ASEAN NCAP Nissan Magnite Kok Nggak Bintang 5?

by  in Berita&Nissan
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah sebelumnya kita mendapatkan kabar bahwa Magnite berhasil meraih empat bintang dalam tes new car assessment program (NCAP) untuk region ASEAN, pada Selasa (19/01) lalu akhirnya video serta detail nilainya dirilis oleh badan standarisasi car safety tersebut. Terdiri dari tiga kategori penilaian, mengapa Magnite tidak bisa mendapatkan lima bintang?

Kategori penilaian pertama adalah adult occupant protection yang menilai seberapa efektif sistem keamanan bagi pengendara maupun penumpang depan. Dengan nilai total 39.02 poin, untuk offset frontal test atau uji tabrak depan, Magnite mendapatkan skor 12.87, lalu side impact test atau tabrak samping mendapatkan nilai 15.22, dan head protection technology evaluation yang tidak mendapatkan skor sama sekali. Jika dibandingkan dengan mobil lain yang ikut dites pada ASEAN NCAP, nilai yang didapat small crossover ini sangatlah kecil. Namun untuk sebuah mobil yang tidak dilengkapi side curtain airbag, nilai tabrak sampingnya bisa dibilang cukup bagus.

Berikutnya kategori child occupant protection yang memiliki nilai cukup memprihatinkan dengan nilai total 16.31 poin. Pada tes frontal impact maupun side impact, nilai yang didapatkan maksimal hanya empat poin saja. Jika dibandingkan dengan sang kakak yaitu Kicks, frontal impact-nya bisa mendapatkan 6.37 – 8.00 poin. Terakhir ada safety assist technology yang memiliki nilai total 15.28 poin, tidak terlalu tinggi memang mengingat fitur safety yang tersedia hanya ada electronic stability control (ECS) dan auto-lock braking system (ABS).

Dibandingkan Rivalnya?

Sebagai pengingat, lawan setaranya yaitu Daihatsu Rocky berhasil meraih lima bintang dalam Japan NCAP. Sementara untuk pesaingnya dari Korea yaitu Hyundai Venue, meraih empat bintang dalam Australasian NCAP. Dengan adanya NCAP ini, kita dapat menentukan standar poin safety untuk segmen yang terbilang baru ini. Tinggal menunggu hasil Kia Sonet dan Renault Kyger nih, bisa jadi lebih seru nanti soal tanding fitur safety dan nilai NCAP-nya.

Itulah mengapa small crossover andalan Nissan ini hanya mendapatkan empat bintang saja dalam tes ASEAN NCAP. Namun jika mengingat fitur safety, infotainment, serta harganya yang hanya mencapai Rp 240 jtan, empat bintang terasa cukup membuat hati terasa tenang. Jika melihat para pesaingnya, apakah empat bintang terasa cukup untuk sang Magnite? Berikan komentar terbaikmu pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: