Nasib Nissan March Saat Ini, Terus Merosot!

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Nasib Nissan March Saat Ini, Terus Merosot!
0  komentar

AutonetMagz.com – Jikalau kita bicara mobil – mobil jualan Nissan di Indonesia yang sudah berumur, memang nama Nissan Juke dan Nissan Grand Livina ada di urutan teratas. Mengapa? Ya karena antusiasme masyarakat akan kedua produk ini sejatinya masih tinggi, namun sayang beribu sayang, belum ada generasi terbaru dari kedua produk tersebut. Nah, di balik bayang – bayang kedua produk itu, sejatinya ada satu produk lain yang juga sudah berumur dan hingga kini masih menggunakan desain yang lawas.

Yap, mobil ini adalah Nissan March. Nissan March sendiri bukanlah produk baru di Indonesia, karena sudah hadir di tanah air sejak bulan November 2010 silam. Artinya, mobil ini sudah berlalu – lalang di jalanan Indonesia selama hampir 8 tahun, dan di dalam 8 tahun itu sendiri pihak Nissan sudah memberikan dua kali penyegaran yang kasat mata. Oke, Yuk kita bahas sejarahnya. Nissan March hadir di 2010 dengan mengusung mesin 1.200cc yang sama seperti yang kita kenal sekarang, dan kala itu memang segmen pasar ini baru saja bertumbuh. Nah, kala itu juga ada Nissan March yang versi Nismo, dimana ada perbedaan komponen di sisi suspensi, brake pad, knalpot, dan ada penambahan sticker. Pasca setahun dijual, Nissan March mendapatkan varian termahal yaitu varian Autech yang desainnya juga lebih sporty berkat bumper depan yang menggunakan airdam yang berbeda.

Pasca 4 tahun sejak muncul pertama kali, Nissan March diberikan facelift yang kini menggunakan grille model baru yang menggunakan bahasa desain V Motion, dan juga ada perubahan lain di sisi bumper dan juga lampu depan. Nah di versi ini pulalah muncul varian mesin baru yaitu mesin 1.500cc HR15DE. Tak asing dengan kode mesin itu? Ya karena mesin itu adalah mesin milik Nissan Grand Livina. Skip, kita lanjut ke tahun 2017 kemarin dimana pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali melakukan minor facelift pada Nissan March dengan menambahkan LED DRL di tempat yang sebelumnya dihuni oleh lampu kabut. Nah, yang menarik, di penghujung 2016, pihak Nissan Global memperkenalkan Nissan March K14 alias generasi terbaru yang muncul di Paris Motor Show 2016. Sayangnya, hingga saat ini Nissan March K14 belum juga hadir di tanah air.

Nah, kita kembali ke masa sekarang, bagaimana nasib dari Nissan March saat ini? Jawabannya, so so. Dibilang bagus, namun penjualannya tak se signifikan rivalnya dari merk berlogo H dan S, namun dibilang jelek juga tak parah – parah amat. Merujuk pada data wholesales Gaikindo, Nissan March terkirim ke diler sebanyak 2.302 unit sepanjang 2017 silam, dengan catatan pengiriman terbanyak adalah varian otomatis. Angka tersebut masih belum ditambah 114 unit Nissan March varian 1.500cc. Untuk kuartal pertama tahun 2018 ini sendiri Nissan March sudah terkirim sebanyak 912 unit untuk varian 1.200cc, sedangkan varian 1.500cc hanya ada 2 unit saja sejak tahun ini. Capaian ini nampaknya memang tak menggembirakan pihak NMI, dan salah satu solusi sederhana yang prakteknya tak sesederhana menyebutkannya adalah membawa Nissan March K14 ke tanah air.

Nah, apakah di momen kebangkitan Nissan Motor Indonesia ini akan menjadi momen Nissan March K14 untuk hadir di Indonesia? Kita tak tahu, namun jika iya, tentunya akan sangat menarik. Namun sembari menanti, memang gerusan dari rival yang terus berbenah sedikit banyak akan membuat penjualan dari Nissan March ini terus merosot. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: