Nissan Serena 2017 Menyingkap Tabirnya, Kini Dengan Fitur ProPILOT

Nissan Serena 2017 Menyingkap Tabirnya, Kini Dengan Fitur ProPILOT
0  komentar

AutonetMagz.com – Agak jarang melihat MPV roti tawar dengan desain yang cukup berani, luwes dan tidak kaku. Kalau pun ada, bisa dihitung dengan jari. Nah, mungkin Nissan Serena baru ini bisa menambah daftar tersebut, karena generasi terbaru yang baru saja rilis hari ini punya penampilan yang cukup membaik dibanding generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, teknologinya pun kian komplit. Terus, apa saja yang dibawa oleh Nissan Serena C27 ini?

Pertama, dari eksteriornya dulu. Karena generasi baru, Nissan harus melakukan ubahan yang mencolok. Maka dari itu, Nissan Serena 2017 baru punya split headlamp yang membuat mukanya terkesan sangar, sama seperti Toyota Vellfire misalnya. Gril depannya masih dengan desain V-Motion khas Nissan, dengan tarikan garis yang menyambung ke kap  mesin. Untuk pertama kalinya, Nissan Serena hadir dengan warna eksterior two tone sebagai standar.

New Nissan Serena 2017 baru

Hero color untuk Nissan Serena baru adalah kombinasi merah-hitam, tapi bagi yang suka warna tunggal, Nissan masih menyediakannya. Pilar A kini dibuat menipis, supaya komplain konsumen soal visibilitas yang agak susah bisa mereda di generasi baru ini. Biar bodi sampingnya tidak polos, ada tarikan garis tegas yang berawal dari lampu depan, lanjut ke pintu gesernya dan berakhir di pilar D yang dicat hitam supaya berkesan floating roof.

Lampu belakang dibuat lebih pendek, supaya tidak mengganggu kesan floating roof di pilar D. Setengah bagian atas pintu bagasi diwarnai hitam, dan setengah ke bawah mengikuti warna bodi. Seperti biasa, Nissan Serena Highway Star diberikan penampilan yang lebih mapan dengan pelek two tone, body kit yang lebih gagah, spion samping hitam dan garnish chrome di dekat tempat plat nomornya.

Nissan Serena C27 baru tahun 2017

Janji Nissan Serena baru yang katanya akan lebih memanjakan di bagian dalamnya sepertinya bisa dipegang. Kabinnya punya panel instrumen yang lebih lebar, dan pengemudinya akan senang dengan setir barunya yang lebih sporty berkat bagian bawahnya yang didesain rata.

2017 Nissan Serena interior dashboardSeperti Nissan X-Trail dan Nissan Teana, joknya sudah berteknologi Zero Gravity yang dibuat oleh Nissan dan NASA. Jok baris ketiga? Sorry, tidak dapat jok Zero Gravity, hanya jok biasa yang diklaim makin nyaman.

Ada detail menarik yang dimiliki Nissan Serena soal smart entry-nya. Bukan, bukan soal “kantongi kunci dan kunci pintunya otomatis terbuka”, karena itu basi.

Interior New Nissan Serena C27 2017 kabin konfigurasi jok

Di Nissan Serena baru, kita bisa membuka pintu geser elektriknya dengan mengayunkan kaki di sektor bawah pintu dan ia akan otomatis terbuka sendiri. Lumayan, meski biasanya pemilik Nissan Serena di sini lebih suka pakai voice command untuk membuka pintu dengan cara berkata,”Pak supir, tolong bukain pintunya.”

Fitur Nissan Serena baru 2017 ada ProPILOT untuk autonomous driving

Debut teknologi autonomous bernama ProPILOT dari Nissan kini hadir di Nissan Serena baru. Sistem ini menggunakan kamera yang terhubung ECU, ECM, dan lain-lain untuk mengatur gas, rem dan setir dan membuat mobil ini bisa mengemudikan dirinya sendiri. Bisa dibilang semi-autonomous, karena hanya bisa aktif di kecepatan 30-100 km/jam saja. Tombol untuk mengaktifkan dan mematikan ProPILOT ada di setir.

Nissan ProPILOT autonomous drive

Nissan mengklaim, ProPILOT bisa berfungsi normal baik saat jalanan lancar jaya ataupun sedang macet parah. Selain ProPILOT, fitur-fitur yang tersedia cukup memberikan konsumen di kelas Nissan Serena dan lain-lain berpikir dua kali sebelum membeli mobil di kelas MPV roti tawar. Misalnya ada All Around View Monitor, Intelligent Park Assist, Smart Rearview Mirror dan masih banyak lagi. Harapannya sih, monitor untuk  All Around View Monitornya tidak sepelit Nissan X-Trail saat baru pertama kali diluncurkan di pasar Indonesia.

New Nissan Serena Highway Star 2017 baru

Mesin Nissan Serena baru tidak mengalami pembenahan mencolok dibanding yang lama, namun untuk varian S-Hybrid, kini ada motor listrik yang dikawinkan dengan transmisi Xtronic CVT-nya yang akan memberi sedikit boost sebesar 50 Nm selama 1 detik saat menggerakkan mobil ini dari kondisi stasioner. Masuk akal, mengingat berakselerasi dengan MPV bongsor seperti ini butuh sedikit penyesuaian dibanding mobil lain, karena mobilnya tinggi dan lebar.

Nissan Serena baru 2017

Nissan Serena baru akan dibuat di pabrik Nissan di Kyushu, Jepang, dan akan mulai dijual resmi bulan Agustus depan. Konsumen yang senang dengan MPV boxy sebaiknya tahan dulu jika mau memilih mobil ini, karena sepertinya Nissan Serena baru ini full of promise, tinggal menebak-nebak saja bagaimana spek final untuk pasar Indonesia jika mulai dijual oleh PT Nissan Motor Indonesia di tanah air. Bagaimana pendapat Anda dengan New Nissan Serena 2017 ini? Sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • mawar

    keren bentuknya, lebih cantik daripada nav 1

    • HASSEN

      c26 aja jauh lebih cantik daripada nav1

  • AndyC19

    Imho Lampu depan kaya vellfire tpi yg belakang kaya avanza??

  • AE86

    Vellfire bingit

  • Jeem

    Tampilannya seperti naik satu setengah generasi, keren. Kalau ke indo kayanya yg pasti diilangin ya propilotnya. sayang sekali baris tengah joknya ngga captain seat, masih mirip c26

  • Aldo

    sepertinya nunggu biante ganti model dulu baru c27 masuk sini….

  • sony

    Nissan Vellfire…

  • Ronny Rasdyantoro

    keren, mukanya gahar yang highway star! cakep bodi dan teknologi…

  • Albatros

    Bagus, klo ga kesampaian beli vellfire bs beli ini.
    Tp agak kurang sreg jg sih karena baris ke 2 still no armrest dipintu, ga capt seat lg.

  • rs

    Entah kenapa saya jadi suka sama serena c27 ini…sebelumnya saya lebih suka voxy (harusnya penerus nav1)..tapi sekarang serena terlihat lebih menarik dan garis desainnya tajam (meski masih basis c26..yang jadi kontroversi mungkin wajahnya yang mengambil dari vellfire, voxy, dan cr-v gen 3..fitur pro Pilotnya canggih…tadi pagi saya udah lihat di youtube…meski kayaknya gak masuk ke Indonesia…mudah mudahan nissan Indonesia mengemas mobil ini dengan fitur yang banyak (tidak terlalu banyak sunatan fiturnya) plus strategi pemasaran yang tepat…

  • khayla almira

    Untuk proPilot kayaknya kurang penting. Mengingat banyak pengendara di Indinesia yg kayak hantu penasaran, alias nongol tiba2…