Nyetir Mobil Listrik Citroen Ami Tidak Perlu SIM!

Nyetir Mobil Listrik Citroen Ami Tidak Perlu SIM!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah bukan rahasia kalau mengendarai kendaraan bermotor perlu Surat Izin Mengemudi atau SIM. Tidak punya SIM tapi bawa kendaraan bermotor, artinya melanggar peraturan. Nah, khusus untuk beberapa mobil seperti Citroen Ami ini, mobil seperti ini bisa dikendarai siapa saja di atas 16 tahun tanpa perlu punya SIM. Kalau mau menikmatinya pun tidak harus beli mobilnya, bisa dengan sewa jangka panjang atau layanan car sharing.

Kalau mau beli, Citroen Ami dipatok seharga 6.000 Euro atau 95,2 juta Rupiah untuk tipe terendah. Kalau ogah keluar uang sebanyak itu, Citroen menyediakan layanan sewa jangka panjang selama 48 bulan dengan biaya 19,99 Euro atau 317 ribu Rupiah per bulan. Kalau mau pakai car sharing, Citroen Ami tersedia di layanan berbagi mobil dari PSA Peugeot Citroen dengan biaya 0,26 Euro atau sekitar 4.128 Rupiah per menit.

Citroen Ami sendiri adalah mobil listrik yang sangat kecil. Panjangnya hanya 2,41 meter, lebarnya 1,39 meter dan tingginya 1,52 meter. Beratnya pun sangat ringan untuk ukuran mobil modern, hanya 485 kg. Ami sendiri adalah sebuah mobil bertenaga listrik dengan baterai yang juga kecil, hanya 5,5 kWh. Tenaganya 8 hp, dan kecepatan maksimalnya dibatasi hanya 45 km/jam maksimal. Ya cocok lah kalau hanya sampai angka itu, toh namanya juga city car.

Citroen memang mendesain Ami sebagai transportasi dalam kota dan menjadi alternatif dari kendaraan umum, skuter, sepeda atau motor. Jarak tempuh maksimalnya 70 km dan bisa di-charge dari kosong ke penuh selama 3 jam. Soal desain, Citroen Ami ini bentuknya kotak namun lumayan lucu juga. Bagian depan dan belakangnya punya desain yang mirip, jadi agak susah membedakan mana depannya, mana belakangnya jika tidak melihat warna lampunya.

Sebagai transportasi perkotaan, Citroen mendesain Ami dengan kabin penumpang yang terisolasi dengan baik. Mobil kecil ini terbilang lengkap, sebab ada pengatur suhu, charger untuk gadget, head unit terintegrasi, banyak kantong untuk menyimpan barang dan sebuah panoramic roof. Fasilitas terakhir bagus juga untuk membuat mobil kecil ini terkesan lapang. Oh ya, Citroen Ami hanya muat 2 orang saja ya. Apa opinimu soal Citroen Ami? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: