Nissan Z Proto, Saat Inspirasi Kolonial Bertemu Bumbu Milenial

Nissan Z Proto, Saat Inspirasi Kolonial Bertemu Bumbu Milenial
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah bermacam-macam teaser dan render spekulatif mengudara, inilah dia Nissan Z Proto yang akan menjadi cikal bakal Nissan Fairlady Z terbaru. Pertama-tama, sebenarnya mobil ini masih pakai sasis Nissan 370Z lama, hanya saja dimodifikasi di sana-sini demi membuatnya lebih baik. Pada acara peluncuran mobil ini, Nissan menjelaskan bahwa inspirasi utama mobil ini adalah Fairlady 240Z dan Fairlady 300ZX.

Bagian depan Nissan Z Proto memakai gril kotak yang sebenarnya bukan pertama kali muncul di Fairlady Z. Gril kotak itu sudah ada sejak jaman 240Z dan terakhir dipakai di 350Z, sementara di 370Z diganti gril yang bentuknya mirip segienam. Mungkin kami perlu melihat langsung mobil ini, karena di foto gril kotak ini nampak tidak seragam dengan mobil yang lekukan bodinya montok dan lebar ini. Selebihnya, mobil ini benar-benar cocok hadir sebagai generasi penerus Z.

Lampu depan sudah menanggalkan bentuk dari 350Z dan 370Z yang lancip dan tajam, kembali ke lampu bulat ala 240Z dengan LED DRL. Pengaruh Datsun Fairlady 240Z ke Nissan Z Proto ini sangat kuat, bisa dilihat dari kaca sampingnya yang mirip, penempatan emblem “Z” di pilar C bahkan hingga emblem “Fairlady Z” di belakang, sangat klasik. Oh ya, pemilihan warna two-tone hitam dan kuning cerah di mobil ini sangatlah tepat.

Bagian belakang mobil ini lebih mengikuti bentuk Nissan Fairlady 300ZX, utamanya dengan buritan hitam dan desain lampu belakang persegi panjang yang melebar, tentu saja dengan teknologi LED. Lupakan knalpot palsu, Nissan Z Proto punya 2 buah knalpot asli yang mencuat keluar. Ukuran mobil ini adalah : Panjang 4.382 mm, lebar 1.849 mm dan tinggi 1.311 mm, sedikit lebih panjang, lebar dan rendah dibandingkan Nissan 370Z yang digantikannya.

Eskterior boleh kental aura retro, namun interiornya tetap dibuat modern dan nyaman untuk dipakai di masa kini. Seperti mobil-mobil baru lainnya, Nissan Z Proto memakai panel instrumen full layar berukuran 12,3 inci dan layar sentuh di bagian dashboard tengah untuk mengatur banyak hal. Setir mobil ini memakai model deep dish, di mana bagian tengahnya agak menjorok ke dalam. Tidak ada emblem Nissan di interiornya, hanya logo “Z”.

Nissan sudah mengonfirmasi pula bahwa Nissan Fairlady Z baru akan memakai mesin 3.000 cc V6 twin turbo, tapi mereka enggan membicarakan tenaga dan torsi. Jika berkaca ke model Nissan lain, mesin itu bisa menghasilkan paling tidak tenaga 400 hp dan torsi 474 Nm. Sepanjang hidupnya, angka tenaga dan torsi Nissan Z terus naik dari generasi awal S30 hingga generasi 370Z yang berkode Z34, jadi angka itu nampaknya realistis.

Nissan juga berkata bahwa mereka akan mempertahankan pilihan transmisi manual 6 percepatan dan rem parkir tradisional untuk menaikkan adrenalin pengemudi. Kehadiran Nissan Z Proto benar-benar memuaskan dahaga akan mobil sport Jepang yang dibikin sendiri (Uhuk, Supra, uhuk). Nissan akan merilis versi produksinya di masa depan, tapi harusnya bentuknya tak beda jauh dengan apa yang kita lihat ini. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: