistem yang sepenuhnya terhubung satu sama lain dan ditenagai oleh fuel cell Hidrogen.

Selain itu, kota ini juga akan menjadi ‘laboratorium’ untuk para peneliti Toyota yang bekerja mengembangkan teknologi otonom, robotik, dan juga personal mobility serta smart home dan AI. Toyota menunjuk arsitek kenamaan asal Denmark, Bjarke Ingels untuk mendesain Woven City. Bjarke sendiri merupakan desainer untuk Google Mountain View Headquarter dan juga WTC New York. Toyota menambahkan bahwa kota ini akan eco-friendly, dimana setiap bangunan tidak akan menggunakan kayu, dan meminimalkan jejak karbon.

Setiap bangunan juga akan dibekali dengan solar panel untuk menghasilkan tenaga listrik dan menyuplai fuel cell. Tentunya, selain itu pihak Toyota juga akan menghiasi Woven City dengan tanaman – tanaman hijau. Sedangkan untuk jalanan umum, kendaraan yang akan lalu lalang adalah kendaraan tradisional (literally traditional, bukan mobil ICE), kendaraan personal (EV), ataupun orang yang berlalu lalang dengan berjalan kaki saja. Toyota sendiri berencana untuk memulai proyek ini di 2021, dimana akan ada 2000 orang pertama yang akan menghuni Woven City. Menarik? Oh tentu saja.

Jadi, kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: