Toyota Yaris Versi Amerika Berpeluang Rebadge Mazda2

by  in Berita&International&Mazda
Toyota Yaris Versi Amerika Berpeluang Rebadge Mazda2
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu kami sudah sempat mengangkat pemberitaan mengenai galaunya Toyota Amerika Serikat terkait nasib dari hatchback mereka, Toyota Yaris. Nah, kegalauan tersebut ditandai dengan penghentian penjualan Toyota Yaris di Amerika Serikat, alias discontinue, namun tak lama berselang, pihak Toyota juga mengungkapkan bahwa Toyota Yaris 2020 akan diperkenalkan akhir tahun 2019 ini. Kondisi ini memperlihatkan bahwa nampaknya pihak Toyota masih berharap pada Toyota Yaris, namun juga galau dengan kondisi yang ada.

Nah, kabar terbaru, ada sebuah informasi yang kami kutip via Car and Driver yang telah berbincang dengan juru bicara Toyota Amerika Serikat, yaitu Nancy Hubbell. Nancy mengkonfirmasi bahwa pihak Toyota Amerika Serikat akan memiliki sebuah hatchback baru untuk dijual di tahun 2020 mendatang. Walaupun beliau menolak untuk memberikan detail produk tersebut, namun sumber meyakini bahwa mobil tersebut adalah sebuah Toyota Yaris. Bahkan, bukan sekedar Toyota Yaris biasa, melainkan Toyota Yaris yang di-rebadge dari Mazda2 hatchback.

Sebenarnya, kabar ini tak terlalu mengejutkan, dan bisa kami pahami. Karena, pihak Toyota dan Mazda memang memiliki kerjasama yang cukup intim di Amerika Serikat. Bahkan, keduanya bahu membahu membangun pabrik bersama. Rebadge Mazda2 sendiri bukanlah sebuah hal yang baru, karena faktanya Toyota Yaris sedan di Amerika serikat adalah sebuah Mazda2 Sedan yang didandani ala Toyota. Lantas, mengapa pihak Toyota lebih memilih untuk melakukan rebagde pada Mazda2 alih – alih membawa masuk Toyota Yaris versi internasional ataupun versi Asia? Jawabannya adalah perihal penjualan.

Pada tahun 2018 silam, Toyota Yaris hatchback membukukan penjualan yang amat menyedihkan, hanya 1.940 unit saja selama satu tahun. Bahkan, Lexus LC saja bisa membukukan penjualan yang lebih tinggi dibandingkan Toyota Yaris. Sedangkan, Toyota Yaris sedan yang dibangun dari basis Mazda2 Sedan malah laris manis dengan penjualan mencapai 25.269 unit banyaknya. Nah, nampaknya pihak Toyota ingin meneruskan jejak sukses Toyota Yaris sedan dengan melakukan langkah serupa, yaitu rebadge. Toyota Yaris 2020 sendiri kabarnya akan hadir di New York Auto Show 2019 mendatang.

Dan kita lihat saja, jika benar mobil tersebut adalah Toyota Yaris versi rebadge dari Mazda2, apakah langkah serupa akan berhasil menaikkan peforma penjualan dari Toyota Yaris disana atau tidak. Oiya, walaupun rebagde, Toyota Yaris masih akan menggunakan mesin milik Toyota dengan transmisi 6 percepatan baik dua atau tiga pedal.

Read Prev:
Read Next: