Nissan Tingkatkan Nilai Investasinya Demi Dua SUV dan Mesin Turbo Baru

by  in  Berita & International & Rumor
Nissan Tingkatkan Nilai Investasinya Demi Dua SUV dan Mesin Turbo Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Sembari merayakan 23 tahun eksistensinya di Brasil, Nissan sedang mempersiapkan babak barunya di Brasil dan Amerika Selatan. Hal itu sejalan dengan rencana Ambisi globalnya pada tahun 2030. Disana, Nissan mengumumkan bahwa mereka akan memperluas rencana investasinya pada tahun 2023-2025 dengan nilai hingga R$ 2,8 miliar. Hal itu dilakukan untuk memproduksi dua kendaraan SUV baru dan merakit mesin turbo baru.

Penerus Nissan Kicks?

Investasi besar ini akan menyediakan peralatan baru dan serangkaian improvement yang akan mendukung produksi pembuatan dua SUV baru di plant Resende. Salah satu model dari SUV tersebut akan menjadi generasi penerus dari Nissan Kicks. Rencana pengembangan manufaktur Nissan juga mencakup pabrik powertrain yang juga akan merakit mesin turbo baru. Jadi, pabrik yang beroperasi sejak April 2014 ini akan direnovasi besar-besaran untuk memperkuat misinya sebagai pusat ekspor.

Resende plant telah melayani pasar lokal Brazil dan beberapa pasar Amerika Selatan dan berencana mengirim mobilnya ke lebih dari 20 negara. Sebagai bagian dari strategi untuk menerima produk baru dan meningkatkan kualitas produksi, Resende plant memperkenalkan shift kerja kedua pada tahun 2022 dan menciptakan 578 lapangan kerja tambahan. Empat supplier baru mengonfirmasi bahwa mereka akan bergabung dengan Nissan di Resende plant.

Kaitannya dengan Kondisi di Indonesia

Segmen SUV sendiri memang cukup digemari di negara-negara berkembang. Mengingat kondisi pasarnya mirip-mirip, bisa saja kedua SUV tersebut juga akan diproduksi di negara-negara berkembang lainnya seperti India atau Thailand. SUV yang satunya lagi, bisa saja penerus dari Nissan Magnite atau Nissan Terra. Kedua SUV tersebut bukanlah produk yang worldwide seperti X-Trail, Qashqai, atau Juke. Jadi perlu negara tertentu untuk merakit dan mengekspornya ke negara yang tidak jauh dari sana untuk lebih menekan harga.

Di Indonesia sendiri, X-Trail sempat merajai pasar SUV sebelum Honda CR-V generasi ketiga lahir. Begitu juga dengan Nissan Terrano di masanya (karena memang saat itu tidak ada kompetitor langsung). Untuk saat ini, penjualannya memang belum bisa dibilang bagus. Bila kita melihat angka wholesales gaikindo periode September 2023, Nissan Terra hanya terjual 15 unit. Sedangkan Nissan Magnite hanya terjual 8 unit dan Nissan Kicks terjual sebanyak 20 unit. Berbeda dengan kompetitornya yang bisa terjual sebanyak ratusan bahkan ribuan unit.

Apapun itu, kami berharap SUV baru ini akan cocok dengan pasar Indonesia dan bisa menjadi big hit. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: