Nissan Leaf 2018 Gunakan e-Pedal, Satu Pedal Saja Cukup

0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu terakhir ini Nissan secara global menebar teaser – teaser dari generasi terbaru jagoannya di kelas hatchback bertenaga listrik yaitu Nissan Leaf. Nissan Leaf 2018 sendiri digadang gadang akan menjadi mobil yang canggih nan ramah lingkungan yang akan diandalkan oleh pihak pabrikan asal Jepang ini untuk bersaing dengan para rivalnya. 

Nah, Nissan sendiri bukannya tanpa alasan saat mengatakan bahwa Nissan Leaf 2018 akan dibekali fitur yang canggih, karena memang fitur yang ditanamkan oleh Nissan pada mobil ini bisa dikatakan cukup futuristis dan juga memudahkan sang pengemudi. Salah satu fitur yang menarik adalah e-Pedal. Mungkin beberapa dari anda masih asing dengan teknologi ini, dan hal tersebut jelas sangat lumrah. Para engineer dari Nissan melihat adanya tren untuk menyederhanakan mekanisme pada mobil yang akhirnya membuat mobil makin mudah dikendarai. Jika ada jargon mengatakan real men use three pedals, dan classy men use two pedals, maka Nissan Leaf’s Owner use one pedal.

Dan kami maupun Nissan tidak bergurau terkait kalimat diatas, karena Nissan Leaf 2018 sendiri hanya akan memiliki satu pedal saja. Namun tentunya pada kenyataan masih akan ada dua pedal pada area kaki pengemudi, hanya saja, jika anda mengaktifkan fitur e-Pedal, maka hanya pedal gas yang akan bekerja dan beralih fungsi. Lalu bagaimana cara kerjanya? Mudah saja, jika anda ingin melaju, injak saja pedal gas. Untuk menurunkan kecepatan? lepas pedal gas secara perlahan, dan untuk menghentikan mobil, anda hanya perlu melepas total pijakan kaki anda dari pedal gas, simpel kan?

Fitur ini dijuluki oleh Nissan sebagai “revolutionary technology that transforms the way we drive”, Memang benar tapi tak sepenuhnya, karena fitur yang secara umum kita sebut sebagai regenerative braking ini sudah hadir terlebih dahulu pada BMW i3 dan juga Tesla Roadster. Fitur ini sendiri sebenarnya bisa dikatakan lazim dimiliki oleh mobil bertenaga listrik, hanya saja tak terlalu diumbar ke publik. Sistem yang tertanam akan berperan menggantikan rem manual yang dimiliki mobil, namun bukan berarti anda tak bisa menginjak pedal rem. Pedal rem akan masih bekerja, terutama untuk fungsi sebagai panic brake.

Pihak Nissan sendiri mengakomodir fitur ini dengan tujuan mengurangi gerak perpindahan kaki dari satu pedal ke pedal lainnya. Pihak Nissan mengklaim dengan satu pedal, maka 90% dari kinerja kaki anda akan ada di satu pedal saja. Lalu, apa 10% sisanya? Ya panic brake  tadi tentunya. Nissan Leaf 2018 sendiri menanamkan e-Pedal sebagai paket dari paket sistem ProPilot Assist yang menjadi standar di mobil ini. Nissan sendiri baru akan memperkenalkan Nissan Leaf 2018 pada tanggal 6 September 2017 mendatang, dan khusus pasar US di tanggal 5 September 2017.

Bagaimana menurutmu Nissan Leaf 2018 dengan satu pedal ini? menarik kah? Sampaikan komentarmu ya kawan. Oiya, bagi yang kepo dengan cara kerja e-Pedal bisa melihat video Youtube di bagian atas artikel ya kawan.

Read Prev:
Read Next: