Nissan X-Terra 2021 Terungkap, Inikah Terra Facelift?

Nissan X-Terra 2021 Terungkap, Inikah Terra Facelift?
0  komentar

AutonetMagz.com Nissan baru saja mengungkapkan versi terbaru dari Nissan Terra. Namun, kehadiran SUV tiga baris ini di Timur Tengah tidak lagi menggunakan platform F-Alpha, melainkan berbasis Nissan Navara 2021. Ditandai sebagai X-Terra disana, SUV ladder frame ini menerima desain ulang yang komprehensif, yang dikira bakal masuk ke pasar ASEAN sebagai versi facelift untuk model saat ini. Lantas, apa saja yang ditawarkan SUV berbasis pick-up Nissan ini? Yuk kita bahas.

Jika dilihat sisi eksteriornya, X-Terra menerima fascia depan yang sama sekali baru, meminjam elemen dari Navara yang baru saja di facelift dan Patrol yang lebih besar. Ada grille V-motion yang jauh lebih besar, lampu depan LED berbentuk C dengan proyektor seperti empat es batu, air-intake tengah yang terbalik, foglamp vertikal, ditambah ventilasi palsu fender depan.

Gaya yang dirombak berlanjut ke bagian belakang, dengan taillights yang dibentuk ulang dan strip chrome berbentuk lengkung yang berada tepat diatas badges Nissan. Bemper juga direvisi ulang, dengan reflektor lebih lebar yang dipasang lebih jauh ke bawah. Tujuh pilihan warna eksterior akan tersedia untuk X-Terra, termasuk warna Coulis Red yang cukup menarik, serta pilihan velg 17 dan 18 inci.

Masuk ke interior, perubahan bahkan lebih terasa, salah satunya yang jadi pusat perhatian adalah dasbor baru yang sudah soft touch. Perubahan X-Terra ini kurang lebih mengambil inspirasi dari model penumpang yang lebih baru seperti Nissan Leaf misalnya, sehingga menampilkan desain horizontal yang kuat dan switchgear yang tampak lebih mewah, menyimpang dari saudara kandungnya Si Navara.

X-Terra hadir dengan layar sentuh 9 inci yang lebih besar untuk sistem infotainment NissanConnect, lengkap dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto, dibandingkan dengan layar 8 inci milik Navara. Mobil ini juga tersedia dengan kaca spion digital, yang menggunakan kamera untuk memberikan pandangan tanpa terhalang dari apa yang ada di belakang.

Peningkatan lainnya termasuk pengisian nirkabel Qi, port USB-C, climate control untuk setiap baris tempat duduk (termasuk AC double-zone di depan) dan opsi sistem suara Bose. Bisa dikatakan X-Terra ini menawarkan kenyamanan terbaik di kelasnya, berkat adanya jok Zero Gravity di baris pertama dan kedua, bersamaan dengan acoustic glass di kaca depan dan jendela samping untuk bantu cegah kebisingan. Didukung pula adanya monitor flip-down 11 inci opsional yang dilengkapi HDMI.

Tidak seperti Terra di sebagian besar pasar lain, X-Terra Timur Tengah membuang mesin turbodiesel dan digantikan mesin bensin empat silinder QR25DE 2,5 liter naturally-aspirated. Outputnya sendiri bisa mencapai 165 hp pada 6.000 rpm dan torsi 241 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga tersebut dikirim ke roda belakang (RWD) atau keempatnya (AWD) melalui transmisi otomatis tujuh percepatan. Diklaim Nissan angka konsumsi bahan bakar yang didapat mobil ini adalah 11,4 km per liter. Btw, berbeda dengan Thailand, Nissan malah menawarkan Terra dengan mesin YS23DDT 2.3 liter twin-turbo diesel yang lebih baru, dimana mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 187 hp pada torsi 450 Nm.

Kalau urusan safety, X-Terra menawarkan berbagai sistem keselamatan Mobilitas Cerdas, termasuk autonomous emergency braking, lane departure warning, blind spot monitoring with rear cross traffic alert dan sistem 360-degree camera with Moving Object Detection (MOD). SUV baru Nissan ini akan mulai dijual di Timur Tengah mulai bulan depan. Dan bagi kalian yang tertarik, nampaknya harus lebih bersabar. Karena untuk pasar ASEAN, Nissan Terra mungkin memerlukan waktu agak lama untuk mendapatkan facelift, mengingat model saat ini baru saja menerima update light model year di Thailand.

Bagaimana pendapat kalian? Tulis di kolom komentar! 

Read Prev:
Read Next: