Nissan Kicks Turbo Dirilis, Pakai Mesin Mercy A-Class

Nissan Kicks Turbo Dirilis, Pakai Mesin Mercy A-Class
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa hari lalu Nissan resmi memperkenalkan sosok New Nissan Kicks di pasar Thailand yang mengusung mesin HR12DE dengan bantuakn motor listrik e-Power Nissan. Nah, tak berselang lama, Nissan juga memperkenalkan mobil yang sama dengan opsi mesin yang berbeda di India, yaitu menggunakan mesin HR13DDT dengan tambahan induksi paksa turbo. Yap, inilah sosok Nissan Kicks Turbo untuk pasar Negeri Bollywood.

Eits, sebelum kita bahas lebih jauh perkara mesin, ada beberapa fakta yang perlu kalian ketahui. Unit Nissan Kicks di Thailand dan di India adalah 2 entitas yang berbeda. Nissan Kicks di India berkode P16 dengan menggunakan platform dari Renault. Sedangkan New Nissan Kicks e-Power di Thailand tentunya menggunakan platform dari Nissan berhubung mobil ini menggunakan teknologi e-Power. Bisa jadi menggunakan Nissan V-Platform seperti Nissan Note e-Power. Selain itu, Nissan Kicks Turbo di India juga belum menggunakan wajah baru seperti New Nissan Kicks e-Power di Thailand. Oke, kita langsung bahas dapur pacu mobil ini.

Seperti judul diatas, sosok Nissan Kicks Turbo menggunakan mesin dari Mercedes-Benz A-Class. Yap, mesin HR13DDT merupakan hasil pengembangan dari kerjasama Renault-Nissan-Daimler. Sekedar mengingatkan, Renault dan Nissan memang masih memiliki saham di Daimler sehingga kerjasama ini bisa terjadi. Nah, mesin milik Nissan Kicks Turbo ini menghasilkan tenaga maksimal 156 PS dan torsi maksimal 254 Nm. Sedikit berbeda dengan Mercedes-Benz A200 terbaru yang memiliki tenaga puncak 163 PS dan torsi 250 Nm walau mesinnya sama persis. Lantas, apakah artinya Nissan Kicks Turbo juga menggunakan transmisi 7 percepatan DCT seperti A-Class? Jangan ngimpi dulu.

Nissan Kicks Turbo masih menggunakan transmisi yang sama dengan versi lainnya yaitu 6 percepatan manual dan X-Tronic CVT. Kalaupun ditanamkan DCT, agaknya harga jual mobil ini menjadi lebih tinggi. Oiya, untuk harga jualnya, Nissan Kicks Turbo dilepas ke pasar India dalam 2 trim saja yaitu XV dan XV Premium, hanya ada beberapa opsi tambahan. Untuk trim XV, versi manual dihargai 1.184.000 Rupee (232 jutaan Rupiah) dan otomatis seharga 1.344.990 Rupee (263,3 jutaan Rupiah). Opsi transmisi manual di XV Premium dihargai 1.264.990 Rupee (248 jutaan Rupiah), sedangkan otomatis di harga 1.414.990 Rupee (277 jutaan Rupiah). Oiya, ada opsi lain juga yaitu XV Premium (O) dan Premium (O) Dualtone.

Namun kedua opsi tersebut hanya dijual dengan transmisi manual saja. Kehadiran Nissan Kicks Turbo di India juga menandai pertama kalinya mobil ini menggunakan induksi paksa dengan mesin bensin. Jadi, bagaimana menurut kalian? Lebih cocok e-Power atau Turbo?

Read Prev:
Read Next: