Nissan Serena C27 Facelift Mendarat di ASEAN, Malaysia Dapat Duluan!

Nissan Serena C27 Facelift Mendarat di ASEAN, Malaysia Dapat Duluan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pangsa pasar boxy MPV memang bisa dikatakan tidaklah terlalu besar, kecuali kalau kita melirik pasar Toyota Alphard dan Vellfire. Nah, di segmen compact, nama Toyota Voxy dan Nissan Serena masih menghiasi pasar Indonesia di saat yang lain berguguran. Sayangnya, saat Toyota Voxy sudah dapat generasi terbaru, Nissan masih adem ayem dengan Serena C27. Bahkan, versi Indonesia masih menggunakan model pre facelift. Padahal, negeri tetangga yaitu Malaysia baru saja mendapatkan versi facelift dari Nissan Serena. Yuk kita bahas.

Telat 3 Tahun Dari Versi Jepang

Pangsa pasar Nissan Serena di Asia Tenggara sebenarnya cukup unik. Dulu, Nissan Serena sempat menjadi pemain tunggal sekaligus raja saat generasi C24 dipasarkan di Indonesia. Kini, Nissan Serena C27 harus puas berada di bawah bayang – bayang Toyota Voxy yang belakangan lebih laris. Nah, di Asia Tenggara, hanya ada 2 negara saja yang memasarkan Nissan Serena. Pertama, tentunya Indonesia, dan kedua adalah Malaysia. Malaysia sedikit lebih beruntung dibandingkan Indonesia karena telah mendapatkan Nissan Serena C27 dengan teknologi S-Hybrid (Semacam Mild Hybrid Nissan), dan kini mereka juga sudah mendapatkan versi facelift dari Nissan Serena C27, walaupun telat 3 tahun sejak peluncurannya di Jepang.

Nissan Serena C27 Facelift versi Malaysia hadir dengan 2 opsi, yaitu HWS dan Premium HWS. FYI, HWS adalah singkatan dari Highway Star. Untuk harga, Nissan Serena C27 Facelift dijual dengan banderol 149.888 Ringgit Malaysia (Sekitar 509 jutaan Rupiah) untuk tipe HWS, dan 162.888 Ringgit Malaysia (Sekitar 553 jutaan Rupiah) untuk tipe Premium HWS. Harga baru ini naik sekitar signifikan antara 57 hingga 61 jutaan Rupiah ketimbang versi lawas. Namun setidaknya, Nissan Serena C27 Facelift sudah mendapatkan garansi 5 tahun bebas kilometer dan 5 kali gratis servis dan spareparts selama masa promo.

Mesin Tetap, Fitur Bertambah

Untuk urusan mesin, Nissan Serena C27 Facelift masih menggunakan opsi mesin MR20DD 2.000cc 4 silinder dengan tenaga 150 PS pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.400 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi Xtronic CVT dan motor elektrik yang memiliki tenaga 2,6 PS dan torsi 48 Nm. Motor listrik ini hanya aktif saat mobil membutuhkan tenaga. Untuk tampilan, Nissan Serena C27 Facelift masih sama dengan versi Jepang, hanya saja kini dibekali aero kit dan velg 16 inci berwarna hitam. Tipe Premium HWS juga mendapatkan atap berwarna hitam, jadi dual tone. Sedangkan lampu utamanya sudah bi-LED, dan lampu belakangnya juga sudah menggunakan LED dengan bentuk yang cukup cantik.

Masuk ke interior, Nissan Serena C27 Facelift telah mendapatkan head unit baru dengan ukuran 9 inci yang sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Sunroof? tetap tidak ada, syukuri saja layar di atap yang kini ukurannya naik ke 11,6 inci. Yang patut digaris bawahi, kini Nissan Serena C27 Facelift sudah mendapatkan sistem ADAS seperti autonomous emergency braking, lane departure warning, blind spot monitoring, rear cross traffic alert dan driver attention warning. Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian berharap Nissan Serena C27 Facelift juga mampir ke Indonesia? Atau langsung C28 saja?

Read Prev:
Read Next: