Pada 3 Oktober, Toyota Stop Produksi Mobil di Australia

by  in International&Toyota
Pada 3 Oktober, Toyota Stop Produksi Mobil di Australia
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota sudah mantap dan mengonfirmasi untuk menghentikan produksi lokalnya di Australia pada tanggal 3 Oktober 2017 mendatang. Hal ini sebenarnya sudah diutarakan Toyota sejak awal tahun 2014 silam bahwa mereka berniat untuk menyudahi aktivitas pembuatan mobil di Australia, mirip-mirip dengan GM yang menutup pabrik mereka di sini yang dipakai untuk membuat Chevy Spin beberapa waktu lalu.

Untuk masa sekarang, Toyota tetap berjalan seperti biasa, namun sudah ada jadwal kapan masing-masing model akan stop dibuat. Toyota Aurion akan berhenti diproduksi pada Agustus, Toyota Camry hybrid akan stop produksi pada bulan September dan Toyota Camry non-hybrid akan stop produksi pada 3 Oktober. Dalam sebuah pernyataan, Presiden Toyota Australia Dave Buttner mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk mendukung karyawannya dalam mencari pekerjaan di masa depan.

“Prioritas kami selama bulan yang tersisa adalah untuk terus mendukung karyawan kami dengan segala cara sehingga mereka sudah dipersiapkan dengan baik untuk masa depannya. Kami tetap sangat bangga dengan sejarah manufaktur yang kaya yang mencakup lebih dari 50 tahun. Karyawan kami berkomitmen untuk memproduksi kendaraan dengan kualitas terbaik karena kami bekerja menuju tujuan kami ‘mobil terakhir = mobil global terbaik’, “katanya.

Setelah produksi lokal berakhir, bukan berarti Toyota hengkang dari Australia. Mereka tetap berjualan, hanya saja tidak ada mobil rakitan lokal atau CKD lagi, melainkan mereka akan menjual mobil-mobil impor alias CBU. Jalur impor untuk tahun ini akan dimulai dengan diimpornya Toyota Camry 2018 yang belum lama ini menampakkan dirinya, dan Toyota Australia akan mengimpor dari Jepang.

Sebelum Toyota mengatakan akan stop produksi mobil secara lokal di Australia, Ford sudah melakukannya lebih dulu. Mereka menutup pabrik produksi lokal mereka di Australia yang memproduksi Ford Falcon Ute pada bulan Oktober 2016. Di sisi lain, Holden yang merupakan ikon mobil Australia akan menutup dealernya pada tanggal 20 Oktober. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: