Ganti Manajemen, Proyek Mobil Listrik PLN Terhenti Sementara

by  in Berita&Nasional
Ganti Manajemen, Proyek Mobil Listrik PLN Terhenti Sementara
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan proyek mobil listrik yang dicanangkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN)? Yap, pada pertengahan tahun 2019 kemarin kita dikejutkan dengan munculnya desain dua buah mobil yang diklaim adalah mobil listrik masa depan lansiran PLN. Kedua mobil tersebut berbentuk SUV dan MPV, yang mana dijadwalkan untuk hadir dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Namun, kabar terbaru, proyek mobil listrik PLN ini harus terhenti sementara karena adanya kendala di sisi manajerial.

Mengutip informasi via CNN Indonesia, Pihak yang sejatinya menggarap proyek mobil listrik ini adalah anak perusahaan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dipegang oleh PT Pembangkit Jawa Bali (PJB). Nah, sayangnya sedang ada kendala dalam hal manejemen yang mengelola proyek mobil listrik ini. Manajer Pengembangan Energi Baru Terbarukan PJB, Bapak Dimas Kaharudin menjelaskan bahwa saat ini pihak PJB tengah mengganti pengelola program mobil listrik tersebut. Dimas menambahkan bahwa perubahan yang terjadi adalah perubahan pemegang kendali proyek yang awalnya adalah Divisi Pengembangan Bisnis, kemudian akan diambil alih oleh Divisi Pengembangan Teknologi.

Dimas tidak menjelaskan mengapa pihak PJB mengambil keputusan ini, namun yang jelas proyek mobil listrik ini harus terhenti sementara. Beliau juga belum bisa memastikan kapan proyek tersebut akan kembali berjalan, namun beliau memberikan prediksi bahwa proyek tersebut akan dilanjutkan di pertengahan tahun 2020 ini. Tentunya kita berharap pihak PLN bisa segera merampungkan perombakan di sisi internal tersebut sehingga asa yang sudah terlanjur muncul akan mobil listrik produksi lokal bisa tetap terjaga dan prosesnya bisa berlanjut hingga ke tahap prototipe.

Sedikit flashback, Pada pertengahan tahun 2019 kemarin pihak PLN memperkenalkan sketsa dari dua mobil listrik yang bakal diproduksi. Kedua mobil tersebut berbentuk SUV dan MPV yang akan diperlengkapi dengan dua motor listrik yang masing – masing memiliki tenaga 268 hp dan juga torsi 750 Nm. Spesifikasi yang diusung tergolong wow, apalagi jika kita melihat angkanya. Untuk SUV dari PLN ini sendiri akan bernama S-Series dengan kapasitas 5 penumpang, sedangkan MPV-nya bakal bernama E-Series dengan kapasitas 7 penumpang. Jika mengacu pada jadwal, seharunya prototipe dari keduanya akan muncul di 2022 mendatang.

Jadi, kita tunggu saja bagaimana kelanjutan kedua mobil ini, semoga kendala ini tidak membuat proyek ini menjadi magkrak ataupun molor lama. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: